Pendangakalan Etika Umat Di Media Sosial: Tanggung Jawab Siapa?

Mhd Safuan (MI Hidayatullah Rupat Utara., Indonesia)
Ruzaini Ruzaini (SD Aisyiyah Bengkalis, Indonesia)

Abstract


Artikel ini bertujuan mengungkap fakta kedangkalan etika umat di media sosial. Lalu pertanyaannya ini menjadi tanggung jawab siapa? Studi ini perlu dilakukan mengingat bahwa kondisi dewasa media ini telah berhasil mengelabui manusia secara universal, mulai dari cara berpikir, berperilaku, berbuat dan mengambil keputusan. Tanpa disadari telah melenyapkan rasa malu sehingga tidak ada batas lagi untuk melakukan apapun di media sosial. Studi ini menggunakan metode penelitian perpustakaan dengan Merujuk pada fenomena-fenomena yang marak terjadi baik di tengah kehidupan masyarakat maupun di kehidupan bermedia sosial. Maka lazimnya studi ini menawarkan kepada pihak manapun untuk memperkuat fondasi akidah sebagai temeng untuk meminimalkan terjadinya pendangkalan etika umat di media sosial. Kajian ini menemukan tiga pokok pembahasan penting sebab akibat terjadinya kedangkalan etika umat yakni melupakan sikap tabayyun, tebar pesona demi popularitas dan trending tiktok yang melenyapkan rasa malu umat

Full Text:

PDF

References


Adi, D., P., Cerminan Etika Dalam Hubungan Antar-Manusia Analisis Pada Beberapa Ornamen Candi Sukuh. http://journal.unair.ac.id/filerPDF/CERMINAN%20ETIKA.pdf . Diakses tanggal 16 Juli 2023

Ahmad, I., G., 2016. Menjadi Manusia Baik Dalam Perspektif Etika Keutamaan. Jurnal Yaqzhan; Analisis Filsafat, Agama dan Kemanusiaan. Jil. 2. No. 1. Juni

Al-Allamah, S., 2016. Tafsir Muyassar: Memahami Al-Quran dengan Terjemahan dan Penafsiran Paling Mudah. Jakarta: Darul Haq.

Al-Ayyubi, M. Zia. 2018. Etika Bermedia Sosial dalam Menyikapi Pemberitaan Bohong (Hoaxs) Perspektif Hadits. Jurnal Studi Ilmu-Ilmu Al-Quran dan Hadits. Volume. 19, Nomor. 2, Juli.

Al-Ghazali, M., 2003. Menjadi Muslim Ideal; Meletakkan Islam Sebagai Petunjuk & Penerang Kehidupan. Jakarta: Raja Grafindo.

Amir, Y., P.,. 2004. Posrealitas; Realitas Kebudayaan dalam Era Posmetafisika. Bandung : Jalassutra.

Jawab, D., Tt. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Terbaru. Surabaya: Amelia.

Az-Zuhaili, W., 2013. Tafsir Al-Wasith; Al-Qashah – An-Naas. Jakarta: Darul Fikr, Suriah.

B. Uno, H., dkk. 2014. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Daradjat, Z.,. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Ghazali, I., 2003. Ihya’ Ulumuddin. Semarang : CV As-Syifa.

Hasbi Ash Shiddieqy, T., M., 2002. Tafsir Al-Bayan; Tafsir Perjelas Al-Quranul Karim. Semarang: Pustaka Rizki Putra.

Kementerian Agama Republik Indonesia. 2009. Al-Quran dan Terjemahan. Surakarta : Pustaka Al-Hanan.

Khairuni, N., 2016. Dampak Positif Dan Negatif Media Sosial Terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Jurnal. Pendidikan. Jil. 2. No. 1. Januari

Manik, K., A., 2020. Etika Komunikasi di Media Sosial. Jurnal Ilmiah Ilmu Agama dan Ilmu Sosial Budaya. Jil. 15. No.1.

Mufid, M., 2009. Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Kencana. 2009.

Muzdalifah, T., & Fitriana. 2022. Pembelajaran Berbasis Media TikTok dalam Penerapan Budaya Malu Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Intiqad; Agama dan Pendidikan Islam. Jil. 14. No. 2. Desember

Nasir Basalamah, Rima. 2014. Al-Haya' Sebagai Solusi Bagi Permasalahan Moral Bangsa. Jurnal Raushan Fikr. Volume. 3. Nomor 2. Januari.

Nasrullah, R., 2017. Media Sosial; Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Putra, H., D., 2014. Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: Kencana.

Rafiq, A., 2020. Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Jurnal Global Komunika. Jil. 1. No. 1. Juli

Rama, F., W., & Tri, S., R., 2017. Pentingnya Memahami Peran Dan Fungsi Serta Kode Etik Supervisi Pekerja Sosial Dalam Profesi Pekerja Sosial Di Indonesia. Jurnal Penelitian & PKM. Jil. 4. No. 2. Juli

Safuan, M., & Ridho, K., U., 2022. Adab Komunikasi Dalam Islam; Bijak Dalam Media Sosial. Jurnah Hikmah. Jil. 16 No.2 Desember

Saida, H., F., 2019. Etika dan Tata Tertib Disiplin Mahasiswa. Jurnal Law Pro Justitia. Jil. IV, No.2-Juni

Shihab, MQ. 2000. Tafsir Al-Misbah; Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Quran, Jilid 2. Ciputat: Lentera Hati. 2000

Syarbaini, S., dkk. 2016. Teori Sosiologi Suatu Pengantar. Bogor: Ghalia Indonesia.

Wahyu, S., F., Bintarsih, S., Munandar, S., 2021. Cyberspace: Dampak Penyimpangan Perilaku Komunikasi Remaja. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi. Jil. 23. No. 1. Juni

http//:databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/02/08/berapa-pengguna-media-sosial-Indonesia.

http://eppid.kominfo.go.id/informasi_publik/informasi-kasus-hoaxs-priode-2018-2020.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v18i1.11580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.