ETNOGRAFI ASTROLOGI DAKWAH ISLAM KEPULAUAN DI KESULTANAN TIDORE

Syarifudin Syarifudin (IAIN Ambon, Indonesia)

Abstract


ABSTRACT; This research is concerned with Islamic islamic astrology. This research problem focused on the identification of Islamic archipelagic astrology by mengintragasikan with modern astrology in Tidore Sultanate as a contribution of healthy social change in the community. This research is characterized by phenomenology with ethnography approach. The problem of this research is how the integration of modern astrology and astrology in the Tidore sultanate. Data collection technique using medate deep interview Densin, Data analysis technique using Haberman and Miles model with display data, data reduction and conclusion. This study uses a multiparadigm approach in looking at social reality. This study found there are 9 types of black magic in the tradition of society if there is social conflict, this black magic media as a disturbing social life that ends in the death of the soul. In addition there are 14 white sciences that have a major contribution to maintaining the physical and spiritual health of Islamic islands in the city of Tidore. The role of Islamic astrology of this archipelago strongly influences the style of thinking of society in the process of cultural development and contributes in three aspects; 1). Astronomy all aspects of life to determine the day to achieve success in work, 2). Determining good days for political, cultural, and economic activities. Islamic astrology, especially for the people, mostly calls the elderly astrology rather than using modern ways of thinking on the aspects of death, body bath, house entry, weddings, and the determination of good days and even heavily influences the political color. 3). Islamic astrology is used as a guide to the healing process of medical and non medical diseases. Modern astrology is materialism Islamic astrology of islands is spirituality. The contribution of this study is to open an integrated scientific insight, interconnect with multiparadigm insight to formulate academic manuscripts of Islamic astrology of the archipelago as a contribution to the development of science.

Key Word; Astrology, Islam, and the archipelago.

ABSTRAC; Penelitian ini berkaitan dengan ilmu astrologi Islam kepulauan. Masalah penelitian ini terfokus pada identifikasi ilmu astrologi Islam kepulauan dengan mengintragasikan dengan astrologi modern di Kesultanan Tidore sebagai kontribusi perubahan sosial yang sehat di tengah masyarakat. Penelitian ini bercorak fenomenologi dengan pendekatan etnografi. Masalah penelitian ini adalah bagaimana Integrasi astrologi modern dan astrologi di kesultanan Tidore. Teknik pengumpulan data menggunakan medote deep interview Densin, Teknik analisis data menggunakan model Haberman dan Miles dengan melakukan display data, reduksi data dan kesimpulan. Kajian ini menggunakan pendekatan multiparadigma dalam mencermati realitas sosial. Penelitian ini menemukan ada 9 jenis ilmu hitam dalam tradisi masyarakat jika terjadi konflik sosial, media ilmu hitam ini sebagai pengganggu kehidupan sosial bermasyarakat yang berakhir pada kematian jiwa. Selain itu ada 14 ilmu putih yang memiliki kontribusi besar menjaga kesehatan jasmani dan rohani masyarakat Islam kepulauan di kota Tidore. Peran astrologi Islam kepulauan ini sangat memengaruhi corak berpikir masyarakat dalam proses pembangunan kebudayaan dan berkontribusi dalam tiga aspek; 1). Ilmu perbintangan semua aspek kehidupan untuk menentukan hari untuk mencapai kesuksesan dalam bekerja, 2). Menentukan hari-hari baik untuk melakukan aktivitas politik, budaya, dan ekonomi. Astrologi Islam khususnya bagi masyarakat lebih banyak mengutakan ilmu perbintangan orang tua-tua dari pada menggunakan cara berpikir orang modern pada aspek kematian, mandi jenazah, masuk rumah, acara pernikahan, dan penentuan hari baik dan bahkan ia sangat memengaruhi warna politik. 3). Astrologi Islam digunakan sebagai petunjuk untuk proses penyembuhan penyakit medis dan non medis. Astrologi modern bersifat materialism Astrologi Islam kepulauan bersifat spiritualialitas. Kontribusi kajian ini untuk membuka wawasan keilmuan yang terintegrasi, interkoneksi dengan wawasan multiparadigma untuk merumuskan naskah akademik Astrologi Islam kepulauan sebagai kontribusi pengembangan ilmu pengetahuan.

Key Word; Astrologi, Islam, dan  kepulauan.


Full Text:

PDF

References


Ali Riasaty, Necessity of Rethinking about the Preventive Strategies of Addiction, International Journal of Community Based Nursing and Midwifery. Shiraz University of Medical Sciences, 2017.

Abdillah Yafi Aljawiy, Jejaring Sosial dan Dampak Bagi Penggunanya Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Teknologi Infomasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Jurnal Ilmiah 2017.

Briyan Anugerah Pekerti, Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Kelakuan Seseorang Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang 2017.

Een Irianti, Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 1, No.1. Januari - Juli 2017.

Maswin M. Rahman, Mengenal Kesultanan Tidore, (Cet.I; Lembaga Kesultanan Keraton Limau Duko Kesultanan Tidore, 2006.

Risky Polisi (25 Tahun), Wawancara di rumahnya pada hari jumat 21 Juli 2017 jam 08:55 wit.

Nasrah, “Pengetahuan Manusia dan Epistemologi Islam”, lihat juga Universitas Sumatera Utara Nasution, Khoiruddin, “Pengantar Studi islam” Yogyakarta: Tazzaff, 2009.

Muhammad Zainuddin, Filsafat Ilmu Perspektif Pemikiran Islam, Cet. II; Yogyakarta: Bayu Media, 2003.

Harun Nasution, Islam Rasional dan Gagasan dan Pemikiran, Cet. Bandung: Mizan,1996.

Baqir Al-Shadr, Metode Tahliliy,(metode tajzi’iy), Metode ini berusaha menjelaskan ekspresi sosial dari segi pemahaman, pemaknaan, dan prilaku dengan memperhatikan prilaku manusia dalam ayat-ayat Al-Quran sebagaimana tercantum di dalam mushaf.

Koentjaraningrat dkk, Masyarakat Desa di Indonesia, Cet. XIV; Jakarta, Gramedia,1993.

Koentjaraningrat dkk, Metode-Metode Penelitian Masyarakat (Edisi Ketiga). Cet. VII; Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama,1987.

James P Spradley, Metode Penelitian Etnografi, Cet.II; Jakarta: Tiara Wacana, 2013.

Jogianto, Metodologi Penelitian Sistem Informasi, Cet.II; Jogyakarta: Andi, 2008.

Data yang dikutif pada BPS kota Tidore Kepulauan untuk semua kabupaten, penulis belum temukan data secara rinci perkecamatan tahun 2016.

Nani Jafar, Sejarawan Maluku Utara, http://kabarpulau.com/berita-pulau-tidore-titik-pembenaran-teori-ilmu-pengetahuan-.html. Diakses 31 Juli 2017.

Obat Herbal Penyakit Alergi Ikan Laut, Temuan Obat Ampuh dari Dasar Laut, http://www.dw.com/ id/temuanobat-ampuh-dari-dasar-laut/av-19246758.

Temuan Obat Ampuh dari Dasar Laut, http://www.dw.com/id/temuan-obat-ampuh-dari-dasar-laut/av-19246758

Maswin M. Rahman, Mengenal Kesultanan Tidore, Cet.I; Lembaga Kesultanan Keraton Limau Duko Kesultanan Tidore, 2006.

Data wawancara;

Husen Maswara (56 Tahun), Wawancara, di kantor Fakultas Syari’ah tanggal 1 Agustus 2017 jam 10.30 wit

Ibnujarir (45 Tahun), Wawancara, di kantor rumahnya tanggal 19 Agustus 2017 jam 09.30 wit

Hasan (57 Tahun), Wawancara, di Rumahnya di Tomagoba tanggal 14 Agustus 2017 jam 18.30 wit.

Risky Polisi (25 Tahun), Wawancara di rumahnya pada hari jumat 21 Juli 2017 jam 08:55 wit.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil menyebutkan bahwa local knowledge (pengetahuan lokal) dan local wisdom Indonesia harus lebih digali dan dijadikan basis kebijakan pada acara Konferensi Pengetahuan Lokal pada Selasa (12/04) di Auditorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

ww.ksi-indonesia.org/in/news/detail/pengetahuan-dan-kearifan-lokal-diharapkan-jadi-basis-kebijakan.




DOI: https://doi.org/10.24952/hik.v12i2.889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Syarifudin Syarifudin


HIKMAH

JURNAL ILMU DAKWAH DAN KOMUNIKASI ISLAM TERINDEX OLEH :


SEKRETARIAT JURNAL HIKMAH

 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 Jl. H.T. Rizal Nurdin Km. 4,5 Sihitang Padangsidimpuan Telp. (0634)22080.