Dampak Program Pelatihan Transisi PAUD ke SD: Studi Kasus Pelatihan Guru TK di Kota Tasikmalaya

Iting Sugiarti* -  Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
Brigita Puridawaty -  Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
Sri Watini -  Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
Masa transisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) merupakan periode penting yang sering menimbulkan tantangan, terutama dalam aspek sosial-emosional anak. Selama ini, persiapan transisi lebih banyak menekankan kemampuan akademik, sementara kesiapan sosial-emosional kurang mendapat perhatian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak program pelatihan transisi PAUD ke SD terhadap praktik guru dan perkembangan sosial-emosional anak di Kota Tasikmalaya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus di TK Aisyiyah 2 dan TK Amani. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi dengan partisipan kepala sekolah, guru, dan orang tua, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan transisi berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyiapkan anak secara sosial-emosional. Guru menerapkan strategi pembiasaan seperti circle time, permainan tradisional, dan integrasi budaya lokal sehingga anak lebih mandiri, percaya diri, komunikatif, serta mampu mengelola emosi. Orang tua juga merasakan dampak berupa peningkatan kemandirian anak di rumah maupun di sekolah. Kendala yang ditemukan meliputi keterbatasan sarana prasarana, adaptasi guru terhadap pendekatan baru, dan kurang optimalnya keterlibatan orang tua. Disimpulkan bahwa program pelatihan transisi PAUD ke SD berkontribusi signifikan terhadap kesiapan sosial-emosional anak dan perlu dilaksanakan berkelanjutan dengan dukungan sekolah, pemerintah, serta orang tua.

Keywords : Kesiapan sosial-emosional; Transisi PAUD ke SD; Pelatihan guru; Pendidikan anak usia dini

  1. Aini, Q. (2023). Peran Guru dalam Menumbuhkan Jiwa Sosial Anak Usia Dini di TK Muslimat NU Masyithoh 03 Sampangan Kelurahan Kauman Kecamatan Pekalongan Timur Kota …. etheses.uingusdur.ac.id. http://etheses.uingusdur.ac.id/4327/

    Amanda, R. Y., & Sumanto, R. P. A. (2024). Collaborative Efforts in Transitioning from Pre-School to Elementary School for Positive Educational Foundation. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/18451

    Creswell, J. W., & Ploth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches (4th ed.). Sage Publishing.

    Darling-Churchill, K. E., & Lippman, L. (2016). Early childhood social and emotional development: Advancing the field of measurement. Journal of Applied Developmental Psychology. https://doi.org/10.1016/j.appdev.2016.02.002

    Harjono, S., Kumala, F. N., & ... (2025). From Play to Learning: Fun Strategies for the Transition from Early Childhood Education to Elementary School. … and Local Wisdom. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/ICTL/article/view/1251

    Masturoh, U., & Arif, M. (2024). Pendampingan Gerakan Literasi Dengan Metode ABCD Pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat …. http://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/JPMD/article/view/1639

    Muzaini, M. C. (2023). Peran kepala sekolah untuk mengatasi hambatan guru dalam pengembangan kurikulum merdeka di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP …. http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/2060

    Ningsih, S., Rawanti, S., Marshanawiah, A., & ... (2023). HUBUNGAN PERKEMBANGAN EMOSI DENGAN KESIAPAN BERSEKOLAH PADA ANAK USIA DINI DI TK ABA KRAPYAK WETAN YOGYAKARTA: RELATIONSHIP …. … Golden Age PAUD …. https://rgap.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/6

    Nisa, K., Wijaya, R. P., Tri, P. L., Tjalla, A., & ... (2023). Assessing the Readiness of Early Childhood Teachers to Facilitate Inclusive Classes. … Anak Usia Dini …. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/70495

    Pandia, W. S. S., Psikolog, D. A. H., & Psikolog, Y. W. (2022). Menilik Lebih Dalam Pendidikan Anak Usia Dini: Peran Orang Tua, Guru, dan Institusi. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=1j12EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA5&dq=program+pelatihan+transisi+paud+ke+sd+studi+kasus+pelatihan+guru+tk&ots=oVcfaBiag2&sig=_u0WgHsRCY2Rvx_euhS84NvwiNQ

    Pratiwi, D. A. A. (2024). Policy Study Early Childhood Education to Elementary School Transition. International Journal of …. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/IJMS/article/view/2314

    Qomariah, N., & Masrur, I. (2025). Strategi Pembelajaran Transisi di RA untuk Mendukung Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar. Journal of Early Childhood Education …. https://journal.stai-ypbwi.ac.id/index.php/JOECES/article/view/574

    Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., & ... (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. In Jurnal Obsesi: Jurnal …. academia.edu. https://www.academia.edu/download/109771386/pdf.pdf

    Thahir, M., Rachmaniar, A., & Tamam, B. (2025). Pengembangan Budaya Literasi Melalui Taman Baca: Panduan Praktis bagi Guru dalam Mendukung Literasi Anak Usia Dini. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=7xJVEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengembangan+video+pembelajaran+interaktif+untuk+meningkatkan+literasi+numerasi+anak+usia+dini&ots=qfOTA5DmGz&sig=Lx6vYR3PTJ07zA9xQ7h5RvX92sQ

    Zulman, Z. (2022). Pengembangan Kecerdasan Spiritual Melalui Pendidikan Holistik (Studi Kasus di Sekolah Karakter Indonesia Heritage Foundation, Depok, Jawa Barat). repository.uinjkt.ac.id. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/60003


Open Access Copyright (c) 2025 Iting Sugiarti, Brigita Puridawaty, Sri Watini
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter