ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V
Abstract
Penelitian ini membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 8 Limboto kabupaten Gorontalo. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 8 Limboto Kabupaten Gorontalo. Metode Penelitian ini menggunakan Jenis Penelitian Kualitatif Deskriptif. Dimana data yang dikumpulkan diperoleh melalui data primer dan sekunder, dengan teknik penggumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi dan wawancara serta dokumentasi secara mendalam terhadap informan. Teknik pengelolaan dan analisis data ini menggunakan reduksi data, display data atau penyajian serta mengambil kesimpulan. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi tehnik. Hasil Penelitian ini ialah faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 8 Limboto Kabupaten Gorontalo yaitu terdapat faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terbagi menjadi faktor fisiologi dan faktor psikologi yang meliputi perhatian, tanggapan, ingatan, minat serta motivasi. Selanjutnya faktor eksternal terbagi menjadi faktor sosial yang meliputi keluarga, guru serta teman sebaya dan faktor non-sosial meliputi ruangan kelas, fasilitas belajar serta media dan metode pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Kharis, Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Pembelajaran Picture And Picrure Berbasis IT Pada Tematik, Vol 7, No 3, 2019.
Ajat Rukajat, Pendekatan Penelitian Kualitatif, (Yogyakarta : CV Budi Utama), 2018.
Albi Anggito dan Johan Setiawan, Metodologi Penelitian Kualitatif, ( Sukabumi : CV Jejak) 2018.
Andi Setiawan, Belajar Dan Pembelajaran, (Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia) 2017
Anwa Hafid, Jafar Ahiri, Pendaik Haq, Konsep Dasar Ilmu Pendidikan (Bandung Alfabeta 2014)
Ardi Saputra, Faktor-faktor yang mempengaruhi Kelancaran Pembelajaran Penjasorkes Kelas V-VI Di SD Negeri Kembangjingtengan 2 Sleman, (Universitas Negeri Yogyakarta) 2015
Baharudin dan Esa Nurwahyuni, Teori Belajar Dan Pembelajaran, (Yogyakarta : Ar-Ruzz Media) 2015
Binti Muakhirin, Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Inkuiri Pada Siswa SD, No 01, 2014.
Dalyono, Psikologi Pendidikan, (Jakarta : Rineka Cipta) 2009.
Darmiah, Hakikat Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam, Vol 11, No 1, 2021.
Ahdar Djamaluddin, dan Wardana, Belajar dan Pembelajaran, Pare-pare, CV.Kaaffah Learning Center, Cet 1, 2019.
Depdiknas, Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003.
Endang Susilowati dkk, Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 SDN Taktakan 1, Vol 8, No 2, 2021.
Fahreza Ali Fahmi ddk, Pengaruh Layanan Informasi Dengan Media Film Terhadap Kewaspadaan Siswa Tentang Pelecehan Seksual Dikelas VIII-C SMP N 1 Matesih Tahun Pelajaran 2018/2019, Vol 5, No 2, 2019.
Fajri Hamzah, dkk, The Relationship Between The Influence Of People’s On Learning Disciplin, 8, No 3, 2020.
Harahap, A. (2019). Gender Typing (Pada Anak Usia Sekolah Dasar). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial & Keislaman, 4(1), 1. https://doi.org/10.31604/muaddib.v1i1.781
Harahap, A., & Harahap, M. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 97–107. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5626
Harahap, A., & Kahpi, M. L. (2021). Pendekatan Antropologis dalam Studi Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan , PENDAHULUAN Agama merupakan bentuk wahyu yang memeberikan petunjuk kepada umat manusia dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan manusia . Agama akan memberikan. 07(1), 49–60.
Harahap, A., & Wahyuni, H. (2021). Studi Islam Dalam Pendekatan Gender. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 05(1), 47–63. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JurnalGender/article/view/3733
Hema Hujemah, Pemberdayaan Wali kelas Untuk Meneingkatkan Partisipasi siswa Dalam Melaksanakan PJJ Ramadhan, Vol 3, No 2, 2020.
Hisbullah ddk, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Disekolah Dasar, (Makassar: Aksara Timur) Cet Pertama, 2018.
https://kbbi.web.id/faktor diakses 19 agustus 2023 pukul 22.41
https://kbbi.web.id, diakses 21, pukul 21.41.
Iboss Syafri, : Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Matematika Pada Siswa SMA Negeri 3 Medan T.P 2016/2017. Medan : Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Tahun 2017
Inna Dadina Coni Kusuma, dkk, Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar, dan Prestasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa, h 722.
Januar Abdilah Santoso, Fisiologi Manusia, h 1.
Labora Sitinjak & Apriyanus Umbu Kadu, Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Yang Dapat Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mahasiswa Semester IV Akper Husada Karya Jaya Tahun Akademik 2015/2016, Vol 2, No 2, 2016
Lisa Yuliana dkk, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di SMA Srijaya Negara Palembang, Vol 2, No 1, 2018.
Luk Luk Nur Mufida, Memahami Gaya Belajar Untuk Meningkatkan Potensi Anak, Vol 1, No 2, 2017.
Muhammadiyah, U., & Selatan, T. (2019). Al-Muaddib : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman PENDIDIKAN ANAK DALAM KELUARGA Asriana Harahap Mhd . Latip Kahpi Nasution. 4(2), 165–177.
Syarifuddin, & Harahap, A. (2021). Integrasi Struktur Dan Fungsi Bagian Tumbuhan. Dirasatul Ibtidaiyah, 1(1), 19–31.
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v5i1.13075
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah