Bimbingan Karir Bagi Anak Berkebutuhan Khusus: Kajian Fenomenologis di SLBN 1 Mataram

Hamzan Wadi (STID Mustafa Ibrahim Al-Ishlahuddiny Kediri Lombok Barat, Indonesia)
Nurintan Muliani Harahap (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Wanda Syariah Harahap (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Setiap orang tua menginginkan hadirnya seorang anak yang sempurna tanpa kekurangan sedikitpun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana SLBN 1 Matara berkontribusi dalam memberikan bimbingan karir bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) 1 Mataram tahun 2024. Subjek penelitian sebanyak 10 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan yang digunakan dalam proses bimbingan karir bagi anak berkebutuhan khusus di SLBN 1 Mataram adalah individual, metode yang digunakan adalah metode demonstrasi dan dilakukan secara instruktif.


Keywords


Career Guidance, Students with Special Needs, and Phenomenological Study

Full Text:

PDF

References


Asmani, JMM (2015). Sudahkah Anda Menjadi Guru Berkarisma?: Berbagai Kiat Efektif Membangun Karisma Guru. Pers Diva.

Pandangan remaja dan orang tua terhadap Pelayanan Kesehatan Mental Anak dan Remaja (CAMHS) di Indonesia. Jurnal keperawatan jiwa dan kesehatan mental, 22(8).

Argyropoulou, K., & Kaliris, A. (2018). Dari pengambilan keputusan karier hingga manajemen keputusan karier: Tren dan prospek baru untuk konseling karier. Jurnal Penelitian Kemajuan dalam Ilmu Sosial, 5(10).

Alexander, R. M., &Reynolds, M. R. (2020). Kecerdasan dan perilaku adaptif: meta-analisis. School Psychology Review, 49(2).

Bening, TP, & Putro, KZ (2022). Upaya memberikan layanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus di paud non-inklusi. Jurnal Basicedu, 6(5).

Brown, DA, Lewis, CN, Lamb, ME, & Stephens, E. (2012). Pengaruh keterlambatan dan tingkat keparahan disabilitas intelektual terhadap memori peristiwa pada anak. Jurnal Konsultasi dan Psikologi Klinis, 80(5).

Coyne, I., McNamara, N., Healy, M., Gower, C., Sarkar, M., dan McNicholas, F. (2015).

Dewi, R., & Ulfah, SF (2022). Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Orangtua dalam Membimbing Menyikat Gigi dengan tingginya angka Karies pada anak Tunagrahita. Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi, 3(1).

Ebneyamini, S., & Sadeghi Moghadam, M. R. (2018). Menuju pengembangan kerangka kerja untuk melakukan penelitian studi kasus. Jurnal internasional metode kualitatif, 17(1).

Fakhiratunnisa, S.A., Pitaloka, A.A.P., & Ningrum, T.K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2 (1).

Gilbert, P. (2014). Asal usul dan hakikat terapi berfokus pada kasih sayang. Jurnal psikologi klinis Inggris, 53(1).

Kistoro, H. C. A., Setiawan, C., Latipah, E., & Putranta, H. (2021). Pengalaman Guru dalam Pendidikan Karakter untuk Anak Autis. Jurnal Internasional Evaluasi dan Penelitian dalam Pendidikan, 10(1).

Lundqvist, J., Allodi Westling, M., & Siljehag, E. (2016). Karakteristik prasekolah di Swedia yang menyediakan pendidikan dan perawatan bagi anak-anak dengan kebutuhan pendidikan khusus. Jurnal Eropa Pendidikan Kebutuhan Khusus, 31(1).

Luria, A. R. (Ed.). (2014). Anak yang mengalami keterbelakangan mental: Esai berdasarkan studi tentang kekhasan fungsi saraf tingkat tinggi pada anak-anak oligofrenik. Elsevier.

Mercer, J. R. (2022). Pelabelan pada orang yang mengalami keterbelakangan mental: Perspektif klinis dan sistem sosial terhadap keterbelakangan mental. Presiden Univ. California.

Murrell, P. (2013). Imersi Afrosentris: Pengembangan akademis dan pribadi pria Afrika-Amerika di sekolah negeri. Dalam bajak kebebasan.

Noviandari, H., & Huda, TF (2018). Peran sekolah dalam pendidikan anak berkebutuhan khusus di SDLB PGRI Bangorejo Banyuwangi. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 5(1).

Rezieka, D.G., Putro, K.Z., & Fitri, M. (2021). Faktor Penyebab Anak Berkebutuhan Khusus Dan Klasifikasi Abk. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2).

Syafarana, I.A.N., & Chairani, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus pada Masa Pandemi Covid–19 di Sekolah Inklusif SDN 12 Gedong. Jurnal Ortopedagogia, 6 (2).

Sewell, WH, Haller, AO, & Portes, A. (2018). Proses pendidikan dan pencapaian pekerjaan awal. Dalam The Inequality Reader.

Tholen, G. (2015). Apa yang dapat penelitian tentang kemampuan kerja lulusan dapat memberi tahu kita tentang agensi dan struktur?. British Journal of Sociology of Education, 36(5).

Pahlevi, R., Utomo, P., & Septian, MR (2022). Orang Tua, Anak dan Pola Asuh: Studi Kasus tentang Pola layanan dan Bimbingan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Hawa: Studi Pengarus Utamaan Gender dan Anak, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v6i1.12171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats