Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kenakalan Siswa
Abstract
Pendidikan berperan penting dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara, karena pendidikan merupakan wahana meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Pada prinsipnya setiap manusia berkeinginan untuk belajar, tanpa mengenal usia dan tempat, karena pendidikan tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Secara implisit manusia dianjurkan agar selalu belajar, bahkan sampai akhir hayatnya (long life education). Sekolah merupakan sarana pendidikan formal agar manusia bisa mengembangkan potensi dirinya dengan bantuan guru yang akan mengarahkannya. Peran guru BK dan usaha-usaha penanganan kenakalan siswa di sekolah. Peran yang dimaksudkan di sini adalah suatu bagian yang memegang pimpinan terhadap terjadinya suatu peristiwa. Artikel ini merupakan penelitian merupakan jenis penelitian literature (pustaka) yang terfokus pada proses peran guru bimbingan dan konsenseling membantu kenakalan siswa dengan mengumpulkan data-data dari buku, artikel dan jurnal. Temuan yang di dapatkan guru BK adalah orang yang terdepan menagani kenakalan siswa dan tidak terlepas dengan stakeholder di dalam sekolah dan luar sekolah.
Full Text:
PDFReferences
Abdul Choliq Dahlan, Bimbingan dan Konseling Islam, sejarah konsep dan pendekatan, Yogyakarta: Pura Pustaka, 2009
Adz-dzaky, Konseling dan Psikoterapi Islam Yogyakarta: Al-Manar, 2001
Ainur Rahim Faqih, Bimbingan dan Konseling dalam Isalam, Yogyakarta: UII Pres
Amir Daien Indrakusuma, Pengantar Ilmu Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1973
Andrianto Jurnal PAI Raden Fatah Vol.1 No.1 Faktor Penyebab Kenakalan Remaja di Lebak Mulyo Kecamatan Kemuning Kota Palembang, Januari 2019
Depag RI, Al- Qur’an dan Terjemahannya, Semarang: Asy- Syifa’, 1998
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua, Jakarta: Balai Pustaka, 1999
E. Mulyasa, Menjadi Guru Perofesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005
Edy Suhardono, Teori dan Peran Konsep. Derivasi dan Implikasinnya, Jakarta: Gramedia Pustaka, 1994
Geradl Corey, Teori dan Praktek Konseling & Psikoterpi Jakarta: Refika Aditam, 2009
Hibana S. Rahman, Bimbinagan dan Konseling Pola 17, Yogyakarta: UCY Press, 2003
I. Djumhur Dan Moh. Surya, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Bandung: Ilmu, 1975
Latipun, Psikologi Konseling, Malang: UMM, 2006
Oemar Hamalik, Psikologi Belajar dan Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009
Sarlito Wirawan, Psikologi Remaja, (Jakarta: RajaGrafindo Perkasa1994), hlm. 209-210.
Simanjuntak, Latar Belakang Kenakalan Remaja, Bandun: Pen. Alumni, 1984
Sofyan Willis, Pembinaan Remaja,
Surjono Sukanto, Remaja dan Masalah-Masalahnya, Jakarta: Gunung Mulia, 1980
Syamsuddin, Bimbingan Konseling Kelompok, Jakarta: Kartika. 1980
Thantawy R, Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Grasindo, 2005
W.S. Winkel, Bimbingan di Sekolah Menengah, (Jakarta: Grasindo. 1991
Zakiah Darajat, Kesehatan Mental, Jakarta: Gunung Agung,1982
DOI: https://doi.org/10.24952/bki.v2i1.2729
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats