PENGARUH PERSEPSI DAN PENGETAHUAN MASYARAKAT TERHADAP MINAT MENJADI NASABAH BANK SYARIAH

Arief Suryadi (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, Indonesia)
Hotmavica Natalia (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, Indonesia)
Siti Saritah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, Indonesia)
Uun Sunarsih (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, Indonesia)

Abstract


Artikel ini membahas pengaruh persepsi dan pengetahuan masyarakat terhadap minat menjadi nasabah bank syariah di Indonesia. Meskipun industri perbankan syariah telah berkembang pesat, pangsa pasarnya masih kecil dibandingkan bank konvensional. Persepsi masyarakat yang keliru dan kurangnya pemahaman tentang mekanisme operasional bank syariah menjadi hambatan dalam menarik minat nasabah. Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat religiusitas dan pemahaman tentang konsep dasar bank syariah, seperti bagi hasil dan akad syariah, berperan penting dalam membentuk sikap masyarakat. Dengan pendekatan survei, penelitian ini mengidentifikasi hubungan antara persepsi, pengetahuan, dan minat masyarakat. Hasil analisis menunjukkan bahwa persepsi positif dan pengetahuan yang baik tentang bank syariah dapat meningkatkan minat masyarakat untuk menjadi nasabah. Oleh karena itu, penting bagi bank syariah untuk merancang strategi pemasaran dan edukasi yang efektif guna meningkatkan inklusi keuangan syariah di Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Agustin, H. (2021). Teori Bank Syariah. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 2(1). https://doi.org/10.46367/jps.v2i1.279

Ahdiani Hayati, L., & Siti Ropiah, E. (2023). Analisis Keputusan Masyarakat Menabung di Bank Syariah dan Bank Konvensional. Jurnal Locus Penelitian Dan Pengabdian, 2(2), 108–118. https://doi.org/10.58344/locus.v2i2.863

Asri Sundari, Solihin, D., Saepul Ma’mun, & Venny Setyowardani. (2023). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Desa Cimareme terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Riset Ekonomi Syariah. https://doi.org/10.29313/jres.v3i2.1659

Astuti, I. R. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Menabung di Bank Syariah Surakarta. Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(3). https://doi.org/10.35899/biej.v2i3.151

Batubara, D., & Hardana, A. (2024). Efektifitas Wisata dalam Pertumbuhan Ekonomi di Tapanuli Selatan. El-Kahfi| Journal of Islamic Economics, 5(01), 52-60. https://doi.org/10.58958/elkahfi.v5i01.216

Darmisah, P., & Saiin, S. (2021). Pengaruh Religiositas terhadap Minat Mahasiswa Menabung di Bank Syariah. AL-Muqayyad, 4(1), 25–35. https://doi.org/10.46963/jam.v4i1.339

Effendi, R., Tinggi, S., Islam, A., Bagansiapisiapi, A.-R., Sari, H., & Fitri, D. (2023). Pengaruh Strategi Terhadap Minat Menabung Nasabah Di Bank Syariah. Journal of Sharia and Law, 2(1), 264–276.

Fajar Sodik, M. Akrom Hidayat, Rikhadatun Abir Al Farda, & Raida Nadia Syahita. (2022). Analisis Pengaruh Pengetahuan Produk dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Syariah, 4(2). https://doi.org/10.24239/jipsya.v4i2.132.123-143

Farwitawati, R. (2019). Persepsi Masyarakat Pekanbaru Tentang Perbankan Syariah Dan Penyebab Masyarakat Tidak Memilih Bank Syariah. Jurnal Daya Saing, 5.

Firdaus, D. F., & Alawiyah, T. (2021). Analisis Pengetahuan Masyarakat tentang Perbankan Syariah. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 654. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.2161

Hasibuan, F. U., & Wahyuni, R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Masyarakat Dan Minat Penerapan Nilai Islam Terhadap Keputusan Menggunakan Tabungan Perbankan Syariah (Studi Kasus Masyarakat Kota Langsa). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(1). https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.790

Hasibuan, A. N., & Hardana, A. (2024). Determinants Of Murabaha Margin Income Of Islamic Commercial Banks In Indonesia. JPS (Jurnal Perbankan Syariah), 5(1), 107-121. https://doi.org/10.46367/jps.v5i1.1773

Hasibuan, A. N., Azim, N. M., Hardana, A., & Nasution, A. A. (2024). GENDER And Financial Rewards: Accounting Students'interest In A Career As A Public Accountant. Finansia: Jurnal Akuntansi dan Perbankan Syariah, 7, 57-66. https://doi.org/10.32332/finansia.v7i1.8044

Hardana, A., Hararap, N. K., Nasution, J., & Damisa, A. (2024). Business Resilience Amidst The Covid-19 Pandemic. Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 12(1). https://doi.org/10.46899/jeps.v12i1.629

Jamil, S. H., Yuliyana, E., Yuliyana, E., & Sulistyawati. (2022a). Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariah. Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics, 5(2), 155–171. https://doi.org/10.58518/al-musthofa.v5i2.1160

Jamil, S. H., Yuliyana, E., Yuliyana, E., & Sulistyawati. (2022b). Persepsi Masyarakat Terhadap Bank Syariah. Al-Musthofa: Journal of Sharia Economics, 5(2), 155–171. https://doi.org/10.58518/al-musthofa.v5i2.1160

Lubis, A., Hardana, A., & Isa, M. (2025). Kesejahteraan Masyarakat Akibat Aktivitas Ekonomi Terhadap Di Kawasan Kalangan Kabupaten Tapanuli Tengah. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(2).

Majelis Ulama Indonesia. (2004). Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 1 Tahun 2004 Tentang Bunga (Interest/Fa’idah).

Mulki, A. M. (2021). Pengaruh Persepsi, Sikap Dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Aceh Syariah Di Kecamatan Kota Kualasimpang. El-Amwal, 4(1). https://doi.org/10.29103/el-amwal.v4i1.3986

Putri Setyorini, A., Anggadha Ratno, F., & Salatiga, I. (2020). Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Pengaruh Promotional Mix Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah. In JSMB (Vol. 7, Issue 2). http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb

R Maharani, T Supriyanto, & M Rahmi. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bsi Ex Bsm) Factors Affecting Readability In Saving In Sharia Bank (Case Study On Bsi Ex Bsm). Jurnal Syarikah P, 7(2). www.bankbsi.co.id

Reisa Nadika Markavia, Fitri Nur Latifah, & Masruchin. (2022). Analisis Pengaruh Bunga Bank, Bagi Hasil, dan Pelayanan Terhadap Persepsi Masyarakat Mengenai Bank Syariah (Studi Kasus di Kabupaten Sidoarjo). Syarikat: Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 5(2). https://doi.org/10.25299/syarikat.2022.vol5(2).9522

Replita, R., Effendi, N., Ophiyandri, T., Miko, A., & Hardana, A. (2025). Pengembangan Julo-Julo Dalam Meningkatkan Ekonomi Pedagang Pasar Sangkumpal Bonang Kota Padangsidimpuan. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 10(2).

Rizka Zulas, K., Sari, N., Syifa Fadrizha Nanda, T., Syariah, P., & Ar-Raniry Banda Aceh, U. (n.d.). Pengaruh Religiositas Dan Faktor Sosial Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Produk Bank Syariah Di Kota Banda Aceh. JIHBIZ: Global Journal of Islamic Banking and Finance, 3(1), 1–16.

Rudi Haryono. (2022). Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Journal of Comprehensive Islamic Studies, 1(1). https://doi.org/10.56436/jocis.v1i1.95

Supiani, F. R. F. B. (2021). pengaruh budaya untuk menabung di bank syariah.

Wijaya, F., Addiarrahman, A., & Ridho, M. T. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Indonesia (BSI) (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Merlung). 1. https://ejurnalqarnain.stisnq.ac.id




DOI: https://doi.org/10.24952/jaksya.v3i1.14137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jaksya: Jurnal Akuntansi Syariah



Flag Counter

 

 

 

Plagiarism Checked by:

Jurnal Akuntansi Syariah

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam 

Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Jalan T. Rizal Nurdin Km 4,5 Sihitang Kampus Utama IAIN Padangsidimpuan 22733

e-mail: jaskya@uinsyahada.ac.id

 

Link Jurnal: http://jurnal.uinsyahada.ac.id/index.php/

P-ISSN2985-7600 | E-ISSN 2985-8119

 Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.