PENGARUH E-COMMERCE, HARGA DAN EASE OF USE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH UIN SYAHADA PADANGSIDIMPUAN
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena kurangnya kesadaran mahasiswa program studi ekonomi syariah terhadap pembelian di e-commerce secara terus menerus tanpa pertimbangan yang matang atau memikirkan risiko yang terjadi. Selain itu sebagian mahasiswa program studi ekonomi syariah membeli suatu produk karena adanya potongan harga membuat mahasiswa semakin termotivasi untuk membeli barang tanpa memperhatikan kegunaan barang serta adanya fenomena perilaku konsumtif yang tidak sesuai dengan perilaku konsumen Muslim. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah e-commerce, harga dan ease of use berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN SYAHADA Padangsidimpuan.Metodologi di dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 91 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi berganda, uji determinasi (R2), uji t (parsial) dan uji F (simultan) dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh e-commerce terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN SYAHADA Padangsidimpuan, ada pengaruh harga terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN SYAHADA Padangsidimpuan, tidak ada pengaruh ease of use terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN SYAHADA Padangsidimpuan dan ada pengaruh e-commerce, harga dan ease of use secara simultan terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa program studi Ekonomi Syariah UIN SYAHADA Padangsidimpuan dengan nilai Fhitung untuk variabel e-commerce, harga dan ease of use sebesar 49,561 dan Ftabel ¬2,15. Hal ini menunjukkan bahwa e-commerce, harga dan ease of use secara bersama-sama menjadi hal yang dipertimbangkan mahasiswa dalam berperilaku konsumtif.
- Afiruddin, M. (2021). Tafsir Surah An-Nisa Ayat 29 . Retrieved from https://www.google.com/amp/s/tafsiralquran.id/tafsir-surah-an-nisa-ayat-29-prinsip-jual-beli-dalam-islam/amp/Ainy, Z. N. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewiraushaan, 4(2).Alamanda, & Yarian. (2018). Pengaruh Harga dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Ilmiah Psikologi.Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.Andini, W. d. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Daya Saing, 1, 12-26.Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.Anoraga, P. (n.d.). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta Media.Arianto, E. (2017). Pengantar Manajemen Strategi Kontemporer, Strategi di Tengah Operasional. Jakarta: Kencana.Arifin, J. (2007). Fiqih Perlindungan Konsumen . Semarang: Rasail.Arifin, J. (2020). Hukum Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.Asmadi, A. (2004). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi . Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.Asmara, T. (2002). Membudayakan Etos Kerja Islam. Jakarta: Gema Insani.Caco, R. (2006). Etos Kerja (Sorortan Pemikiran Islam). Pemikiran Konstruktif Bidang Filsafat dan Dakwah, 3(2).Daft, R. L. (2007). Manajemen. (Empat, Ed.) Jakarta: Salemba E.Dewi. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Bukalapak). Journal of Management and Accounting, 4(1).Edwin, M. (2010). Islamic Economics. Jakarta: Kencana.Effendi. (2016). Psikologi Konsumen. Jakarta: Rajawali Persada.Fauzia, I. Y. (2014). Ekonomi Islam dan Perspektif Ekonomi Syariah. Jakarta: Kencana Prenadamedia.Hermawan, S. (2013). Makna Intelektual Capital Perspektif The Role Theory an The Resource Based Theory. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 17(2).Ilmi, I. M. (2013). Perspektif Max Weber Tentang Etos Kerja Guru dalam Pembelajaran Pendidikanips Ekonomi. Skripsi.Juliana. (2020). Ease of Use dan Trust Terhadap Purchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Situs Web Tokopedia. Jurnal Ecodemia, 1(1).Kasmir. (2006). Kewirausahaan . Jakarta: Rajawali Pers.Komala. (2019). Analisis Etos Kerja. Jurnal Penelitian, 5(1).Lawu, S. H. (2019). Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 2(1).Marginingsih, R. (2021, Oktober). Program Pemulihan Ekonomi Nasional Sebagai Kebijakan Penangulannya Dampak Pandemi Covid-19 Pada Sektor UMKM. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 8(2).Metwally. (2008). Teori dan Model Ekonomi Islam. Jakarta: Bangkit Daya Insani.Milles, M., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif . Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).Moloeng. (2010). Metode Penelitian . Jakarta: Kencana.Muhammad, R. B. (2015, aPRIL). Etos Kerja Islam pada Kinerja Bisnis. Jurnal JESTT, 2(4).Prabanintyas, A. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Harga, dan Ease of Use Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Penggunaan E-Commerce dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Pengguna Shopee). Skripsi .Qodir, A. (n.d.). Metodologi Riset Kualitatif (Panduan Dasar Melakukan Penelitian Kualitatif). Palangka Raya.R.W, H. (2015). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Produk Fashion Pada Mahasiswa Putri Surakarta. Skripsi.Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian . Banjarmasin: Antasari Press.Rahman, T. (2021). Fiqih Muamalah Kontemporer. Jawa Timur : Academia Publication .Rapitasari, D. (2021, Juli ). Strategi Pemulihan Ekonomi. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 26(1).Rapitasari, D. (2021). Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 26(1).Rohimin. (2012). Jihad, Makna dan Hikmah. Jakarta: Penerbit Erlangga.Rucita, Rahma, S., & Dewanti, D. S. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UMY. Journal of Environmental Economics and Sustainabillity, 1(1).Rusyan, A. T. (2012). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung.Sakti, & Wira, N. (2001). Perpajakan dalam E-Commerce. Berita Pajak No. 1443/tahun XXXIII, 35.Salusu, J. (2018). Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Public dan Organisasi Nonprofit . Jakarta: Grasindo.Saputro, L. A. (2021). Pengaruh E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Tanjung Pura Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1).Sari, N. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Harga dan Ease of Use Terhadap Perilaku Konsumtif Produk Halal pada Pengguna E-Commerce. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen(3).Saskara, I. A. (2017). Analisis Faktor-faktor Mempengaruhi Keberhasilan Ekonomi Pembangunan. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6(5).Siregar, B. H. (2023, November). Hasil Wawancara .Siregar, H. H. (2023, Juli 12). Wawancara toko sobar mulana . (F. Jamila, Interviewer)Soetjipto, N. (n.d.). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19. Srijanti. (2007). Etika Membangun Masyarakat Islam Modern. Yogjakarta: Graha Ilmu.Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia. Agora(1).Sule, & Saefullah. (n.d.). Pengantar Manajemen. Sumarsono, S. (2013). Kewirausahaan . Yogyakarta: Graha Ilmu.Tasmara, T. (2002). Membudayakan Etos Kerja Islam . Jakarta: Gema Insani Pers.Thalib, E. J. (2014). Al-quran dan sunah sebagai sumber inspirasi etos kerja Islam. Jurnal Dakwah Tabligh IAIN Sultan Amai Gorontalo.Wahjono, S. I. (2019). Manajemen Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.Wardhani, P. K. (2014). Potensi Pembuatan Kemasan Ramah Lingkungan. Bandung: Universitas Pembangunan .