Pengaruh Kemiskinan, Pendidikan, dan Pengangguran Terhadap Indeks Pembangunan Manusia

Erlina Sitompul* -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Darwis Harahap -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Sarmiana Batubara -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah terdapat fenomena yang tidak sesuai dengan teori kemiskinan, pendidikan, dan pengangguran terhadap indeks pembangunan manusia provinsi Sumatera Utara tahun 1993-2022. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kemiskinan, pendidikan, dan pengangguran terhadap indeks pembangunan manusia di sumatera utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemiskinan, pendidikan, dan pengngguran terhadap indeks pembangunan manusia di provinsi Sumatera Utara.Pembahasan penelitian berhubungan dengan bidang ilmu ekonomi.

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik sampel jenuh dengan jumlah data sebanyak 30 data. Metode analisi data yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokotelasi, uji koefisien determinasi, uji t, uji F, dan analisis regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS Versi 25.

Hasil uji t menunjukkan kemiskinan berpengaruh terhadapindeks pembangunan manusia di Provinsi Sumatera Utara secara parsial. Pendidikan tidak berpengaruh terhadap indeks pembangunan manusia di Provinsi Sumatera Utara secara parsial. Pengangguran tidak berpengaruh terhadap indeks pembangunan manusia di Provinsi Sumatera Utara secara parsial. Sedangkan hasil uji f menunjukkan bahwa kemiskinan, pendidikan, dan pengangguran berpengaruh terhadap indeks pembangunan manusia secara simultan.

 

Kata Kunci: Kemiskinan, Pendidikan, Pengangguran, Indeks Pembangunan Manusia

  1. Afzalur Rahman. (1995). Doktrin Ekonomi Islam jilid 1. PT Darma Bhakti Wakaf.
  2. Alexander Thain. (2021). Ekonomi Syariah. ANDI.
  3. Annisa Wahyuni & Anastasia Dwi Anggraeni. (2021). Psikologi Pendidikan. Muhammad Zaini.
  4. Aryzona, Asrin, Syazali, M. (2023). Analisis Kompetensi Guru dan Desain Pembelajaran dalam Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Sesuai Kurikulum Merdeka SD Negeri 1 Jantuk Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 424–432. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1156
  5. Bagus Karuniawan. (2002). Sistem Informasi Manajemen dengan Visual Basic 6. ANDI.
  6. Departemen Pendidikan Nasional. (2011). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.
  7. Evi Hulukati. (2023). Sejarah dan Filsafat Pendidikan Matematika. Ideas Publishing.
  8. Feida Noor Laila Isti’adah. (2020). Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan. Edu Publisher.
  9. Harmono. (2014). Manajemen Keuangan. Bumi Aksara.
  10. Irham Fahmi. (2015). Manajemen Perbankan Konvensional Dan Syariah. Mitra Wacana Media.
  11. Keller & Kotler. (2009). Manajemen Pemasaran. Erlangga.
  12. Kenneth & Jane. (2007). Sistem Informasi Manajemen. Salemba Empat.
  13. Kuncoro Mudrajat. (2019). Metode Penelitian Untuk Bisnis dan Ekonomi. Erlangga.
  14. Kusuma Wijaya. (2021). Manajemen Pemasaran Lanjutan. Global Eksekutif Teknologi.
  15. Nanik Kustiningsih & Ali Farhan. (2019). Manajemen Keuangan :Dasar-Dasar Pengeloloaan Keuangan. Globalcare.
  16. Nendy Pratama Agusfianto. (2022). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan. Redaksi.
  17. Nur Rianto Al Arif. (2016). Teori Mikroekonomi. Kencana.