Jual Beli Bahan Bakar Premium Eceran
Abstract
Abstract
This research is motivated, because of the reduction in the quantity of retail premium perliter quantity. Phenomena based on field survey that there are some patterns of retail premium that become the background, namely retail premium sales pattern with the first pattern, retail premium sales with bottled patterns accompanied by prices, and retail premium sales with bottled patterns accompanied by a reduction in quantity. As for the formulation of the problem how to buy and sell retail premium fuel? This research aims to find out which muamalah is true or legitimate, in accordance with Islamic law based on the quran hadits, for the general public towards buying and selling retail premium fuel. This research is a qualitative research that is collecting data source from the subject under study. After conducting field research and getting conclusions using the qiyas method to explore syara’ law from what is concluded from the field.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi, karena adanya pengurangan takaran kuantitas perliter premium eceran. Fenomena yang berdasarkan surve di lapangan bahwa ada beberapa pola premium eceran yang menjadi latar belakang yaitu pola penjualan premium eceran dengan pola pertamini, penjualan premium eceran dengan pola botolan disertai harga, dan penjualan premium eceran dengan pola botolan disertai pengurangan kuantitas. Adapun rumusan masalah bagaimana Jual Beli Bahan Bakar Premium Eceran? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bermuamalah yang benar atau salah, sudah sesuai dengan syariat Islam berlandaskan al-Quran dan Hadis, bagi masyarakat umum terhadap jual beli bahan bakar minyak premium eceran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (field reseach) yaitu mengumpulkan data yang bersumber dari subjek yang diteliti. Setelah melakukan penelitian lapangan dan mendapatkan kesimpulan mengunakan metode qiyas untuk menggali hukum syara’ dari apa yang simpulkan dari lapangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar Saifuddin, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Bambang Prasetyo dkk, Metode Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Bugin Burhan,Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Chaudry Sharif,Sistem Ekonomi Islam: Prinsip Dasar (Fundamental of Islamic Economic System), Jakarta: Kencana, 2016.
Denzin Norman K dan Lincoln Yvonna S, Hand Book Qualitative Research,Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.
Djam’an Satori dan Aan Komariah, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2010.
Edwin Nasution Mustafa,Pengenalan Eksklusif: Ekonomi Silam, Jakarta: Kencana, 2007.
Faizal Noor Henry,Ekonomi Manajerial, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
GunawanHerry, Pengantar Transportasi dan Logistik, Jakarta:Raja Wali Pers,2015.
Ika Yunia Fauzia dan Abdul Kadir Riyadi, Prinsip Ekonomi Islam Perspektif Maqasid Al-Syariah, Jakarta: Kencana, 2014.
J.Setiadi Nugroho, Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen, Jakarta: Kencana, 2003.
Jusmaliani, Bisnis Berbasis Syariah,Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
KotherPhilip, Manajemen Pemasaran, Jakarta:Erlangga, 2006.
M. Nur Rianto Al Arif dan Euis Amalia, Teori Mikroekonomi Suatu Perbandingan Ekonomi Islam dan Ekonomi Konvensional, Jakarta: Kencana, 2010.
Niti Susastro Mulyad,Perilaku Konsumen dalam Perspektif Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta, 2012.
Nuruddin Iqbal Amiur, Ekonomi Syariah Menepis Badai Krisis dalam Semangat Kerakyatan,Bandung: Perdana Mulya Sarana, 2009
Oni Sahroni dan Adiwarman A.Karim, Maqasdid Bisnis & Keunangan Islam Sistesis Fikih dan Ekonomi, Jakarta: Raja Grafindo, 2016.
Philip Kotler dan Gary Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2001.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI), Ekonomi Islam, Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014.
QardhawiYusuf, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta: Gema Insani Press, 1997.
Rozalinda, Ekonomi Islam Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi, Jakarta: Rajagrafindo Persada 2014.
SudarsonoHeri, Konsep Ekonomi Islam Suatu Pengatar, Yogyakarta: Ekonisia, 2004.
Sudarsono Heri, Konsep Ekonomi Islam, Yogyakarta: Adipura, 2003.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2009.
SumarwanUjang, Perilaku Konsumen Teori dan Terapannya dalam Pemasaran, Bogor Selatan: Ghalia Indonesia, 2002.
DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v8i1.2589
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Plagiarism Checked by: