Metode Dakwah Kiai Pesantren Di Youtube (Studi Pada Pendekatan Dakwah Kiai Di Channel Alamien TV)

Moh. Lukman Hakim (UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Lilik Hamidah (UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)

Abstract


Dalam perspektif masyarakat Islam, kiai merupakan sosok figur yang biasa panutan khususnya dalam hal keagamaan, dalam dunia pesantren, biasanya kiai merupakan pemegang keputusan tertinggi, disamping itu juga merupakan teladan utama bagi seluruh elemen dalam pesantren tersebut dan masyarakat di sekitarnya. Perkembangan teknologi menarik dakwah untuk mengembangkan jangkaunnya menggunakan media sosial, salah satunya adalah Youtube, kiai yang secara langsung juga menjadi seorang da’i mulai juga mengadopsi Youtube sebagai sarana memperlebar syiar Islam, diantaranya adalah kiai Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan melalui channel Youtube alamienTV. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian iniingin mengetahui metode dakwah yang digunakan oleh kiai Al-Amien Prenduan dalam berdakwah melalui alamienTV. Pada akhir penelitian ditemukan bahwa kiai Al-Amien Prenduan menerapkan dua dari tiga bentuk utama metode dakwah yakni Hikmah, Mau’idah Hasanah tanpa Mujadalah.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Nur. “TANTANGAN DAKWAH DI ERA TEKNOLOGI DAN INFORMASI: Formulasi Karakteristik, Popularitas, dan Materi di Jalan Dakwah.” ADDIN 8 (2014): 340–41. Anten, Elyas. Ashi Injilizi Arabig. Mesir: Elyas Modern Press, 1951. Arifin, M. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 1991. Bakti, Andi Faisal, dan Vanny Eka Meidasari. “Trendsetter Komunikasi Era Digital: Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam,” 2012, 21–22. Dermawan, Andy. “Manajemen Perngorganisasian THE ESQ Way 165 di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Jurnal Penelitian Agama, 2007, 20. Dhofier, Zamakhsyaray. Tradisi Pesantren, Studi tentang Pandangan Hidup Kyai. Jakarta: LP3ES, 1985. Effendi, Onong Uchayana. Dimensi-dimensi Komunikasi. Bandung: Alumin, 1981. Faizah, dan Lalu Muchsin Effendi. Psikologi Dakwah. Jakarta: Rahmat Semesta, n.d. Habibi, Muhammad. “Optimalisasi Dakwah Melalui Media Sosial di Era Milenial.” Al-Hikmah 12 (2018): 105. Ismatulloh, A.M. “METODE DAKWAH DALAM AL-QUR’AN (Studi Penafsiran Hamka terhadap QS. An-Nahl: 125).” Lentera IXX (2015): 156. Karimatunnisa, Umi Hanik, Ropingi, dan Zuhri Humaidi. “Metode Dakwah Kyai Abdul Ghofur pada Masyarakat Dusun Bulusan, Desa Bulu, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri.” Mediakita 2, no. 1 (2018): 39–59. Latifah, Lailatul. “Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren (Di Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan).” UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019. Maulana, Ilham, Chatib Saefullah, dan Tata Sukyat. “Dakwah di Media Sosial.” Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 3 (2018): 259–60. Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2006. Muhaemin. “Teologi Aswaja Nahdlatul Ulama di Era Modern: Studi atas Pemikiran Kyai Hasyim Asy’ari.” Jurnal Diskursus Islam 1 (2013). Sajadi, Dahrun. “PROBLEMATIKA DAKWAH KONTEMPORER TINJAUAN FAKTOR INTERNAL DAN EKSTERNAL,” n.d., 93–94. Siraj, Rahimien. “Metode Dakwah Kiai Imron Syahruddin di Pondok Pesantren Nurul Huda Sumenep Madura.” IAIN Surakarta, 2018. Sukamto, Periksa. Kepemimpinan Kyai dalam Pesantren. Jakarta: LP3ES, 1999. Suparta, Munzier, dan Harjani Hefni. Metode Dakwah. Jakarta: KENCANA, 2009. Yaqub, Ali Mustafa. Sejarah & Metode Dakwah NABI. Jakarta: Pustaka Firdaus, 2008. Yusuf. “Da’i dan Perubahan Sosial Masyarakat.” Jurnal Al-Ijtimaiyyah 1 (2015): 52–53.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v15i2.4054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.