Nafaqat Reformulation Of Family Resilience During The Covid-19 Pandemic

Zulham Wahyudani (Institut Agama Islam Negeri Zawiyah Cot Kala Langsa, Indonesia)
Muhammad Ridwansyah (Universitas Sains Cut Nyak Dhien, Indonesia)

Abstract


Abstrak

 

Filosofis nafkah yang semulanya menjadi kewajiban suami memberi nafkah kepada istri, anak-anak, dan kerabat menjadi terbalik ketika pandemi covid-19 melanda masyarakat Indonesia. Alquran surah Albaqarah ayat 233 dan KHI dalam hal yang sama membebankan nafkah kepada suami tetapi karena situasi ekonomi yang semakin semerawut dan resesi mengakibatkan produk domestik bruto menurun. Artinya ada banyak suami-suami kehilangan pekerjaan akibat wabah ini. Metodologi yang digunakan adalah yuridis-sosiologis. Hasil penelitian sebagai berikut: bahwa dalam Albaqarah mewajibkan seorang suami memberikan nafkah kepada istri tetapi konteks lain, seorang istri atau anggota keluarga lain dapat berperan dalam menjaga ketahanan keluarga di masa pandemi ketahanan pandemi covid-19. Kemudian, Pasal 83 KHI menjelaskan seorang istri hanya berkewajiban utama berbakti lahir dan batin, makna berbakti boleh saja diinterpretasikan sebagai bentuk pembantuan atau meringankan sebagian tugas suami dalam hal nafkah ketika seorang istri dalam kategori mampu dan tidak ada unsur pemaksaan.

 


 

Abstract

 

The philosophy of living, which was originally the husband's obligation to provide for his wife, children, and relatives, was reversed when the Covid-19 pandemic hit the people of Indonesia. Albaqarah verse 233  and KHI (Compilation of Islamic Law)  are imposes a living burden on the husband, but due to the increasingly chaotic economic situation and recession, the gross domestic product decreases. This means that many husbands have lost their jobs due to this epidemic. The methodology used is juridical-sociological. The results: Albaqarah requires a husband to provide a living, but in another context, a wife or other family members can. Then, the KHI explains that a wife has only the main obligation to serve physically and mentally, the meaning of filial piety may be interpreted as a form of assistance or easing some of the husband's duties in terms of living.


Keywords


Reformulation, Livelihood, Family Resilience, Covid-19 Pandemic

Full Text:

PDF

References


Aep, & Darusmanwiati, S. (2015). Hak Dan Kewajiban Suami Isteri. Serial Fiqh Munakahat V.

Bahri, S. (2015). Konsep Nafkah dalam Hukum Islam. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 17(2), 381–399. https://doi.org/10.24815/kanun.v17i2.6069

Bintari, A., & Pandiangan, L. H. S. (2016). Formulasi Kebijakan Pemerintah Tentang Pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (Bumd) Perseroan Terbatas (Pt) Mass Rapid Transit (Mrt) Jakarta Di Provinsi Dki Jakarta. CosmoGov, 2(2), 220. https://doi.org/10.24198/cosmogov.v2i2.10006

Dharmawan, A. H. (2007). Sistem Penghidupan dan Nafkah Pedesaan: Pandangan Sosiologi Nafkah (Livelihood Sociology) Mazhab Barat dan Mazhab Bogor. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan. https://doi.org/10.22500/sodality.v1i2.5932

Epistemology and Methodology of Comparative Law. (2004). In Epistemology and Methodology of Comparative Law. https://doi.org/10.5040/9781472559586

Handayani, R. T., Arradini, D., Darmayanti, A. T., Widiyanto, A., & Atmojo, J. T. (2020). Pandemi covid-19, respon imun tubuh, dan herd immunity. Jurnal Ilmiah Stikes Kendal.

Herawati, T., Pranadji, D. K., & Rukmayanti, I. Y. (2012). Dukungan Sosial dan Ketahanan Keluarga Peserta dan Bukan Peserta Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen. https://doi.org/10.24156/jikk.2012.5.1.1

Heti. (2017). PEMENUHAN HAK NAFKAH SEBAGAI SALAH SATU POLA TERHADAP PERLINDUNGAN ANAK: ANALISIS PEMIKIRAN A. HAMID SARONG. PETITA: JURNAL KAJIAN ILMU HUKUM DAN SYARIAH. https://doi.org/10.22373/petita.v2i1.61

Hosen, N. (2011). Book Review: Modernization, Tradition and Identity: The Kompilasi Hukum Islam and Legal Practice in the Indonesian Religious Courts. South East Asia Research. https://doi.org/10.5367/sear.2011.0038

Iskandar, Z. (2017). PERAN KURSUS PRA NIKAH DALAM MEMPERSIAPKAN PASANGAN SUAMI-ISTRI MENUJU KELUARGA SAKINAH. Al-Ahwal: Jurnal Hukum Keluarga Islam. https://doi.org/10.14421/ahwal.2017.10107

Ismail, H. (2018). SYARIAT MENYUSUI DALAM ALQURAN (Kajian Surat Al-Baqarah Ayat 233). JURNAL At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir. https://doi.org/10.32505/tibyan.v3i1.478

Ismail, N. B. (2017). The Qur’anic exegesis, reformism, and women in twentieth century Indonesia. Studia Islamika. https://doi.org/10.15408/sdi.v24i3.5187

Jayadi, M., & Al-hikmah, K. K. (2015). Masa Awal Islam. Perkembangan Literatur Hadis Pada Masa Awal Islam.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Germas.

Khaeroni, C. (2017). SEJARAH AL-QUR’AN (Uraian Analitis, Kronologis, dan Naratif tentang Sejarah Kodifikasi Al-Qur’an). HISTORIA : Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah. https://doi.org/10.24127/hj.v5i2.957

Kholily, A. L. (2019). Pandangan Abdullah Saeed Pada Konsep Nasikh Mansukh. Nun : Jurnal Studi Alquran Dan Tafsir Di Nusantara. https://doi.org/10.32495/nun.v4i1.39

M Jakfar, T., & Fakhrurrazi, F. (2017). Kewajiaban Nafkah Ushul Dan Furuâ€TM Menurut Mazhab Syafiâ€TMi. SAMARAH: Jurnal Hukum Keluarga Dan Hukum Islam. https://doi.org/10.22373/sjhk.v1i2.2385

Manan, A. (2013). PENEMUAN HUKUM OLEH HAKIM DALAM PRAKTEK HUKUM ACARA DI PERADILAN AGAMA. Jurnal Hukum Dan Peradilan. https://doi.org/10.25216/jhp.2.2.2013.189-202

Megawangi, R. (2003). PERUMUSAN UKURAN KETAHANAN KELUARGA. Media Gizi Dan Keluarga.

Nasir, M. (2018). LEGISLASI HUKUM KELUARGA DI ACEH PASCA OTONOMI KHUSUS. Jurisprudensi: Jurnal Ilmu Syariah, Perundang-Undangan, Ekonomi Islam. https://doi.org/10.32505/jurisprudensi.v10i1.873

Nurwati, R. A. M. dan R. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peningkatan Angka Pengangguran di Indonesia. Rahma Ainul Mardiyah R. Nunung Nurwati.

Puspitawati, H. (2013). Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga. In Institut Pertanian Bogor.

Puspitawati, H. (2015). Pengertian Kesejahteraan dan Ketahanan Keluarga. In Gender dan Keluarga : Konsep dan Realitas di Indonesia.

Qardhawi, Y. (2005). Fatwa-fatwa Kontemporer. Gema Insani Press.

Rahmadia, S., Febriyani, N., Kuala, U. S., Islam, J. E., & Kuala, U. S. (2020). Dampak covid-19 terhadap ekonomi. Jurnal Ekonomi Islam(JE Islam).

Rahminawati, N. (2001). Isu Kesetaraan Laki-Laki dan Perempuan (Bias Gender). Jurnal Sosial Dan Pengembangan.

Shihab, M. Q. (2002). TAFSIR AL-MISHBAH Pesan, Kesan dan Keserasian al-Qur’an. In Jakarta: Lentera Hati.

Syafuri, B. (2013). Nafkah Wanita Karier dalam Pespektif Fikih Klasik. AHKAM : Jurnal Ilmu Syariah. https://doi.org/10.15408/ajis.v13i2.933

Tujang, B. (2014). HERMENEUTIKA HADIS YUSUF QARDAWI (Studi Analisa Terhadap Metodologi Interpretasi Qardawi). Al-MAJAALIS.

Wasito, W., Sumarwan, U., Eko Ananto, E., Sunarti, E., & H. Dharmawan, A. (2011). NAFKAH KELUARGA PETANI MISKIN DAN KEBERLANJUTAN HUTAN JATI KABUPATEN BLORA, JAWA TENGAH. Jurnal Penelitian Sosial Dan Ekonomi Kehutanan. https://doi.org/10.20886/jsek.2011.8.1.71-92




DOI: https://doi.org/10.24952/masharif.v9i1.4213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter  

 

  

 

 

 

Plagiarism Checked by: