FAKTOR MENURUNNYA MINAT BERSEKOLAH DI SD NEGERI ANALISIS PRESEPSI ORANG TUA MEMASUKAN ANAKNYA DI SDIT DIBANDINGKAN SD NEGERI
Abstract
Permasalahan ini dilatar belakangi oleh menurunnya minat orang tua untuk menyekolahkan anaknya ke SD Negeri dibanding SDIT. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab rendahnya minat orang tua menyekolahkan anaknya ke SD Negeri dibandingkan menyekolahkan ankanya ke SDIT. Metode dari penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah studi khasus, subjek penelitian yang digunakan adalah orang tua siswa yang diwawancarai sebanyak 2 informan yang dipilih secara purposive sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan alat bantu handphone, lembar observasi dan lembar pertanyaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga Teknik yaitu wawancara,observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti, menggunakan Teknik miles and Huberman yang dimulai dengan (1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) Display data dan (4) pengambil kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan Teknik trigulasi sumber dan Teknik. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti yaitu faktor menurunya minat orang tua menyekolahkan anaknya ke SD Negeri yaitu kurangnya mata pelajaran agama di SDNegeri, kedesiplinan yang kurang, mutu Pendidikan, Sarana dan prasarana tidak mencukupi serta tenaga Pendidikan agama yang sangat minim.
Full Text:
PDFReferences
Anastasha, D. A., Movitaria, M. A., & Safrizal. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(4), 2626–2634.
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48.
Daga, A. T. (2021). Implementation of Character Education During the Covid-19 Pandemic in Elementary School. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4), 836. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v10i4.8448
Fitrah, A. (2011). MADRASAH TSANAWIYAH SALUBANGA DI DESA.
Harahap, A., & Harahap, M. F. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kegiatan Ekonomi Di Sekolah Dasar. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 97–107. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5626
Harahap, A., & Kahpi, M. L. (2021). Pendekatan Antropologis dalam Studi Islam Institut Agama Islam Negeri Padangsidimpuan , PENDAHULUAN Agama merupakan bentuk wahyu yang memeberikan petunjuk kepada umat manusia dalam menyelesaikan berbagai persoalan kehidupan manusia . Agama akan memberikan. 07(1), 49–60.
Harahap, A., & Wahyuni, H. (2021). Studi Islam Dalam Pendekatan Gender. Jurnal Kajian Gender Dan Anak, 05(1), 47–63. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JurnalGender/article/view/3733
Hayaturraiyan, H., & Harahap, A. (2022). Strategi Pembelajaran Di Pendidikan Dasar Kewarganagaraan Melalui Metode Active Learning Tipe Quiz Team. Dirasatul Ibtidaiyah, 2(1), 108–122. https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v2i1.5637
Ii, B. A. B., & Teori, A. K. (n.d.). 2 1 15. 15–103.
Iv, B. A. B., & Deskriptif, A. A. (2013). Digilib.Uinsby.Ac.Id Digilib.Uinsby.Ac.Id Digilib.Uinsby.Ac.Id Digilib.Uinsby.Ac.Id Digilib.Uinsby.Ac.Id Digilib.Uinsby.Ac.Id Digilib.Uinsby.Ac.Id. 53–71.
Lareasa, B. A. (2020). Motivasi orang tua memilih sekolah di sd islam darul falah kecamatan tambak kabupaten banyumas. 1–133.
Maha, F. A. (2018). “Pentingnya Memahami Perkembangan Peserta Didik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sd It Ummi Darussalam Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018.”
Maryono. (2017). Atmosfer Sekolah Dasar dan Implikasinya Bagi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(1), 103–113.
Parmitasari, R. D. A., Alwi, Z., & S., S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Spritual dan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri di Kota Makassar. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 5(2), 147. https://doi.org/10.24252/minds.v5i2.5699
Pendidikan, F. I., Pahlawan, U., Tambusai, T., & Aljabar, S. (2017). 5-Article Text-7-1-10-20180806. 1(1), 17–23.
Sabdah. (2021). Persepsi Orang Tua Terhadap Lembaga …………. Shautut Tarbiyah, 27(November), 211–235.
Salafudin. (1982). Sekolah dasar islam (SDIT) berkarakter ‘ full day school ’ dan madrasah ibtidaiyah (MI) di mata masyarakat. Al-Bidayah, Mi, 1–10.
Studi, P., Guru, P., Ibtidaiyah, M., Tarbiyah, J., Tarbiyah, F., & Tadris, D. A. N. (2021). Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Di Sekolah Dasar Islam Terpadu ( Sdit ) Iqra ’ 2 Kota Bengkulu.
Widyanto, E. (2014). Penerapan Kurikulum Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu Mutiara Insani Gatak Delanggu Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Anak Tahun Pelajaran 2012-2013. 13.
DOI: https://doi.org/10.24952/ibtidaiyah.v3i1.6912
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
ALAMAT JURNAL:
Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Jln. T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan 22733
e-mail: dirasatulibtidaiyah@uinsyahada.ac.id
P-ISSN: 2797-4588 E-ISSN: 2797-2410
Web journal: http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/IBTIDAIYAH/index
Statistic Of Dirasatul Ibtidaiyah