Implementasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mendukung Perkembangan Sosial Emosional Siswa Berkebutuhan Khusus di SKH SMANTHA

M. Robbi Alwaladi, Yahdinil Firda Nadirah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam implementasi peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam mendukung perkembangan sosial-emosional siswa berkebutuhan khusus di Sekolah Khusus (SKH) SAMANTHA. Siswa berkebutuhan khusus memiliki karakteristik yang sangat beragam, sehingga memerlukan layanan konseling yang tidak hanya terstruktur, tetapi juga fleksibel dan empatik sesuai kebutuhan individual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi seperti buku kejadian harian siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru BK berperan sebagai konselor, fasilitator, mediator, serta advokat yang mendampingi siswa dalam berbagai situasi sosial-emosional sehari-hari. Guru memberikan layanan konseling individual, bimbingan perilaku, serta pendampingan emosional yang dilakukan secara spontan berdasarkan kondisi yang muncul di kelas. Selain itu, guru BK juga berperan penting dalam menjembatani komunikasi antara sekolah dan orang tua melalui pencatatan rutin perkembangan siswa. Meskipun menghadapi keterbatasan sumber daya, guru BK tetap menunjukkan kreativitas dalam mengembangkan pendekatan yang adaptif. Secara keseluruhan, peran guru BK di SKH SAMANTHA terbukti berkontribusi signifikan dalam meningkatkan kemampuan sosial, regulasi emosi, dan kemandirian siswa berkebutuhan khusus, meskipun dukungan kelembagaan yang lebih optimal masih sangat diperlukan.

Keywords


Bimbingan dan Konseling, Sekolah Khusus, Siswa Berkebutuhan Khusus, Sosial- Emosional

Full Text:

PDF

References


Corey, G. (2013). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Rajawali Pers.

Firda Nadhirah, Y., & Ramadhan, F. N. (2024). Analisis Karakteristik dan Penanganan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Khusus Harapan Negeri 01 Kota Serang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(04), 331-337. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i04.5265

Hidayat, A. (2016). Strategi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyono, A. (2019). Manajemen Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Prenadamedia Group.

Musfiroh, T. (2017). Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sunardi, Dkk. (2011). Panduan Umum Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PK-LK), Kementerian Pendidikan Nasional.

Syaodih, E. (2014). Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v7i2.18111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





View My Stats