PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS

Emiliana Emiliana (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Lian Gafar Otaya (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Zohrawati Hiola (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)

Abstract


Abstract

Berdasarkan latar belakang dapat dikemukakan rumusan masalah yaitu bagaimana Penerapan Metode Picture an Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV di SDN 9 Limboto. Tujuan yang diharapkan dalam melakukan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan Metode Picture and Picture dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS Kelas IV di SDN 9 Limboto. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang akar masalahnya muncul di kelas dan diketahui oleh guru. Penelitian ini dilakukan untuk memperbaiki atau mengatasi masalah yang dihadapi sealama proses pembelajaran. Peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran Menggunakan metode Picture and Picture menunjukkan hasil yang positif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS mengalami peningkatan setelah melalui Metode pembelajaran Picture and Picture dapat diketahui bahwa hasil belajar dan prestasi belajar siswa mengalami peningkatan mulai pre test, test soal siklus I, sampai test soal siklus II. Hal ini dapat diketahui dari ketuntasan belajar dari 24% meningkat menjadi 50% (pre test),. Post Test Siklus I dan Post Test Siklus II dengan nilai ketuntasan belajar 50% dan Post Test Siklus II dengan ketuntasan belajar 50%, hal ini dapat diketahui dari ketuntasan belajar dari siklus I 50% Meningkat menjadi 80% .kemudian (test soal siklus I) Nilai rata-rata menjadi 68,92, dan meningkat lagi menjadi 79,84 (test soal siklus II).


Kata Kunci: Penerapan Metode Picture and Picture; Meningkatkan Hasil Belajar.


Based on the background, a problem formulation can be put forward, namely how to apply the Picture and Picture Method to improve science and science learning outcomes for class IV students at SDN 9 Limboto. The expected aim of conducting this research is to determine the application of the Picture and Picture Method in improving student learning outcomes in Class IV Science and Technology subjects at SDN 9 Limboto. The type of research used in this research is the classroom action research approach. Classroom action research is research where the root of the problem arises in the classroom and is known to the teacher. This research was conducted to improve or overcome problems encountered during the learning process. Students in following the learning process using the Picture and Picture method show positive results. The results of this research show that student learning outcomes in science and science subjects have increased after using the Picture and Picture learning method. It can be seen that student learning outcomes and learning achievements have increased from the pre-test, cycle I test questions, to cycle II test questions. This can be seen from the learning completeness from 24% increasing to 50% (pre test), Post Test Cycle I and Post Test Cycle II with a learning completeness value of 50% and Post Test Cycle II with learning completeness 50%, this can be seen from learning completeness from cycle I 50% Increased to 80%. Then (test questions from cycle I) the average score became 68.92, and increased again to 79.84 (test questions from cycle II).


Keywords: Application of the Picture and Picture Method; Improving Learning Outcomes.


Full Text:

PDF

References


Aly. Teori Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. 2020 hal. 17. Bab 2 Buku konsep dasar IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) 2021 Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Ibid 2018 hal. 4-51 Istarani, 2019 Model Pembelajaran , (Medan: Media Persada), hal. 7 Kuraedah dan La Saliadin PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS V B DI MIN KONAWE SELATAN KEC. KONDAKAB. KONAWE SELATAN Jurnal Al-Ta’dib Vol. 9 No. 1, Januari-Juni 2016. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV B DI MIN KONAWE SELATAN KEC. KONDA KAB. KONAWE SELATAN Jurnal Al-Ta’dib Vol. 9 No. 1, Januari-Juni Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), Purwanto jurnal hasil belajar 2021. Putu Ari Susanti, Ni Nyoman Kusmariyani. (2017). Penerapan Model Picture And Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (2) pp. 99-106. Putu Ari Susanti1, Ni Nyoman Kusmariyani 2017 PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL PENGETAHUAN IPA Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (2) pp. 99-106. Putu Ari Susanti1, Ni Nyoman Kusmariyani 2019 PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL PENGETAHUAN IPA Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol.1 (2) pp. 99-10. Rabudin, 2020 “Model-Model Dalam Penelitian Tindakan Kelas (Model PTK),” Detik Pendidikan, accessed January 20, 2023, https://www.detikpendidikan.id/2020/12/model-dan-jenis-jenis-ptk.html. Sitiatava Rizema Putra, 2021 Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains, (Jogjakarta: Diva Press, 2013), 41 Slameto, 2016 Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1995), 54 -71 Kelebihan dan kelamahan Picture dan Picture Udayana, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana Tahun Pelajaran 2014/2015. 2024 [Penerapan Metode Picture and Picture……, Emiliana, dkk.,] Dirasatul Ibtidaiyah Vol. 156 4 No. 2 Tahun 2024 St. Kuraedah dan La Saliadin 2016 PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM Suprijono, Agus, 2016 Picture and Picture ,(Yogyakarta: Pustaka Belajar). Susanto, A. 2017 Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. 2015. Suyoso 2015 Pembelajaran Ipa 2016 vol, 1. Trianto, 2018 Model Pembelajaran Terpadu…, 136. Wawancara guru wali kelas IV SDN 9 LIMBOTO 2022


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah