VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI, SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR SISWA

Marzuki Marzuki Ahmad (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Indonesia)
Dwi Putria Nasution (SMA Negeri 2 Padangsidimpuan, Indonesia)
Toharuddin Harahap (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, Indonesia)

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to describe the validity of learning tools in fostering students' motivation, self-efficacy and mathematics learning outcomes through jigsaw cooperative learning. Learning tools consist of syllabus, lesson plans, student activity sheet, learning motivation questionnaire, self-efficacy questionnaire and learning outcomes tests which include pretest and posttest. This type of research is descriptive. The research instrument is a learning device validation sheet. The research subject is a learning device. The object of research is the level of validity of the learning device. The results showed that the validated learning tools obtained a validity index in the valid category where the syllabus was 0.78, lesson plan was 0.80, student activity sheet was 0.79, Learning Motivation Questionnaire was 0.85, Learning self-efficacy questionnaire was 0.84. , test (Pre-test) learning outcomes of 0.80, test (post-test) Learning Outcomes of 0.84, the total average value of learning devices is 0.81. Based on the results of the study, it was concluded that the Jigsaw type cooperative learning tool in fostering motivation, self-efficacy and student learning outcomes was valid.

 

Keywords: Validity, Cooperative tipe Jigsaw, Motivation, Self-efficacy, Learning Outcomes

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas perangkat pembelajaran dalam menumbuhkan motivasi, self-efficacy dan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Perangkat pembelajaran terdiri dari Silabus, RPP, LAS, Angket motivasi belajar, Angket Self-efficacy dan tes hasil belajar yang meliputi pretes dan postes. Jenis penelitian ini adalah deskriptif.  Instrumen penelitian adalah lembar validasi perangkat pembelajaran. Subjek penelitian adalah perangkat pembelajaran. Objek penelitian adalah tingkat validitas perangkat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang divalidasi memperoleh indeks validitas dalam kategori valid dimana Silabus sebesar 0,78, RPP sebesar 0,80, LAS sebesar 0,79, Angket Motivasi Belajar sebesar 0,85, angket self-efficacy Belajar sebesar 0,84, tes (Pretes) hasil belajar sebesar 0,80, tes (postes) Hasil Belajar sebesar 0,84, nilai rata-rata total dari perangkat pembelajaran sebesar 0,81. Berdasaikan hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelaajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam menumbuhkan motivasi, self-efficacy dan hasil belajar siswa adalah valid.

 

KataKunci: Validitas, Kooperatif tipe Jigsaw, Motivasi, Self-efficacy, Hasil Belajar

Full Text:

PDF Untitled Remote

References


REFERENSI Aiken, L. R. (1987). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012 Airtanto. (2018). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS dengan Metode Student Team Achievement Division (STAD). Cakrawala Jurnal Pendidikan, 12(1), 74–83. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v11i2.841 Azura, F., & Jatmiko, B. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Model Inkuiri Terbimbing pada Materi Teori Kinetik Gas. IPF : Inovasi Pendidikan Fisika, 09(01), 55–58. Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliablitas. Pustaka Pelajar. Bahrun, M. (2018). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar dengan Model Pembelajaran Jigsaw Materi Pokok Barisan dan Deret Bilangan Siswa Kelas IX. Cakrawala Jurnal Pendidikan, 12, 64–73. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v12i1.933 Gintings, A. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Humaniora. Handayani, F., & Nurwidawati, D. (2013). Hubungan Self Efficacy Dengan Prestasi Belajar Siswa Akselerasi. Vol 1, No 2 (2013) Character: Jurnal Penelitian Psikologi., 1(2), 1–5. Harahap, A. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains Melalui Metode Outdoor Study. Prosising Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 1(September), 34. Jailani, M., Rusdarti, & Sudarma, K. (2017). Pengaruh Kewirausahaan, Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Orang Tua dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Journal of Economic Education, 6(1), 52–59. https://doi.org/10.15294/JEEC.V6I1.14701 Kasih, B. S., Nyeneng, I. D. P., & Distrik, I. W. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dalam Pembelajaran IPA Fisika pada Siswa SMP Negeri 28 Bandar Lampung. JPF Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 7(2), 190–203. https://doi.org/10.24127/jpf.v7i2.1426 Kurnia, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Pekalongan. Prosiding Semiar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, 1–8. Mendikbud. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Naila, I., & Sadida, Q. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Scaffolding untuk Siswa Sekolah Dasar. Literasi Dalam Pendidikan Di Era Digital Untuk Generasi Milenial, 229–246. Pertiwi, N. G. (2015). Pengaruh Self Efficacy terhadap Hasil Belajar pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Daerah Binaan IV Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap. Universitas Negeri Semarang. Purnamasari, V., Sundari, S., & Suryandari, G. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Kognitif dan Harga Diri Mahasiswa Melalui Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Indonesian Journal of Nursing Practices, 1(1), 61–67. https://doi.org/10.18196/ijnp.1153 Rangkuti, A. N. (2019). Pendidikan Matematika Realistik Pendekatan Alternatif dalam Pembelajaran Matematika. Citapustaka Media. Revita, R. (2017). Validitas Perangkat Penemuan Terbimbing Pembelajaran Matematika Berbasis. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 15–26. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3425 Sobri, M., & Moerdiyanto. (2014). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p5-20 Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di MTs N 2 Ciamis. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (Teorema), 1(2), 39–44. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548 Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar. Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E- Learning Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 275–283. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609 Syaripah. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Pengelolaan Pembelajaran dan Aktivitas Siswa Kelas V MIS Guppi NO . 13 Tasik Malaya Curup Utara. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 65–87. https://doi.org/10.29240/jpd.v1i1.221 Tirmayasari, Jufri, A. W., & Harjono, A. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Bermuatan Karakter. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1419 Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Imlementasinya dala Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. Sabri & Dalimunthe, E.M. (2021) Penggunaan Metode Permainan Kartu Kata Bergambar dalam Peningkatan Minat Belajar Siswa. Dirasatul Ibtidaiyah. 1(1), 46-58. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i1.3719 Sobri, M., & Moerdiyanto. (2014). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.26740/jepk.v5n1.p5-20 Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-efficacy Siswa dalam Pembelajaran Matematika di MTs N 2 Ciamis. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (Teorema), 1(2), 39–44. https://doi.org/10.25157/teorema.v1i2.548 Suparni. (2021). Media Pembelajaran Matematika Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat di Tingkat SD/MI. Dirasatul Ibtidaiyah. 1(1), 124-135. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i1.3729 Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yokyakarta: Pustaka Pelajar. Suryani, L., Seto, S. B., & Bantas, M. G. D. (2020). Hubungan Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Berbasis E- Learning Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Flores. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 275–283. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2609 Syaripah. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw dalam Upaya Meningkatkan Pengelolaan Pembelajaran dan Aktivitas Siswa Kelas V MIS Guppi NO . 13 Tasik Malaya Curup Utara. Ar-Riayah : Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1), 65–87. https://doi.org/10.29240/jpd.v1i1.221 Tirmayasari, Jufri, A. W., & Harjono, A. (2019). Validitas Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Masalah Bermuatan Karakter. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 5(2), 221–226. https://doi.org/10.29303/jpft.v5i2.1419 Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Imlementasinya dala Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksaa.




DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v1i2.4658

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

 ALAMAT JURNAL:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733

e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id 

 P-ISSN: 2797-4588      E-ISSN: 2797-2410

Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index 

 

     


Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah