PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA
Abstract
The problems that will be discussed in this thesis are (1). How to apply the Problem Based Learning model to improve the ability to solve story problems on ordinary fractions for class IV students at SDN 9 Limboto. The research model is classroom action research by Kemmis Mc Taggart. The research subjects were 11 class IV students at SDN 09 Limboto. Data collection techniques are carried out by means of test questions, observation, interviews and documentation. The research stages have four models, namely: preparation (planning), action implementation, monitoring and evaluation (observation), analysis and reflection. The results of the research show that Problem Based Learning activities to improve students' abilities in solving story problems in class IV at SDN 09 Limboto can be seen from the percentages obtained. During the pre-cycle the average percentage was 9% before action was taken, then after action was taken in cycle I the average percentage value increased to 54% and increased again in cycle II with an average percentage value of 90% and had reached the success rate is 75%. Therefore, the Problem Based Learning model can improve students' abilities in solving questions and problems on ordinary fractions in class IV SDN 09 Limboto.
Keywords: Problem Based Learning Model; Ordinary Fractions; Mathematics.
Permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini yakni (1). Bagaimana penerapan model Problem Based Learning untuk dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita materi pecahan biasa pada peserta didik kelas IV SDN 9 Limboto. Model penelitian adalah penelitian tindakan kelas oleh KemmisMc Taggart. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas IV SDN 09 Limboto yang berjumlah 11 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes soal, observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan penelitian memiliki empat model yaitu: persiapan (perncanaan),pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi (pengamatan), analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan kegiatan Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita di kelas IV SDN 09 Limboto dapat dilihat dari jumlah-jumlah prsentase yang didapatkan. Pada saat pra-siklus presentase rata-rata yakni 9% sebelum dilakukan tindakan, kemudian setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai presentase rata-rata meningkat yakni 54% dan meningkat lagi pada siklus II dengan nilai presentase rata-rata yakni 90% dan sudah mencapai tingkat keberhasilan yakni 75%. Maka dengan itu model Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal certa materi pecahan biasa di kelas IV SDN 09 Limboto.
Kata Kunci: Model Problem Based Learning; Pecahan Biasa; Matematika.
References
Anita Lee. 2017. Proses Kegiatan Pembelajaran di SD. Jakarta: Grasindo.
Abdul Halim Fathani. 2017. MATEMATIKA HAKIKAT & LOGIKA. Jakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Anni Sulthoniyah. 2017. Analisis Kemampuan Berpikir Krtis Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Arimatika Sosial. Universitas Muhammadiyah Purworejo, 16.
Arif Purnawi. 2020. Penelitian Tindakan Kelas Classroom Action Research. Yogyakarta: Deepublish.
Citra Dwi Pitaloka,dkk.2021. Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas II Ditinjau Dari Materi Pecahan Berbantu Media Audio- Visual, (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang), hlm 10
Budiyono. 2008. Kesalahan Mengerakan Soal Cerita dalam Pembelajaran Matematika. Peadagogia, 8.
2024 [Penerapan Model Problem……, Sri Dewi Copo., dkk]
Dirasatul Ibtidaiyah Vol. 211 4 No. 2 Tahun 2024
Fitri Dyah Pamungkas. 2018. Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta.
Herminarto Sofyan, dkk. 2017. Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press, h. 140.
Hermansyah. 2020. Problem Based Learning Indonesia Learning. (Conference Series 3 (3).
Khardiyawan A.Y, dkk. 2020. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Problem Based Learning Pada Materi Bilangan Pecahan. Jurusan Matematika Universitas Negeri Gorontalo.
Maulimuna. 2017. Pengertian Pendidikan V SD Negeri 1 Ujungpandan. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2, No. 1.
Muhammad Syaiuddin. 2017. Impelementasi Pembelajaran. Jurnal Terampil, Vol. 02, No. 2. Desember.
Mursolimah. 2020. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan. Jurnal. Uns.ac.id/shes.
Mutiara Hikmatin Asyrofa, dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Donat Pecahan Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita. Universitas Muhammadiyah Magelang Indonesia.
Maliasih, dkk. 2017. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournaments dengan Strategi Konsep pada Siswa. Universitas Negeri Semarang.
Nana Sadih Sukamadinata. 2018. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nenva Eftin Asman, dkk. Model Polya Terhadap Hasil Belajar Soal Cerita Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Kelas V SD. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Negeri Padang.
Oktaviani Dewantari,dkk.2022. Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning Berbantuan Grocery Shopping dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Pecahan, (Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika)
Rina Dewi Rezeki. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Konsep Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar. Jurnal Pendidikan, Vol. 4, No.1.
Refki Efendi. 2020. Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekola Dasar. Universitas Pahlawan.
Sujono. 2018. Pembelajaran Matematika di SD. Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 2.
2024 [Penerapan Model Problem……, Sri Dewi Copo., dkk]
Dirasatul Ibtidaiyah Vol. 212 4 No. 2 Tahun 2024
Sriyanto. 2010. Pengertian Kemampuan. Desember.
Selvi Meliasari. 2020. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran di Sekolah. Universitas Jambi.
Sumardi. 2020. Teknik Pengukuran dan Penilaian Belajar. Yogyakarta: Deepublish Publisher
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i2.11746
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah