Strategi Media Relations Humas Diskominfo Kabupaten Sleman dalam Menjalankan Fungsi Publisitas pada Media Massa
Abstract
Memelihara interaksi yang baik dengan pihak-pihak yang menyebarkan informasi kepada masyarakat luas merupakan suatu aspek krusial yang harus diperhatikan oleh individu atau pihak yang bertugas menangani hubungan masyarakat. Media relations merupakan upaya membangun relasi bersama dengan badan-badan penyalur informasi kepada khalayak umum merupakan upaya terencana yang dilakukan oleh profesi hubungan masyarakat dalam membina interaksi positif dengan media massa. Memanfaatkan relasi dengan media ini dapat membantu memudahkan praktisi hubungan masyarakat dalam menjalankan tugasnya, yaitu menyebarluaskan informasi publik secara cepat dan menjangkau audiens yang lebih luas. Metode kualitatif digunakan dalam menyelesaiakan penelitian ini. Selanjutnya, pendekatan deskriptif dengan jenis data deskriptif kualitatif memberikan penggambaran atau deskripsi secara terperinci mengenai suatu fenomena atau subjek yang dikaji terkait bagaimana kegiatan media relations yang dilakukan oleh humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman dalam menjalankan publisitas pada media massa. Wawancara dan observasi dilakukan untuk mengumpulkan data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi media relations humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman dalam menjalankan fungsi publisitas pada media massa dengan menggunakan enam indikator teori Frank Jefkins. Dengan menggunakan teori Frank Jefkins tersebut akan lebih memudahkan humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman dalam menjalankan kegiatan media relations dengan baik.
Full Text:
PDFReferences
Agama, Pendidikan, Islam Di, dan M A N Medan. “Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan.” Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP 3, no. 2 (2022): 147–53. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758.
Amalia, Kartika Nur, dan Umar Halim. “Penggunaan Internet sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal Publish (Basic and Applied Research Publication on Communications) 1, no. 1 (2022): 37–48. https://doi.org/10.35814/publish.v1i1.3496.
Anggraini, Citra, dan Yugih Setyanto. “Peranan Public Relations Dalam Mempertahankan Eksistensi Ramayana.” Prologia 3, no. 2 (2019): 408. https://doi.org/10.24912/pr.v3i2.6373.
Annur, Cindy Mutia. “Jumlah Pengguna Internet di Indonesia per Januari (2014-2024).” Databoks, 2024. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/02/27/ada-185-juta-pengguna-internet-di-indonesia-pada-januari-2024.
Erduandi. “Strategi Public Relation Dalam Membangun Hubungan Dengan Media Massa.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 15, no. 2 (2018): 35–41.
Faribi, Fadli Al, Maria Ulfa Batubara, dan Universitas Dharmawangsa. “Penggunaan Internet Sebagai Media Komunikasi Dalam Meningkatkan Pelayanan Hukum Online Di Kantor Kejaksaan Negeri Bangka Selatan.” Jurnalsocialopinion 7 (2022): 1–8. https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/1479/1316.
Kominfo. “Laporan Pelaksanaan Tugas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman Tahun 2022 2023 terkait Kegiatan Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Pemerintah Daerah atau Kota,” 2023. www.kominfo.slemankab.go.id/wp-content/uploads/2024/04/lppd-kominfo-2023-dan-lampiran-1.pdf.
———. “Report Survei Status Literasi Digital Indonesia 2022,” 2022. https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/ReportSurveiStatusLiterasiDigitalIndonesia2022.pdf .
Mahendra, Yoga Dhimas, Drs. Buddy Riyanto, dan M.Si Dr. Herning Suryo Sardjono. “AKTIVITAS MEDIA RELATIONS HUMAS POLRESTA SURAKARTA DALAM MEMBINA HUBUNGAN BAIK DENGAN MEDIA.” Jurnal Universitas Slamet Riyadi, 2020.
Komunfo. “Mengukur Tingkat Literasi Digital Masyarakat Kabupaten Sleman 2022,” 2023. https://kominfo.slemankab.go.id/wp-content/uploads/2023/08/Mengukur-Tingkat-Literasi-Digital-Masyarakat-kab.-Sleman-2022-ebook.pdf .
Prayogi, Dimas, dan Agung Prawijaya. “Strategi Media Relations Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Luwu Timur dalam Peningkatan Sarana Informasi Publik.” Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau 2, no. 2 (2022): 115–31. https://doi.org/10.33701/jtpm.v2i2.2824.
Rosalina, Lisa, M Syukron Anshori, Jl Raya, Olat Maras, Batu Alang, Kec Moyo Hulu, Kabupaten Sumbawa, dan Nusa Tenggara. “Analisis Aktivitas Media Relation dalam Model Public Relations (Studi Kasus pada Biro Humas Universitas Teknologi Sumbawa).” Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial 1, no. 3 (2023): 113–28. https://doi.org/10.59581/harmoni-widyakarya.v1i3.942.
Sleman, Kominfo Kabupaten. “Indeks Kepuasan Masyarakat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman Semester 2 Tahun 2023,” n.d. https://kominfo.slemankab.go.id/wajib-diumumkan-setiap-saat/nilai-IKM-sem-2-2023/.
Soemirat, Prof. Dr. Soleh, dan M.Si Dr. Elvinaro Ardianto. Dasar Dasar Public Relation. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2017.
Suherman, Ansar, Ikawati, dan Muh. Hidayatullah. “Strategi Media Relations Humas Polres Baubau dalam Menjalin Hubungan dengan Media Lokal di Kota Baubau.” Jurnal Audiens 4, no. 3 (2023): 496–507. https://doi.org/10.18196/jas.v4i3.114.
Widyasari, Intan, dan Anindita Lintangdesi A. “Strategi Media Relations Greenpeace Indonesia Dalam Meningkatkan Citra Organisasi.” Communication 11, no. 2 (2020): 143. https://doi.org/10.36080/comm.v11i2.1171.
Yonatan, Agnes Z. “Menilik Pengguna Media Sosial Indonesia 2017-2026.” Data Goodstats, 2023. https://data.goodstats.id/statistic/menilik-pengguna-media-sosial-indonesia-2017-2026-xUAlp.
DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v18i2.11590
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Hikmah
HIKMAH
JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :
SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.