REALITAS KELUARGA ANAK PENGHAFAL AL-QUR’AN DI KAMPUNG MUHAJIRUN LAMPUNG

thalitha sacharissa rosyiidiani (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)

Abstract


Kampung Muhajirun adalah salah satu  kampung berbasis pesantren. Di kampung ini, Al-Qur’an menjadi pelajaran utama anak-anak. Kemampuan anak-anak dalam mengusai Al-Qur’an tidak lepas dari peran serta keluarga dan masyarakat setempat. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana komunikasi keluarga dalam membentuk anak penghafal Al-Qur’an di Kampung Muhajirun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif fenomenologi dengan menggunakan perpektif konstruksi sosial. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ekternalisasi diawali dari munculnya kesadaran beragama dari para orang tua yang kemudian dilegitimasi menjadi aturan-aturan beribadah dalam sebuah keluarga. Anak penghafal Al-Qur’an di Kampung Muhajirun memaknai Al-Qur’an sebagai realitas objektif yang telah mereka dapatkan dari keluarga. Realitas objektif tersebut kemudian menjelma menjadi sebuah tekad dan cita-cita dalam menekuni Al-Qur’an. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan proses konstruksi sosial nyata terbentuk dalam keluarga anak penghafal Al-Quran di Kampung Muhajirun.


Full Text:

PDF

References


Berger, Peter L. 2013. Tafsir Sosial Atas Kenyataan. Jakarta: LP3S.

Creswell, John W. 1998. Qualitatice Inquiry and Research Design : Choosing Among Five Tradition.Sage: Thousand Oaks.

Djamarah, Bahri Syaiful. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga.Jakarta, PT Rineka Cipta.

Downing, John. 1995. Questioning The Media. London: Sage Publication.

Feldman, Papalia Old. 2009. Human Development. New York: McGraw Hill.

Hill, N.E., Taylor,.L.C. 2004. Parental School Involvement and Children’s Academic Achievment:Pragmatics and Issues. Current Direction In Psychologycal Science.

Infante, Dominic. A, Andrew. S. Rancer And Deanna.F.Womack. 1993. Building Communication Theory. Second Edition. Illinois: Waveland Press, Inc.

Isbandiyah. 2010. Abstrak Perkembangan Pesantren Shuffah Hizbullah Madrasah Al-fatah di Natar Lampung Selatan. Lampung: Universitas Lampung.

Laksmi. 2012. Interaksi, Interpretasi dan Makna. Bandung: Karya Putra Darwati.

Mulyana, Deddy dan Jalaluddin Rakhmat. 1990. Pendekatan Terhadap Komunikasi Antar Budaya, Komunikasi Antarbudaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. 2008. Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rachmaniar. 2015.Komunikasi Terapeutik Orang Tua Dengan Anak Fobia Spesifik. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 3, No. 2.

Santrock, John.W. 2007. Remaja. Jilid 2. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sjarkawi. 2006. Pembentukan Kepribadian Anak (Peran Moral, Intelektual, Emosional, dan Sosial sebagai Wujud Integritas Membangun Jati Diri). Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Sochib, Mohammad. 2007. Pola Asuh Orang Tua (Dalam Membantu anak Mengembangkan Disiplin Diri. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Syam, Nina Winagsih. 2015. Komunikasi Transendental Perspektif Sains Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Schuz, Alfred. 1972. The Phenomenology of The Social World. London, Heinneman Educational Books.

Website:

Data Statistik Pengguna Internet Indonesia Tahun 2016. http://isparmo.web.id/2016/11/21/data-statistik-pengguna-internet-indonesia-2016/ (diakses pada tanggal 30 Oktober 2018).




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v13i1.1347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 thalitha sacharissa rosyiidiani


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.