Urgensi Layanan Bimbingan Konseling Islam Pada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Mencegah Pelecehan Seksual

Saiful Salim Marbun (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Fithri Choirunnisa Siregar (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Siti Wahyuni Siregar (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pustaka untuk mengumpulkan data dari sumber-sumber literatur yang relevan dengan topik penelitian. Langkah pertama dalam pendekatan ini adalah menemukan kata kunci yang sesuai dengan topik penelitian, kemudian kata kunci tersebut digunakan untuk mencari literatur terkait. Penelitian ini membahas urgensi bimbingan dan konseling Islam untuk anak-anak usia sekolah dasar dalam mencegah seksual menjelaskan. Kekerasan seksual sering terjadi di masyarakat, terutama di kalangan siswa sekolah dasar. Fenomena ini sangat memprihatinkan karena berdampak pada masa depan mereka. Aktivitas orang tua yang sangat padat seringkali membuat mereka mengabaikan hal-hal penting yang merupakan kebutuhan vital bagi anak-anak mereka. Kekerasan seksual adalah fenomena yang sulit dihindari. Paparan tanpa bimbingan, interaksi sosial yang sangat mengganggu merupakan faktor lainnya. Pemahaman orang tua mengenai pemberian pendidikan seksual masih dapat dikatakan minim, karena masyarakat masih memikirkan tabu. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan urgensi layanan bimbingan seksual dan konseling Islam bagi anak-anak usia sekolah dasar dalam mencegah pemahaman.

Keywords


Bimbingan Konseling Islam, Anak Usia Sekolah Dasar, Minat Belajar, Mencegah Pelecehan Seksual.

Full Text:

PDF

References


ABKIN. 2008. Penataan Pendidikan Profesional Konselor dan Layanan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal . Jakarta: Depdiknas.

Adiyanto, Wiwid. 2020. Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Ruang Diskusi Upaya Pencegahan Pelecehan Seksual di Lingkungan Akademis . Yogyakarta: Universitas Amikom.

Aprillita, Sabrina. 2012. Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Pelecehan Seksual pada Remaja . Surabaya: Universitas Airlangga.

Andriani, A. 2019. Isu Seksual dan Pencegahannya melalui Pendidikan Seks di Sekolah Dasar . Penerbitan Akademik LAP LAMBERT.

Choirunnisa', Komarudin. 2018. Religiusitas di Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia Kota Semarang dan Upaya Dakwahnya dengan Bimbingan dan Konseling Islam. Semarang: Jurnal Ilmu Dakwah Vol. 38.

Dewiani, K., Purnama, Y., & Yusanti, L. 2020. Pendidikan Seks Dini Dan Kesehatan Reproduksi Anak Untuk Siswa Sekolah Dasar. Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan Dan Penerapan IPTEKS, 17(2), https://doi.org/10.33369/dr.v17i2.10061

Elfi Mu'awanah, Rija Hidayah, 2012, Bimbingan Konseling Islami di Sekolah Dasar , (Jakarta: Bumi Aksara)

Gainau, Maryam. B. 2009. Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Siswa dalam Perspektif Budaya dan Implikasinya bagi Konseling. Papua : STAKPN.

Hikmawati, Fenti, 2015, Bimbingan dan Konseling Perspektif Islam , (Jakarta: Raja Grafindo Persada).

Kasmini, L. 2016. Desain Pembelajaran Pendidikan Seks Bernuansa Islami Untuk Anak Usia Dini (edisi ke-1). Penerbitan Bandar.

Khairuddin, 2022, Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Konseling Islam . Jurnal Ilmu Pendidikan Islam. Jilid 18. No 1.

Kholili, na'rifatin Indah, dkk, 2019, Program Urgensi Serta Kurikulum Bimbingan dan Konseling , (Surakarta: Universitas Sebelas Maret).

Naura, Nada. 2022. Isu Pelecehan Seksual Menjadi Perhatian Utama Generasi Muda 2022. Jakarta: GoodStats. Diakses 22 November 2022 dari https://bahanamahasiswa.co/diskusi-edukasi-Tingkatkan-wawasankekerasan-seksual-di-kampus/.

Nurjanah. 2018. Kekerasan Pada Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Ciamis: Institut Agama Islam Darussalam.

Pusiknas Polri, 2022, Kekerasan seksual mendominasi kasus kejahatan pada anak https://pusiknas.polri.go.id/detail_artikel/kekerasan_seksual_mendominasi_kasus_kejahatan_pada_anak . Diakses pada Rabu, 22 Juni 2022.

Rusydi, Bina Hayati, dkk. 2019. Pengalaman dan Pengetahuan tentang Pelecehan Seksual: Studi Awal di Kalangan Mahasiswa Perguruan Tinggi . Jurnal Bagikan Pekerjaan Sosial 9.

Samsul Munir, 2013, Bimbingan dan Konseling Islam , (Jakarta: Hamzah).

Tohirin, 2013, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan di Madrasah , (Jakarta: Rajawali Pers).

Triwijati, Endah NK 2007. Pelecehan Seksual: Tinjauan Psikologis . Jurnal Masyarakat, Kebudayaan, dan Politik.

Tsaniya, CAR, Rochaeti, N., & Pujiyono. 2019. Perlindungan Hukum Bagi Anak Dibawah Umur Korban Tindak Pelecehan Seksual (Studi Kasus Di Jakarta International School). Jurnal Hukum Diponegoro.

Umriana, Anila. dkk. 2016. Bimbingan Konseling bagi Perempuan Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga di LRC-KJHAM Semarang . Semarang: Jurnal Sawwa Vol. 11, No.2.

Wahab, Solichun Abdul. 2013. Dakwah Islam dan Perubahan Sosial . Yogyakarta: Prima Duta.

Wahid, Abdul dan Muhammad Irfan. 2001. Perlindungan Terhadap Korban Kekerasan Seksual . Bandung: Refika Aditama.

Yunthika. 2022. Diskusi Edukasi Meningkatkan Wawasan Kekerasan Seksual di Kampus. Pekanbaru: Bahana Mahasiswa. Diakses 31 Oktober 2022 dari https:goodstats.id/article/isu-pelecehan-seksual-menjadi-perhatian-utamagenerasi-muda-2022-liVLT.

Zuwirda, dk, 2024. Urgensi Pelayanan Bimbingan dan Konseling Islam Dalam Mengkomunikasikan Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar . Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah. Gil. 18. No.2.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v6i1.12476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats