Agama, Masyarakat, dan Media “sejarah Representasi Agama di Media”

Khofizol Mualimin (UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia)
Lalu Yugusman Jaelani (, Indonesia)
Anwar Mubarok (UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia)
Reza Cahaya Hermawan (UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia)

Abstract


Agama dapat dipahami sebagai kepercayaan maupun keyakinan untuk membimbing seseorang dalam melakukan aktifitas-aktifitas tertentu. Dalam pengertian ini, agama melekat kepada seluruh manusia tanpa terkecuali bahkan mereka  yang dianggap atheis. Agama bagi media massa adalah isu strategis yang menjadi instrumen penting dalam memobilisasi pembaca. Dalam konteks Indonesia, pemahaman agama terbangun dalam beberapa paham yang secara umum terbagi dalam 3 spektrum utama, yaitu fundamentalis, modernis, dan liberal. Dengan adanya representasi agama di media, tentu akan menjadi awal baik untuk menyaring informasi yang diterima oleh masyarakat. Selain itu, dengan hadirnya nilai-nilai agama dalam smedia tentu masyarakat akan lebih nyaman menggali informasi dari media dan tidak akan mudah terprovokasi dengan informasi yang belum jelas akar permasalahannya. Dengan demikian, persepsi masyarakat akan mengalami perubahan bukan lagi menganggap media sebagai ancaman namun mengnggap media sebagai acuan dalam meningkatkan wawasan. Penelitian ini adalah penelitian yang menjelaskan sejarah representasi agama di Media,  menjelaskan bentuk-bentuk representasi agama dalam media tradisional dan digital, dan menganalisis pengaruh representasi agama di media terhadap persepsi masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif, untuk menggambarkan fenomenaentitas agama dan media, dengan variabel pengamatan kepada hal-hal yang telah ditentukan secaraspesifik. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan diinterpretasikan dengan menggunakan teknikanalisis deskriptif-kualitatif.


Full Text:

PDF

References


Aa Bambang. (2014). “PERIODE PERKEMBANGAN MEDIA MASSA”. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 18 No. 1. Hal. 119.

Ahmad Muttaqin. (2014). “AGAMA DALAM REPRESENTASI IDEOLOGI MEDIA MASSA”. Jurusan Dakwah STAIN Purwokerto 6. no. 2.

Bahtiar Effendy. (1998). Islam dan Negara, Transformasi Pemikiran dan Praktik Politik Islam di Indonesia. Jakarta: Paramadina.

Clifford Geertz. (1960). Religion of Java. Chicago: The University of Chicago Press.

Doyle Paul Jhonhson. (1988). Teori Sosiologi Klasik dan Modern, Penerjemah MZ. Lawang. Jakarta: Gramedia.

Eriyanto. (2009). Analisis Wacana. PengantarAnalisis Teks Media. Cet. VII. Yogyakarta: LKiS.

F. Budi Hardiman. (1993). Menuju Masyarakat Komunikatif. Yogyakarta: Kanisius.

H.S Ahimsa-Putra.(2006) Strukturalisme Lévi-Strauss, Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: Kepel Press. Edisi Baru.

Ibrahim Idi Subandy. (2011) Kritik Budaya Komunikasi. Yogyakarta: Jalasutra.

Jose Casanova. (1994) Public Religions in the Modern World. Chicago: The University of Chicago Press.

Michel Foucault. (2007). Order of Thing, Arkeologi Ilmu-Ilmu Kemanusiaan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mohtar Mas’oed. (2003). Ekonomi Politik Internasional dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulkhan, Abdul Munir. (2002). Ajaran dan Jalan Kematian Syekh Siti Jenar. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Nisa Khairuni. (2016). Dampak Positif Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak. Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh”. dalam Jurnal Edukasi Volume 2 No 1.

Nottingham, Elizabeth K. (1993). Agama dan Masyarakat: Suatu Pengantar Sosiologi. Jakarta: Rajawali Press.

Pardianto. (2013) “Meneguhkan Dakwah Melalui New Media” dalam (Jurnal Komunikasi Islam), Volume 03 No 01.

Peter L. Berger dalam Dadang Kahmad. (2000). Sosiologi Agama. Bandung: Rosda.

Primada Qurrota Ayun.(2015). Fenomena Remaja Menggunakan Media Sosial dalam Membentuk Identitas, dalam Jurnal Channel. Volume 3 No. 2.

Soerjono Soekanto. (2002) Sosiologi, Suatu Pengantar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Hlm. 123-124.

Sofjan, Dicky (with Mega Hidayati). (2013). Religion and Television in Indonesia: Ethics Surrounding Dakwahtainment, (Geneva: Globethics.net.

Suara Merdeka. 27 Maret (2015). Indonesia Pasar Paling Menguntungkan.

Sunaryo Adhiwardoyo. (2005). Kerukunan Umat Beragama, Penghormatan Hukum, dan Perlindungan HAM. Jakarta: Dewan Pimpinan Pusat LDII.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v19i1.16522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.