MODEL LAYANAN BIMBINGAN KONSELING UNTUK ANAK USIA DINI PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Di TK Al-Fatih Desa Pagarantonga Kabupaten Mandailing Natal)

Syafrianto Tambunan* -  Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
Nur Saadah -  Mahasiswa Magister PIAUD UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

Learn from home has various impacts on early childhood development. Significant changes to daily habits have led to many reports of a decline in children's development, especially in the enthusiasm for learning and the social and emotional development of early childhood. The purpose of this study is an attempt to describe an alternative model of early childhood counseling counseling service at Al Fatih Kindergarten, Pagarantonga Village during the Covid-19 pandemic. The research method used qualitative with a case study approach. Collecting data through the stages of observation, interviews, and documentation. Data management is carried out using Milles and Huberman's theory, namely data reduction, data display, and verification. To obtain accurate data, researchers used triangulation techniques as a test of data validity. The results of the study found that the guidance of a client-centered counseling model by providing information services, individual counseling, communication, and attention is a solution elaboration of the practitioner counselor or mentor to take preventive and curative steps to overcome problems that can hinder children's development while learning from home.

Keywords: Counseling Guidance Model, Early Childhood, Pandemic Covid-19

Abstrak

Learn from home membawa dampak yang beragam terhadap perkembangan anak usia dini. Perubahan yang signifikan terhadap habitual keseharian menghadirkan banyak laporan atas penurunan perkembangan anak terutama pada semangat belajar, dan perkembangan sosial emosional anak usia dini. Tujuan penelitian ini adalah upaya untuk mendeskripsikan alternatif model layanan bimbigan konseling anak usia dini di TK Al Fatih Desa Pagarantonga pada masa pandemi covid-19. Metode penelitian menggunakan  kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengelolaan data dilakukan dengan menggunakan teori Milles dan Huberman, yaitu data reduction, data display, dan verivication. Untuk memperoleh data yang akurat, peneliti menggunakan teknik triangulasi sebagai uji keabsahan data. Hasil penelitian ditemukan bahwa bimbingan model konseling client-centered dengan melakukan layanan informasi, konseling individu, komunikasi, dan perhatian merupakan sebuah elaborasi yang solutif dari praktisi konselor atau pembimbing untuk mengambil langkah yang preventif dan kuratif mengatasi masalah yang dapat menghambat perkembangan anak selama pembelajaran learn from home.

Keywords : Model Bimbingan Konseling, Anak Usia Dini, Covid-19

  1. Anisa, D., & Ikawati, E. (2020). Ujaran Kebencian Di Media Sosial Berbasis Gender: Tinjauan Sosiologi Hukum. Jurnal Kajian Gender dan Anak, 4(2), 137-146.
  2. Basar, Afip Miftahul. “Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan 2, no. 1 (2021): 208–18.
  3. Bau Ratu. “Psikologi Humanistik (Carl Roger) Dalam Bimbingan Dan Konseling.” Jurnal Kreatif 17, no. 3 (2014).
  4. Evitarini, Anggia. “Pengembangan Karakter Cerdas Melalui Bimbingan Dan Konseling Pada Anak Usia Dini Di Tk Islam Sarana Bhakti.” Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling 4, no. 2 (2019): 1.
  5. Fauziddin, Moh. “Useful of Clap Hand Games Optimalize Cognitive Aspects in Early Childhood Education.” Early Childhood Education 2, no. 2 (2018): 162–69.
  6. FIP-UPI, Tim Pengembang Ilmu Pendidikan. Ilmu & Aplikasi Penididikan. PT Imperial Bhakti Utama, 2007.
  7. Hayatul Khairul Rahmat, Ela Nurmalasari, dan A. Said Hasan Basri. “Implementasi Konseling Krisis Terintegrasi Sufi Healing Untuk.” In Prosiding Pit Ke-5 Riset Kebencanaan Iabi Universitas Andalas, 671–78. Padang: Universitas Andalas, 2018.
  8. Kemendikbud. “UUD SISDIKNAS No.20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 6 Tentang Sistem Pendidikan Nasional,” n.d.
  9. Latifun. Psikologi Konseling. IV. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang Press, 2015.
  10. Mahmud. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2011.
  11. Mursid. Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2016.
  12. Musbikin, Imam. Buku Pintar PAUD. Yogyakarta: Diva Press, 2010.
  13. Mustaqim, Abdul. Quranic Parenting Kiat Sukses Mendidik Aank Cara Al-Quran. Sumbersari Moyudan Sleman: Lintang Books, 2019.
  14. Shilphy A. Octavia. Implementasi Manajemen Bimbingan Konseling Di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
  15. Sholehuddin, M. “Emproving Disatvantaged Kindergartnes Through Guidance-Based Teaching.” Jurnal Education 4 (2016).
  16. Sholihah, I N, and T Handayani. “Pemanfaatan Powtoon Sebagai Media Bimbingan Klasikal Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj).” In Prosiding Seminar & Lokal Nasional Bimbingan Dan Konseling, 50–58. JATIM: PD ABKIN JATIM & UNIPA SBY, 2020.
  17. Siti Khofiyah. “Bimbingan Konseling Islam Dengan Teknik Biblioterapi Dalam Pembiasaan Sholat Anak Usia Dini Di PAUD Inklusi Melati Trisula Sidoarjo.” In Skripsi, 105. Surabaya: Universitas Negeri Sunan Ampel, 2019.
  18. Sulityana. “Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Level Pendidikan Anak Usia Dini.” In Sarjana Pendidikan FITK. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2020.
  19. Susanto, Ahmad. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah, Konsep, Teori, Dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia, 2018.
  20. Suyadi. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
  21. Syahrul, and Nurhafizah. “Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19.” Jurnal Basicedu 5, no. 2 (2021): 683–96.
  22. Utoyo, Setiyo, and Gorontalo. “Mirror of Effect Dalam Perkembangan Perilaku Anak Pada Masa Pandemi Covid-19.” DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 2, no. September (2020): 147–57.
  23. Wardani, Anita, and Yulia Ayriza. “Analisis Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19” 5, no. 1 (2021): 772–82.
  24. Winkel, W.S. Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Menengah. Jakarta: Gramedia, 1978.

Open Access Copyright (c) 2021 Jurnal Kajian Gender dan Anak
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Flag Counter