PERAN GURU DALAM MENANAMKAN KEPEDULIAN SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM

Lestari Irawan (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Munirah Munirah (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)
Rinaldi Datunsolang (IAIN Sultan Amai Gorontalo, Indonesia)

Abstract


Abstract

Islamic History and Culture Education is one of the subjects taught at Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo North City Branch. However, many students do not understand the importance of Islamic history and culture, and tend to find this lesson boring. Therefore, it is important to develop effective and interesting learning methods for students to increase their interest and understanding of Islamic history and culture. The type of research used is qualitative. Qualitative research is research used to examine the natural conditions of objects (as opposed to experiments). Instilling students' awareness of the subject of Islamic cultural history requires an active and strategic role from the teacher. At MI Muhammadiyah North City, teachers have several important roles which are implemented through various approaches and methods to achieve this goal. Apart from that, they must also be able to integrate cultural and religious values in teaching, so that students can understand the relevance of history in everyday life. "As a teacher, I understand that success in instilling historical and cultural awareness and values in students is greatly influenced by several key factors. "These factors are usually influenced by relevant and interesting teaching methods, contextual use of media, and the teacher's ability to be a good role model." The role of the teacher is very important, especially in the learning context which aims to instill certain values in students.

Keywords: Instilling student awareness in Islamic cultural history lessons. Abstrak

Pendidikan Sejarah dan Kebudayaan Islam adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Gorontalo Cabang Kota Utara. Namun, banyak siswa yang kurang memahami pentingnya sejarah dan budaya Islam, dan cenderung menganggap pelajaran ini membosankan. Oleh karena itu, penting untuk mengembangkan metode pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa untuk meningkatkan minat dan pemahaman mereka terhadap sejarah dan budaya Islam. Jenis penelitian yang di gunakann yaitu kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah (sebagai lawannya eksperimen). Menanamkan kepedulian siswa terhadap mata pelajaran sejarah kebudayaan Islammmemerlukan peran aktif dan strategis dari guru. Di MI Muhammadiyah kota Utara, guru memiliki beberapa peran penting yang diimplementasikan melalui berbagai pendekatan dan metode untuk mencapai tujuan ini. Selain itu, mereka juga harus mampu mengintegrasikan nilai-nilai budaya dan agama dalam pengajaran, sehingga siswa dapat memahami relevansi sejarah dalam kehidupan sehari-hari. “sebagai seorang guru saya memahami bahwa keberhasilan dalam menanamkan kepedulian dan nilai-nilai sejarah serta budaya kepada siswa sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor kunci. Faktor tersebut biasanya dipengaruhi oleh metode pengajaran yang relevan dan menarik, penggunaan media yang kontekstual, serta kemampuan guru untuk menjadi teladan yang baik.” peran guru sangatlah penting, terutama dalam konteks pembelajaran yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai tertentu pada siswa.

 

Kata Kunci: Menanamkan kepedulian siswa pada pelajaran sejarah kebudayaan islam


Full Text:

PDF

References


Anderson, Robert. “Learning form the Past” Historical Studies Vol. 25, No. 3, (2021).

Amin, R., Fauzi, A. “Pengaruh penggunaan media gambar dan video dalam pembelajaran SKI terhadap rasa kepedulian siswa di MI kota padang” Pendidikan islam. Vol. 15, No. 2, (2021).

Bogdan dan Biklen, “Qualitative Research for Education” An Introduction to Theory and Methods (Boston: Allyn and Bacon Inc, 1998).

Datunsolang, Rinaldi, Firman Sidik, and Alfian Erwinsyah. "Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar." EDUCATOR: Directory of Elementary Education Journal 2.2 (2021).

Hamid, F., & Si, M. “Pendekatan fenomenologi”. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidika Islam, Vol. 6, (2009).

John Doe “The Important Role of Theacers in Cultivating Stundent’s Care” Doe, (2022)

Khoiruddin, M. “Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Jurnal Pendidikan Islam.” Vol. 9, No. 1, (2019).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. “Qualitative data analysis” Sage publications. . (2014).

Moleong, L. J. “Metode kualitatif”. Bandung: Remaja Rosdakarya. (2004).

Nurhayati, Siti. “Kontribusi Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Isalam dalam Membentuk Identitas Islami Siswa MI.” Pendidikan Agama Islam, vol. 10, no. 3, (2018).

Nurhayati, Siti. “Kontribusi Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Isalam dalam Membentuk Identitas Islami Siswa MI.” Pendidikan Agama Islam, vol. 10, no. 3, (2018).

Nurjannah Nurhayati, “implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah kebudayaan islam di MI,” FORAMADIAHI kajian pendidikan islam Vol. 11, No. 1, (2019)

Nuryanto, E. “Upaya Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Sejarah dan Budaya dengan Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan dan Bervariasi.” Pendidikan Sejarah, Vol. 5, No. 1, (2016)

N. Eisenberg et al., “Empathy-releted Responding.” Socian Issues and Policy Riview, Vol. 11. No. 1, (2017).

Reyvan Maulid. “teknik analisis data deskriptif kualitatif pada fenomenologi” https:///dqlab.id/teknik-analisis-data-deskriptif-kualitatif-pada-fenomenologi21desember2022.

Rahmatullah. “Kepedulian siswa terhadap sejarah dan budaya.” Pendidikan Budaya dan Sosiology. Vol. 3, No. 2, (2017).

Safrizal, A., & Mutalib, A. “Penerapan pendekatan kontekstual untuk meningkatkan minat belajar sejarah.” Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, Vol. 3, No. 1, (2019).

Swafford, “Theaching for Historical Perpective.” Social edition, Vol. 82, No. 4, (2018).

Smith, John. “Sejarah dan Budaya.” Sejarah Kontomporer. Vol. 42, No. 2, (2019).

Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998).

Trisno. “Peduli Sejarah dan Budaya .” Kajian Budaya, Vol. 5 No. 2, (2013).

Yayan, A. “Peningkatan pemahaman tentang sejarah dan perkembangan kebudayaan islam melalui mata pelajaran SKI” Pendidikan islam. Vol. 10, No. 2, (2022).




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v4i1.11932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah