Peran Komprehensif Bimbingan Konseling dalam Menangani Dampak Tekanan Akademik terhadap Kesehatan Mental

Singgih Panita Budiman (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia)

Abstract


Tekanan akademik sering dialami oleh siswa di berbagai tingkatan pendidikan dan dapat berdampak negatif pada kesehatan mental mereka jika tidak dikelola dengan baik. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran penting bimbingan konseling dalam menangani dampak tekanan akademik terhadap kesehatan mental siswa. Metode penelitian yang digunakan dalah penelitian kualitatif, yang mengacu pada pendekatan mendalam dan teliti terhadap kejadian di lapangan. Kesehatan mental memegang peranan penting dalam kehidupan manusia, dan stres peserta didik dapat dipicu oleh pola asuh orang tua yang memanjakan anak, sehingga menghambat kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah secara mandiri. Solusi untuk mengatasi hal ini melibatkan konseling individual untuk mengelola kecemasan dan memberikan bimbingan belajar. Diperlukan juga konseling bagi orang tua agar mereka dapat membantu anak agar dapat belajar lebih mandiri.

Keywords


Bimbingan Konseling, Kesehatan Mental, Komprehensif, Tekanan Akademis.

Full Text:

PDF

References


Alwina, S. (2023). Peran Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS Dan Bahasa Inggris, 5(1), 18–25.

Bhakti, C. P., & Safitri, N. E. (2017). Peran Bimbingan Dan Konseling Untuk Menghadapi Generasi Z Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling Perkembangan. Konseling GUSJIGANG, 3(1), 10. jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/download/1602/1072

Chusni, M. M., Saputro, S., Surant, S., & Rahardjo, S. B. (2022). Enhancing Critical Thinking Skills of Junior High School Students through Discovery-Based Multiple Representations Learning Model. International Journal of Instruction, 15(1), 927–945. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15153a

Chusni, M. M., Saputro, S., Suranto, & Rahardjo, S. B. (2020). Review of critical thinking skill in Indonesia: Preparation of the 21st century learner. Journal of Critical Reviews, 7(9), 1230–1235. https://doi.org/10.31838/jcr.07.09.223

Deno, M. E., Kaleka, M. B. U., & Harso, A. (2020). Aktivitas Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Flores Pada Masa Pandemik Corona Virus Disease 19. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 110–116. https://doi.org/10.37478/optika.v4i2.702

Diana Vidya Fakhriyani. (2021). Buku Kesehatan Mental. In Duta Media Publishing. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=definisi+mental&oq=#d=gs_qabs&t=1702541245985&u=%23p%3DhYNKXmt8sGEJ

Enny, A. (2019). Peranan Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengendalikan Emosi Dan Etika Komunikasi Siswa Smp Swasta Silinda. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Terpadu (Jppt), 1(2), 93–105. https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JPPT/article/view/361

Gunawan, R. (2018). Peran Tata Kelola Layanan Bimbingan Dan Konseling Bagi Siswa Di Sekolah. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.33541/sel.v1i1.766

Gysbers, N. C., & Haderson, Pa. (1988). Developing and Managing Your School Guidance Program. https://eric.ed.gov/?id=ED323468

Hanurawan, F. (2012). Strategi Pengembangan Kesehatan Mental Di Lingkungan Sekolah. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1). https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v1i1.2572

Hasanah, U., Lisanul Mardhiyyah, W., Imani, A. R., Priyansyah, R., & Sugilar, H. (2024). Urgensi Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SDN 1 Cihampelas. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 44–55. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

Hayati, L. M. (2022). Paradigma Guru Bimbingan Konseling Pada Kurikulum Merdeka Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 158. https://doi.org/10.29210/021880jpgi0005

Jatisari, S. D. N., Teratai, T. K., & Al-fitrah, P. (n.d.). Peningkatan Minat Belajar Melalui Pengajaran Inovatif di.

Kamaluddin, H. (2011). Bimbingan dan Konseling Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(4), 447–454. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.40

Kkn, P., Moderasi, S., Uin, B., & Gunung, S. (n.d.). Strategi pemberdayaan Bahasa Indonesia di Wilayah Pedesaan Sunda Melalui Program Kelas Bahasa.

Kognisi, P. K., Risiko, P., Jenis, D. A. N., Bidori, F., Puspitowati, L. I. dan I., Wijaya, I. G. B., Alifah, U., Artikel, I., Paedagoria, S. N., Anwar, I., Jamal, M. T., Saleem, I., Thoudam, P., Hassan, A., Anwar, I., Saleem, I., Islam, K. M. B., Hussain, S. A., Witcher, B. J., … alma. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Lukito, A., & Nur’aeni. (2018). Stres Dan Strategi Coping Pada Peserta Didik Kelas X Program Studi Ips Yang Menggunakan Kurikulum 2013. Psycho Idea, 16(2), 99–109.

Malik, A., Dirgantara, Y., Mulhayatiah, D., & Agustina, R. D. (2020). Analisis Hakikat , Peran , dan Implikasi Kegiatan Laboratorium. Conference of Workshop UIN Sunan Gunung Djati, October, 1–12.

Mega, N., Saputra, A., & Muharammah, N. W. (2020). Peran Layanan Bimbingan dan Konseling Sebagai Internalisasi Kemampuan Adaptasi Peserta Didik pada Era New Normal. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 0(0), 75–79. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/83

Miladanta, A. N., & Muharam, A. A. S. (2021). Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Berbasis Quizizz dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs Darul Fikri Materi Gerak. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 27(I), 25–37.

Minan, C. M. (2016). Penerapan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal PENDIDIKAN FISIKA, 2(2442–4838), 1–13.

Mtsn, X. I., & Barat, B. (n.d.). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar IPA Melalui Penerapan LKPD Berbasis Discovery Learning pada.

Samiaji Sarosa. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif.

Saputro, B. D., Awik, H., & Maulana, A. M. (2020). Peran Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Terhadap SIkap Sopan Santun. Jurnal Advice, 2(2), 132–145.

Stocks, N. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Sumendap, R. F., & Tumuju, T. (2023). Pastoral Konseling Bagi Kesehatan Mental “Studi Kasus Pastoral Konseling Preventif Pada Fenomena Bunuh Diri.” POIMEN: Jurnal Pastoral Konseling, 4(1), 96–112.

Supriyanto, A. (2016). Kolaborasi konselor, guru, dan orang tua untuk mengembangkan kompetensi anak usia dini melalui bimbingan komprehensif. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 04(1), 42–49.

Supriyanto, A., Hartini, S., Syamsudin, S., & Sutoyo, A. (2019). Indicators of professional competencies in research of Guidance and Counseling Teachers. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(1), 53. https://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1.3927

Syahrul, M., & Muhtadi, M. A. (2023). Analisis Bibliometrik Layanan Konseling Remaja : Tren , Topik , dan Kerangka Kerja Intervensi dalam Literatur Akademis. Jurnal Psikologi Dan Konseling West Science, 1(04), 189–202.

Yuhanas, U. S., & Subroto, D. E. (2024). Kesehatan Mental dan Kesejahteraan pada Remaja Sekolah Menengah Atas di Indonesia (Tinjauan Literature). Journal of …. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr/article/view/314%0Ahttps://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr/article/download/314/277

Zahara, S. L., Azkia, Z. U., & Chusni, M. M. (2023). Implementasi Teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Penelitian Sains Dan Pendidikan (JPSP), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.23971/jpsp.v3i1.4022




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v6i1.12544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats