Pengaruh Harga Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pupuk Pada Ud.Hsb Di Pasar Huristak

Desi Anora Harahap* -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Muhammad Isa -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Idris Saleh -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Kebutuhan konsumen yang meningkat dan bermacam-macam serta ingin mendapatkan segalanya dengan mudah menjadi peluang usaha bagi pelaku bisnis. UD.HSB di Pasar Huristak  selaku pelaku bisnis harus mampu mengidentifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen agar tidak berpaling ke pesaing lain. Harga yang terlampau mahal membuat kalangan konsumen ragu-ragu karena nilainya dianggap tidak ada. Produk yang memiliki citra merek yang baik cenderung mudah di ingat oleh konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang simultan antara harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen pupuk pada UD.HSB di Pasar Huristak.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linear berganda. Sampel yang digunakan sebanyak 67 responden serta teknik pengambilan sampel yang digunakan insidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket kemudian di analisis dengan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 24. Uji data yang digunakan yaitu: uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas, koefisien determinan R2, uji parsial (uji t), uji simultan (uji f) dan analisis regresi linear berganda.

Hasil penelitian ini menyatakan variabel harga terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pupuk pada UD.HSB di Pasar Huristak. Untuk variabel citra merek juga terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen pupuk pada UD.HSB di Pasar Huristak. Variabel harga dan citra merek terdapat pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen pupuk pada UD.HSB di Pasar Huristak.

 

Kata Kunci: Harga, Citra Merek, Keputusan Pembelian

  1. Agus Sucipto. (2014). Studi Kelayakan Bisnis Analisis Integratif dan Studi Kasus. UIN-Maliki Press.
  2. Casavera. (2009). 8 Kasus Sengketa Merek Di Indonesia. Graha Ilmu.
  3. Delvia Nora Simbolon. (2018). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk Terhadap
  4. Keputusan Pembelian Konsumen Npk Mutiara Di UD.Barelang Tani Jaya Batam.
  5. Fandi Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran. CV. Andi.
  6. Firman Kurnia, dkk. (2018). Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pembelian. Vol. 5(1).
  7. Leon Schiffman & Leslie Lazar Kanun. (2007). Perilaku Konsumen, Diterjemahkan Dari “Consumre
  8. Behaviour” Oleh Zoelkifli Kasip. PT. INDEKS.
  9. Lukmanul Hakim & Rinjani Saragih. (2019). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Produk
  10. Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Npk Mutiara Di UD.Barelang Tani Jaya Batam. Vol
  11. (2).
  12. M. Quraish Shihab. (2012). Tafsir Al-Misbah. Lentera Hati.
  13. Nembah F. Hartimbul Ginting. (2011). Manajemen Pemasaran. CV. Yrama Widya.
  14. Nugroho J. Setiadi. (2003). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer Pada Motif, Tujuan, Dan Keinginan
  15. Konsumen. Kencana.
  16. Siti Purnama. (2016). Pengaruh Kualitas Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone
  17. Samsung.
  18. Ujang Sumarwan. (2011). Perilaku Konsumen, Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Ghalia
  19. Indonesia.
  20. Yusnita Siregar, dkk. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian
  21. Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam
  22. Padangsidimpuan.
  23. Yusup Harahap. (2022, Oktober). Wawancara Konsumen UD. HSB Pasar Huristak
  24. [Komunikasi pribadi].
  25. Zulkarnain Siregar. (2022, Oktober). Wawancara Konsumen UD. HSB Pasar Huristak
  26. [Komunikasi pribadi].