Komunikasi Islam Dan Corak Munāsabah Ayat Dalam Al-Qur’ān (Bantahan Al-Syarqawiy Terhadap Al-Syaukāniy)
Abstract
Abstrak:
Al-Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab sebagai alat komunikasi yang kaya akan makna dan kosa kata, menjadikannya bahan pembelajaran yang mendalam. Bahasa Arab dipilih karena kemampuannya menyampaikan pesan dengan kedalaman dan keluasannya. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan pandangan Imam al-Syaukaniy yang menyatakan bahwa mempelajari Ilmu al-Munâsabah adalah suatu kesia-siaan (lâ fâ’idata lah). Pernyataan ini perlu diteliti lebih lanjut untuk mengetahui apakah Imam al-Syaukaniy menolak pemahaman al-Qur’an sebagai komunikasi yang menggunakan corak al-Munâsabah sepenuhnya dalam menyampaikan pesan-Nya. Al-Zarqâniy menjelaskan bahwa setidaknya ada 21 bahasan dalam ilmu terkait al-Qur’an, termasuk Tanâsub atau munâsabah ayat al-Qur’an, yang menyelidiki hubungan antar ayat-ayat dan surat dalam al-Qur’an. Konsep uslûb, yang berarti gaya atau metode komunikasi dalam bahasa Arab, merujuk pada cara pembicara menyampaikan pikiran dengan memilih kata-kata yang tepat. Munâsabah ayat, sebagai cabang ilmu al-Qur’an, memiliki peran penting dalam menjelaskan makna wahyu Allah dengan mengkaji keterkaitan antar ayat, baik dalam urutan maupun konteks surat. Menurut Ibn al-‘Arabiy, al-Munâsabah menjelaskan hubungan antar ayat yang menciptakan makna yang lebih luas dan terstruktur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis teks, yang bertujuan untuk mengkaji secara mendalam pemikiran Imam al-Syaukaniy mengenai Munâsabah. Metode ini memungkinkan penulis untuk menelusuri konteks dan tujuan dari pernyataan Imam al-Syaukaniy, serta mengeksplorasi bagaimana ia memandang pentingnya tadabbur (perenungan mendalam) dalam memahami al-Qur’an, bukan hanya sekadar berdasarkan akal semata.
Full Text:
PDFReferences
Al-Qur’an al-Karîm
Abu al-Su’ûd, Musthafa al-‘Ammâdiy, Muhammad bin Muhammad, Irsyâd al-‘Aql al-Salîm, Dâr al-Fikr, tth.
Syekh Sa’îd Hawâ, al-Asâs Fî al-Tafsîr, Dâr al-Salâm, 1405 H.
Al-Baidhawiy, ‘Abdullah bin ‘Umar, Anwâr al-Tanzîl wa Asrâr al-Ta’wîl, Dâr al-Jail, Beirut, tth.
Abu Hayyân, Muhammad bin Yûsuf al-Andalûsiy al-Gharnâthiy, al-Bahr al-Muhîth, Dâr Ihyâ’ al-Turats al-‘Arabiy, 1411 H.
Tafsîr Ibn al-Jazâ al-Kalbiy, Dâr al-Kitâb al-‘Arabiy, Beirut, 1403 H.
Ridha, Muhammad Rasyid, Tafsîr al-Manâr (Tafsîr al-Qur’ân al-Hakîm, Dâr al-Manâr, 1372 H, 1953 M.
Al-Sa’diy, ‘Abdul Rahmân bin Nâshir, Tafsîr al-Karîm al-Rahmân Fî Tafsîr Kalâm al-Mannân, al-Ri’âsat al-‘Āmmah Li ‘Idârat al-Buhûts al-‘Ilmiyyah wa al-Iftâ’ wa al-Da’wat al-Riyâdl, 1404 H.
Muhammad al-Thâhir bin ‘Āsyûr, al-Tahrîr wa al-Tanwîr, Dâr al-Sahnûn, Tunis, tth.
‘Abd al-Karîm al-Khathîb, al-Tafsîr al-Qur’âniy li al-Qur’ân, Dâr al-Fikr, Kairo, tth.
Al-Thabariy, Abû Ja’far Muhammad bin Jarîr, Dâr al-Rayyân li al-Turâts, Dâral-Hadîts, Kairo, 1407 H.
Al-Suyûthiy, Jalâl al-Dîn, al-Durr al-Mantsûr fî al-Tafsîr bi al-Ma’tsûr, Dâr al-Fikr.
Al-Allûsiy, Syihâb al-Dîn al-Sayid Mahmûd, Rûh al-Ma’âniy Fî Tafsîr al-Qur’ânal-‘Adzîm wa al-Sab’I al-Matsâniy, Dâr al-Ihyâ’ al-Turâts al-‘Arabiy, 1405 H.
Al-Syaukâniy, Muhammad bin ‘Ali bin Muhammad, Fath al-Qadîr, al-Bâb al-Halbiy, 1350 H.
Al-Râziy, Fakhr al-Dîn, Mafâtîh al-Ghayb, Dâr al-Fikr, 1405 H.
Sayid Quthb, Fî Dzilâl al-Qur’ân, Dâral-Syurûq,1407 H.
Al-Baqâ’iy, Ibrâhîm bin ‘Umar bin Hasan, Nadzm al-Durar Fî Tanâsub al-Āyâtwa al-Suwar, Dâr al-Kitâb al-Islâmiy, Kairo, 1413 H.
DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v18i2.14670
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Hikmah
HIKMAH
JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :
SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.