Semantic Approaches In Islamic Studies: Efforts To Understand Text Through Meaning
ملخص
إن صلاحية القرآن الكريم كمصدر رئيسي للإسلام لا يحدّها زمان و لا مكان. و تلك الصلاحية تعطي مجالا لتطوير المناهج و الطرق لفهم معاني القرآن الكريم. و هذا البحث يهدف إلى دراسة علم الدلالة الذي يمكن أن نعتبره من أحد المناهج الجديدة لفهم معاني القرآن الكريم. و باستخدام طريقة تحليل المفهوم ، تسعى هذه الدراسة إلى الكشف عن طبيعة المنهج الدلالي من خلال دراسة المكتبة. و نتيجة هذا البحث تدلّ على أنّ المنهج الدلالي تعتبر من أحد المناهج التي تركّز على تحليل المعنى المتعلقة بالمعنى الأساسي و المعنى السياقي الذي يظهر عن طريقة "سنكرونيك" و "دياكرونيك".
الكلمات الرئيسية: علم الدلالة ، دراسة القرآن ، الدراسات الإسلامية
Abstrak
Sebagai sumber utama ajaran Islam, Alqur’an dituntut untuk selalu menampilkan relevansinya tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Tuntutan relevansi tersebut memberikan ruang bagi berkembangnya metode dan pendekatan dalam rangka memahami pokok kandungan Alqur’an. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji seluk beluk pendekatan semantik sebagai salah satu pendekatan yang relatif baru dalam diskursus kajian Alqur’an. Dilakukan dengan menggunakan metode analisis isi, penelitian ini berusaha mengungkapkan hakikat pendekatan semantik melalui penelaahan literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan semantik merupakan suatu pendekatan dalam pengkajian Alqur’an yang memfokuskan pada analisis makna yang berkaitan dengan makna dasar dan makna relasional yang ditemukan dengan metode sinkronik dan diakronik.
Keywords : Semantics, Qur’an Study, Islamic Studies.
- Aminuddin. Semantik: Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung: Sinar Baru, 1988.
- Azima, Fauzan. “Semantik Al-Qur’an (Sebuah Metode Penafsiran).” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 1, no. 1 (2017): 45–73. http://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/tajdid/article/view/3.
- Chaer, Abdul. Pengantar semantik bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
- Djajasudarma, T. Fatimah. Semantik I: Pengantar ke Arah Ilmu Makna. Bandung: PT. Refika Aditama, 1999.
- Firman, Arham Junaidi, dan Dkk. Studi Al-Qur’an (Teori dan Aplikasinya dalam Penafsiran Ayat Pendidikan). Yogyakarta: Diandra Kreatif, 2018. https://books.google.co.id/books?id=EGx8DwAAQBAJ.
- Hadi, Sutrisno. Metodologi research. Yogyakarta: Andi Offset, 1990.
- Hikmawati, Masna. Perbedaan Qira’at dan Pemaknaan: Analisis Semantik-Gramatikal dalam Alquran. Jakarta: Youmg Progressive Muslim, 2017. https://books.google.co.id/books?id=NbZEDwAAQBAJ.
- Hosen, Nadirsyah. Tafsir Al-Quran di Medsos: Mengkaji Makna dan Rahasia Ayat Suci pada Era Media Sosial (REPUBLISH). Yogyakarta: Bentang Pustaka, 2019. https://books.google.co.id/books?id=ieivDwAAQBAJ.
- Izutsu, Toshihiko. Relasi Tuhan dan Manusia Pendekatan Semantik Terhadap Alqur’an. terj. Agus Fahri Husein. Yogyakarta: Tiara Wacana, 1997.
- Izzan, Ahmad. Metodologi Ilmu Tafsir. Bandung: Tafakur, 2008.
- Kamil, Sukron. Teori Kritik Sastra Arab: Klasik dan Modern. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012.
- M.A, Abdul Hamid, Lc. Pengantar Studi Al-Qur’an. Jakarta: PT Fajar Interprama, 2016. https://books.google.co.id/books?id=EstADwAAQBAJ.
- Matsna, Moh. Pengembangan Evaluasi dan Tes Baahasa Arab. Tangerang: Alkitabah, 2012.
- M.Pd, Prof Dr A. Muri Yusuf. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media, 2016.
- Muhaimin, dan Dkk. Studi Islam: Dalam Ragam Dimensi dan Pendekatan. Jakarta: Kencana, 2012.
- Nurbayan, Yayan. Keindahan Gaya Bahasa Kinayah dalam Al Qur’an. Bandung: Royyan Press, 2016. https://books.google.co.id/books?id=c9e8DwAAQBAJ.
- Rahtikawati, Yayan, dan Dadan Rusmana. Metodologi Tafsir Al Qur’an: Strukturalisme, Semantik, Semiotik dan Hermeneutik. Bandung: Pustaka Setia, 2013.
- Setiawan, M. Nur Kholis. Al-Qur’an Kitab Sastra Terbesar. Yogyakarta: eLSAQ Press, 2006.
- Sugiono, Sugeng. Lisan dan Kalam: Kajian Semantik Al-Qur’an. Yogyakarta: Sunan Kalijaga Press, 2009.
- Zulfikar, Eko. “MAKNA ŪLŪ AL-ALBĀB DALAM AL-QUR’AN: Analisis Semantik Toshihiko Izutsu.” Jurnal THEOLOGIA 29, no. 1 (2018): 109–40. https://doi.org/10.21580/teo.2018.29.1.2273.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.