Pengaruh Kepemilikan Sertifikasi Halal dan Modal Usaha terhadap Pendapatan Usaha: Studi Empiris pada Pelaku Usaha Mikro kecil dan Menengah (UMKM) bidang kuliner di Daerah Istimewa Yogyakarta

Kukuh Nurhidayat (Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Indonesia)
Afdawaiza Afdawaiza (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Indonesia)
Anik Puji Handayani (Universitas Nahdlatul Ulama Yogyakarta, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kepemilikan sertifikasi halal dan modal usaha terhadap pendapatan usaha pelaku UMKM bidang kuliner di Daerah Istimewa Yogyakarta. Dengan metode kuantitatif, data dari 173 responden UMKM dikumpulkan dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa kepemilikan sertifikasi halal memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pendapatan UMKM kuliner, sementara modal usaha tidak berpengaruh secara signifikan. Temuan ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang menyoroti pentingnya sertifikasi halal dalam meningkatkan kepercayaan konsumen dan pendapatan usaha. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya perhatian lebih terhadap aspek sertifikasi halal dalam strategi pengembangan usaha UMKM kuliner.


Keywords


Kepemilikan Sertifikasi Halal, Modal Usaha, Pendapatan Usaha

Full Text:

PDF

References


1. Potensi A, Tantangan D, Mikro U, Menengah K, Konawe K. Analisis Potensi Dan Tantangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten. 2024;4:10557–65.

2. Sebastio AJ, Nurgiyanti T, Nuswantoro BS, Subandi Y, Amini DS, Wiratma HD. Upaya Sekolah Ekspor Dalam Meningkatkan Ekspor Indonesia Melalui Pemberdayaan Umkm Tahun 2022. SEIKAT J Ilmu Sos Polit dan Huk. 2023;2(3):211–7.

3. BPS. Data tenaga kerja [Internet]. Available from: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/NDQxIzI=/jumlah-tenaga-kerja-industri-skala-mikro-dan-kecil-menurut-provinsi.html

4. Tambunan TT. UMKM di INDONESIA: Perkembangan, Kendala dan Tantangan [Internet]. pertama. Jakarta: PRENADAMEDIA Grroup; 2021. 7–9 p. Available from: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=tLteEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR7&dq=Tulus+T.H.+Tambunan,+UMKM+di+Indonesia,+Perkembangan,+Kendala+dan+Tantangan,+(Jakarta:+Prenada,+2021&ots=CiLTo_iYll&sig=iMJfQ2VovG7hJAMALivOlo9dO20&redir_esc=y#v=onepage&q=Tulus T

5. Marzuki SZS, Hall CM, Ballantine PW. Measurement of Restaurant Manager Expectations toward Halal Certification Using Factor and Cluster Analysis. Procedia - Soc Behav Sci [Internet]. 2014;121:291–303. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1130

6. Widiaswari RR, Kerja P, Jawab T, Performance W. Evaluasi Kinerja Pegawai Evaluation of Employee Performance At Barito Kuala District. 2021;5(2):81–98.

7. Made I, Kusuma WA, Luh N, Ayu K, Sucandrawati S, Putu N, et al. Peningkatan Keunggulan Bersaing Melalui Kualitas Produk Dan Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm Kuliner Di Denpasar Increasing Competitive Advantage Through Product Quality And The Utilization Of Digital Marketing On Culinary Msmes In Denpasar. Nusant Hasana J [Internet]. 2022;2(3):164–78. Available from: www.baliprov.go.id

8. Khairunnisa H, Lubis D, Hasanah Q. Kenaikan Omzet UMKM Makanan dan Minuman di Kota Bogor Pasca Sertifikasi Halal. Al-Muzara’Ah. 2020;8(2):109–27.

9. Fathurrahman A, Fadilla J. Peranan Perbankan Syariah Terhadap Pengembangan Modal Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Al-Tijary. 2019;5(1):49–58.

10. Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. UU No.33 Tahun 2014 (2014). UU No33 Tahun 2014 [Internet]. 2014;(1). Available from: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38709/uu-no-33-tahun-2014

11. Bakhri S. Analisis Kepemilikan Sertifikat Halal Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Pelaku Industri Kecil Dan Menengah. Al-Mustashfa J Penelit Huk Ekon Syariah. 2020;5(1):54.

12. Syafitri MN, Salsabila R, Latifah FN. Urgensi Sertifikasi Halal Food Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam. Al Iqtishod J Pemikir dan Penelit Ekon Islam. 2022;10(1):16–42.

13. Handayani AP. Factors Influence Entrepreneur’s Disability Independence in Bantul District Anik. 2021;9(2):77–85.

14. Amalia A. Pengaruh Bantuan Modal dan Pembinaan Pemerintah Kabupaten Kediri terhadap Pendapatan UMKM di Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. [Internet]. UIN Syaid Alli MUlawarman; 2021. Available from: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/22562/

15. Pardiman P, Susyanti J, Heriyawati DF, Zakaria Z, Masyhuri M. Impact of financial capital, social capital, and business digitalization on business sustainability of SMEs in Indonesia. J Manaj dan Pemasar Jasa. 2022;15(1):69–82.

16. Rahim S, Puspa Sari TH, Wahyuni N. Pengaruh Sertifikat Halal Terhadap Peningkatan Pendapatan Penjualan Usaha Di Sektor Food and Beverage Kota Makassar. J Bisnis dan Kewirausahaan. 2023;12(1):69–78.

17. Wulandari R, Subiyantoro H. Pengaruh Modal usaha, Jam Kerja Dan Lama Usaha Terhadap pendapatan UMKM Di Kecamatan Ngunut. J Creat Student Res . 2023;1(4):408–20.

18. Priadana S, Sunarsi D. METODE PENELITIAN KUANTITATIF [Internet]. 1st ed. Della D, editor. Tamegrang Selatan; 2021. 1–215 p. Available from: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=9dZWEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR2&dq=Metode+penelitian+kuantitatif&ots=1fdEO45qIi&sig=IIGkZRiKdyZioTZ6VaoQEnwwXjE&redir_esc=y#v=onepage&q=Metode penelitian kuantitatif&f=false

19. Sugiyono. Metode Penelitian Kuanitatif, kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2012.

20. Silviana F, Adnan M, Fithriady. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah Di Kota Banda Aceh Dalam Perspektif Ekonomi Islam. J Sharia Econ [Internet]. 2022; Available from: https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/JoSE/article/view/1541%0Ahttps://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/JoSE/article/download/1541/833

21. Sidik SS, Ilmiah D. Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan Dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Kecamatan Pajangan Bantul. Margin Eco [Internet]. 2022;5(2):34–49. Available from: https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&scioq=Riadmojo%2C+H.+%282021%29.+Pengaruh+Lama+Usaha+Dan+Modal+Usaha+Terhadap+Tingkat+Pendapatan+UMKM+Di+Kecamatan+Serengan+Surakarta&q=Sidik%2C+S.+S.%2C+%26+Ilmiah%2C+D.+%282021%29.+Pengaruh+Modal%2C+

22. Syahputra A, Ervina E, Melisa M. Pengaruh Modal Usaha, Lokasi Usaha, Lokasi Pemasaran dan Kualitas Produk terhadap Pendapatan UMKM. J Manag Bussines. 2022;4(1):183–98.

23. Putri S. Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. Ekon SYARIAH J Econ Stud. 2020;4(2):147.




DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v12i2.14149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: