Platform Tik Tok Sebagai Media Dakwah Di Kalangan Remaja Milenial (Studi Analisis Konten Dakwah Akun @Bayasman00 Milik Husain Basyaiban)

Tsalits Maratun Nafiah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Hazmi Ihkamuddin (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia)
Luluk Fikri Zuhriyah (Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya)

Abstract


ABSTRAK

Adanya new media ini juga berpengaruh pada pola komunikasi para pendakwah yang sebelumnya menggunakan media konvensional dengan cara ceramah secara langsung maupun tidak langsung. Transisi media ke zaman digital tidak terlepas dari pengaruh internet, sehingga internet menjadi sangat penting dan berpengaruh di era ini. Digitalisasi media yang terjadi menyebabkan banyak platform – platform yang menyediakan banyak fitur dalam menyajikan konten-konten yang dibuat oleh user dalam berbagai kebutuhan contohnya adalah Tik Tok. Salah satu kreator yang menyajikan konten-konten dakwah adalah Husain Basyaban pemilik akun tiktok @basyasman00. Husain Basyaban merupakan remaja asal Bangkalan Jawa Timur yang lahir di Mekkah pada tahun 2002. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan Teori Uses and Gratification Model yang merupakan pergeseran fokus dari tujuan komunikator kepada tujuan komunikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bentuk pemanfaatan tik-tok dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah seperti pada akun @basyasman00 dengan menggunakan kelebihan dari platform yakni fitur-fitur yang disediakan. Pesan dakwah yang di sampaikan oleh Husain Basyaiban adalah sesuai syariat islam yang berdasarkan dengan Al-Quran dan Hadist, contoh kontennya adalah tentang pentingnya Toleransi. Adapun kekurangan dari platform tik-tok adalah keterbatasan audio visual dan durasi yakni maksimal 3 menit. Adapun pesan yang disampaikan oleh Husain dalam konten berjudul “Toleransi” adalah anjuran kepada umat muslim untuk saling menghargai dan tidak menghina kepercayaan agama lain. Analisis khalayak dari proses perencanaan komunikasi pada dakwah ini adalah kaum remaja milenial memiliki keterbukaan befikir dan diharapkan mampu memberikan pengaruh terhadap orang-orang disekitarnya.

 


Full Text:

PDF

References


Jurnal Ilmiah

Ali Aziz, Moh, Ilmu Dakwah Edisi Revisi (Jakarta: Kencana, 2017)

Al Asy’ari, “Strategi Perencanaan Dakwah”, Jurnal Al-Idarah, Vol V, No. 6, t.th.

Arianti, Gusmia, ‘Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instragram Dan Path’, WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16.2 (2017), 180 <https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.21>

Asdar, Muhammad, ‘Strategi Dakwah Di Era New Normal’, 2020 <https://doi.org/10.31219/osf.io/3kby9>

Burhanudin, Aan Mohamad, Iain Syekh, and Nurjati Cirebon, ‘DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL ( Studi Tentang Pemanfaatan Media Instagram @ Cherbonfeminist Sebagai Media Dakwah Mengenai Kesetaraan Gender ) DA ’ WAH USING SOCIAL MEDIA ( Study of Utilization of Instagram @ Cherbonfeminist as Da ’ Wah Media Regarding Gende’, 10.2 (2019), 236–46

Hasanah, Uswatun, ‘Strategi Dan Manajemen Dakwah Masa Pandemi Covid-19 Masyarakat Madura’, 3.1 (2020), 49–62 <https://doi.org/10.18326/imej.v3i1.49-62>

Hermawan, Iwan, Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi Dan Metodologi - Iwan Hermawan, S (Karawang: Hidayatul Quran, 2019)

Wibowo, Adi, ‘PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI TREND MEDIA DAKWAH PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL’, 03.02 (2019), 339–56

Wijaya, Mukhammad Handy dwi, and Musta’in Mashud, ‘Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok’, Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3.2 (2020), 170–91 <https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.734>

Yuanita, Dianis Izzatul, Beti Malia, and Rahma Hidayati, ‘Sikap Remaja Di Media Sosial Instagram Saat Musim Pandemi Covid 19’, 03.1 (2020), 9–17

Ali Aziz, Moh, Ilmu Dakwah Edisi Revisi (Jakarta: Kencana, 2017)

Arianti, Gusmia, ‘Kepuasan Remaja Terhadap Penggunaan Media Sosial Instragram Dan Path’, WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 16.2 (2017), 180 <https://doi.org/10.32509/wacana.v16i2.21>

Asdar, Muhammad, ‘Strategi Dakwah Di Era New Normal’, 2020 <https://doi.org/10.31219/osf.io/3kby9>

Burhanudin, Aan Mohamad, Iain Syekh, and Nurjati Cirebon, ‘DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL ( Studi Tentang Pemanfaatan Media Instagram @ Cherbonfeminist Sebagai Media Dakwah Mengenai Kesetaraan Gender ) DA ’ WAH USING SOCIAL MEDIA ( Study of Utilization of Instagram @ Cherbonfeminist as Da ’ Wah Media Regarding Gende’, 10.2 (2019), 236–46

Hasanah, Uswatun, ‘Strategi Dan Manajemen Dakwah Masa Pandemi Covid-19 Masyarakat Madura’, 3.1 (2020), 49–62 <https://doi.org/10.18326/imej.v3i1.49-62>

Hermawan, Iwan, Teknik Menulis Karya Ilmiah Berbasis Aplikasi Dan Metodologi - Iwan Hermawan, S (Karawang: Hidayatul Quran, 2019)

Wibowo, Adi, ‘PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI TREND MEDIA DAKWAH PENDIDIKAN ISLAM DI ERA DIGITAL’, 03.02 (2019), 339–56

Wijaya, Mukhammad Handy dwi, and Musta’in Mashud, ‘Konsumsi Media Sosial Bagi Kalangan Pelajar: Studi Pada Hyperrealitas Tik Tok’, Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 3.2 (2020), 170–91 <https://doi.org/10.31538/almada.v3i2.734>

Yuanita, Dianis Izzatul, Beti Malia, and Rahma Hidayati, ‘Sikap Remaja Di Media Sosial Instagram Saat Musim Pandemi Covid 19’, 03.1 (2020), 9–17

BUKU

Rifa’i, Muhammad, “Manajemen Organisasi”, (Bandung: Cita Pustaka, 2013)

Usman, Husain, “Manajemen Teori, Praktik dan Riset Pendidikan, (Jakarta: Pustaka Binawan, 2008)

INTERNET

Kompas.com, Jumlah Pengguna Aktif Bulanan TikTok Terungkap, https://tekno.kompas.com/read/2021/04/19/14020037/jumlah-pengguna-aktif-bulanan-tiktok-terungkap?page=all




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v16i2.6609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hikmah


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.