Strategi Promosi Produk Koperasi Jasa Syariah (KJKS) Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) Jati Baru Padang
Abstract
Abstract
To market a product, an institution or company must use an operational activity device called the marketing mix. One of the marketing mixes used by BMJ Jati Baru Padang KJKS is promotion, then we call promotion strategies. This promotion is intended to introduce and influence the community towards a product offered by BMT Jati Baru KJKS. Promotional strategy is one of the first in order to introduce products to consumers and this becomes very important because it relates to the benefits that will be obtained by the company. In this modern era BMT institutions are increasingly developing in the community. The development of these institutions encouraged BMT's business to grow further and resulted in tight business competition. For this reason, it is necessary to have a promotion strategy for this new BMT Jati KJKS in the face of competition, so that it can help market products to increase company sales and customer development.
Key word: strategy, promotion, product, kjks, bmt
Abstrak
Untuk memasarkan suatu produk, maka suatu lembaga atau perusahan harus menggunakan perangkat kegiatan operasional yang disebut bauran pemasaran. Salah satu bauran pemasaran yang digunakan KJKS BMT Jati Baru Padang adalah promosi, selanjutnya kita sebut strategi promosi. Promosi ini ditujukan untuk mengenalkan dan mempengaruhi masyarakat terhadap suatu produk yang ditawarkan KJKS BMT Jati Baru. Strategi promosi merupakan salah satu awal dalam rangka mengenalkan produk kepada konsumen dan ini menjadi sangat penting karena berhubungan dengan keuntungan-keuntungan yang akan diperoleh oleh perusahan. Dalam era modern ini lembaga BMT semakin berkembang di masyarakat. Perkembangan lembaga tersebut mendorong usaha BMT makin berkembang dan mengakibatkan persaingan bisnis ini menjadi ketat. Untuk itu perlu adanya strategi promosi KJKS BMT Jati Baru ini dalam menghadapi persaingan, sehingga dapat membantu memasarkan produk untuk meningkatkan penjualan perusahan dan perkembangan nasabah.
Key word: strategi, promosi, produk, kjks, bmt
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Ma’ruf, Wirausaha Berbasis Syariah, Banjarmasin: Antasari Press, 2011
Alma. Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Bandung: Penerbit Alfabeta, 2011
Alquran dan Terjemahannya, Departemen Agama, Bandung: PT Sigma Examedia, Arkaanleema
Assauri, Sofjan, Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2007
Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana, 2010
Craven, David W, Pemasaran Strategis, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 1996
Hadari Nawawi dkk, Penelitian Terapan, Yogyakarta: Universitas Gajah Mada, 1996
Hakim, Arman, Nasution dkk, Manajemen Pemasaran untuk Engineering., Yogyakarta: CV Andi Offset, 2006
Hasibuan. Melayu, Perbankan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2004
Hermawan, Agus, komunikasi pemasaran, Malang: PT. Gelora Aksara Pratama, 2012
Hurriyati. Ratih, Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen, Bandung:Alfabeta, 2010
Iska, Syukri dan Rizal, Lembaga Keuangan Syari’ah, Batusangkar : Batusangkar Press, 2005
Kasmir, Studi Kelayakan Bisnis, Jakarta: Prenada Media Group, 2009
. Manajemen Perbankan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2010
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga, 2008
, Dasar-Dasar Pemasaran, Jakarta: PT Midas Surya Grafindo, 1987
Lubis. Suhrawardi, Hukum ekonomi Islam, Jakarta : Sinar Grafika, 2012
Madura, Jeff, Pengantar Bisnis, Jakarta : Salemba Empat, 2007
_______, Jeff, Introduction to Business Pengantar Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, 2009
Morrisan, Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jakarta:Kencana Prenada Media Group, 2010
Mursid, M., Manajemen Pemasaran, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2014
Noor, Juliansyah, Metodologi Penelitian, Jakarta: Kencana, 2011
Purnama, C.M Lingga, Strategic Marketing Plan, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2001
Rodoni, Ahmad, Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: PT. Bestari Buana Murni, 2008
Ruslan Rosady, Metode Penelitian Public Relactions dan Komunikasi, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2004
Saladin Djaslim, Dasar-Dasar Bisnis Pemasaran, Bandung: PT Mandar Maju, 1994
Sangadji, Etta Mamang dkk, Metodologi Penelitian, Yogyakarta: CV Andi Offset, 2010
Soemitra. Andi, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2009
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2009
Suprayogo, Imam, Tobroni. Metode Penelitian Sosial Agama. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2003
Subagyo Joko, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1997
Swastha, Basu dan Irwan, Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta : Liberty, 2005
Tjiptono, Fandy, Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan, Malang: Bayumedia Publishing, 2007
Umar, Husein, Metode Penelitian Untuk Skiripsi Dan Tesis Bisnis, Jakarta: PT Granfindo Persada, 2009
W Boyd, Harper, Manajemen Pemasaran, suatu Pendekatan Strategis dengan Orienatsi Global, Jakarta: Erlangga, 2000
Wawancara :
Ahmad, Nasabah KJKS BMT Jati Baru, wawancara langsung, Padang 13 Mei 2015
Hidayat, Rachmat, Manajer KJKS BMT Jati Baru, wawancara langsung, 19 Juni 2015
Rosdanita, Nasabah KJKS BMT Jati Baru, wawancara langsung, Padang 13 Mei 2015
Yesi, Afrina, Pembukuan KJKS BMT Jati Baru, wawancara langsung, Padang 19 Juni 2015
DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v12i2.888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Yummil Hasan
HIKMAH
JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :
SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.