Manajemen Koperasi Syariah: Perspektif Pembangunan Literasi Ekonomi Syariah di IAIN Padangsidimpuan
Manajemen koperasi syariah merupakan suatu muatan dakwah yang terkait dengan ekonomi syariah yang dapat disampaikan melalui suatu medium, yakni literasi dakwah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan memberikan gambaran empiris terkait manajemen koperasi syariah di IAIN Padangsidimpuan dalam membangun literasi dakwah di IAIN Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif-kualitatif, yakni metode yang memberikan gambaran fenomena penelitian dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian data penelitian dianalisis dengan teknik analisis kualitatif (Model Miles dan Huberman). Informan/subjek dari penelitian ini adalah seluruh stakeholder yang terlibat dalam kegiatan koperasi syariah tersebut, baik dari kalangan dosen, mahasiswa, maupun dokumen-dokumen koperasi itu sendiri. Hasil penelitian ini menunjukkan, bentuk manajemen koperasi syariah di IAIN Padangsidimpuan didasarkan atas manajemen koperasi konsumen meskipun pada praktiknya masih terdapat beberapa bentuk manajemen koperasi lain, seperti: manajemen koperasi kombinasi karya, koperasi tipe terpadu, dan koperasi penjualan/pemasaran. Di sisi lain, koperasi syariah tersebut telah mampu membangun literasi dakwah pada batasan terminologi-terminologi ekonomi syariah. Di mana, keberadaan literasi dakwah tersebut diperoleh melalui penerapan manajemen koperasi yang terkait dengan manajemen koperasi: 1) koperasi konsumen, 2) koperasi tipe terpadun, dan 3) koperasi pemasaran