DINAMIKA INDUSTRI HALAL DI INDONESIA: ANALISIS ASPEK PERMINTAAN

Nuril Kamiliyah* -  Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

Permintaan dalam ekonomi dimaknai sebagai banyaknya jumlah barang yang diminta pada suatu pasar tertentu. Permintaan terjadi salah satunya dipengaruhi oleh jumlah penduduk, selera masyarakat, dan perkiraan masa depan. Salah satu permintaan yang sedang marak diperebutkan di kancah internasional ialah industri halal. Industri halal merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan usaha yang menghasilkan produk yang semua prosesnya berbasis halal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif berupa penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan ialah semua dokumen berupa buku, penelitian, berita, ataupun sumber kepustakaan lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Dari penelitian yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa pengembangan industri halal meliputi tujuh sector yakni mulai sektor keuangan syariah, makanan dan minuman, pariwisata, fashion, media dan rekreasi, kosmetik, dan farmasi. Dari ketujuh sektor tersebut, keuangan Syariah dan makanan minuman halal menjadi dua sektor yang memberikan sumbangan besar dalam industri halal.

  1. DAFTAR PUSTAKA / REFERENCES

    Fathoni, Muhammad Anwar, ‘Potret Industri Halal Indonesia: Peluang Dan Tantangan’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6.3 (2020), 428 <https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1146>

    Faturohman, Irgiana, ‘Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Terhadap Makanan Halal. Studi Pada Konsumen Muslim Di Indonesia’, Jurnal Adminstrasi Niaga, 10.1 (2019), 882–93

    Faza, Hamas, and Fitri Ariantie, ‘Analisis Permintaan Objek Wisata Hutan Tinjomoyo Kota Semarang’, Diponegoro Journal of Economics, 1.1 (2019), 146–58 <https://ejournal2.undip.ac.id/index.php/dje>

    Harmoko, Irfan, ‘Optimalisasi Industri Halal Di Indonesia Melalui Pendekatan Strategis Distinctive Competence’, Reinforce: Journal of Sharia Management, 1.2 (2022), 105–21 <https://doi.org/10.21274/reinforce.v1i2.6439>

    Kusumastuti, Dani Kusumastuti, ‘Minat Beli Produk Halal Di Indonesia: Studi Pemetaan Sistematis’, Mabsya: Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, 2.2 (2020), 27–50 <https://doi.org/10.24090/mabsya.v2i2.3929>

    Maulana, Nora, and Zulfahmi, ‘Potensi Pengembangan Industri Halal Indonesia Di Tengah Persaingan Halal Global’, Jurnal Iqtisaduna, 8.2 (2022), 136–50 <https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v8i2.32465>

    Muhammad Zidny Nafi’ Hasbi, ‘Potret Kehidupan Ekonomi Pada Zaman Nab’, Al-Mutsla, 3.1 (2021), 1–8 <https://doi.org/10.46870/jstain.v3i1.43>

    Nasution, Lokot Zein, ‘Penguatan Industri Halal Bagi Daya Saing Wilayah: Tantangan Dan Agenda Kebijakan’, Journal of Regional Economics Indonesia, 1.2 (2020), 33–57 <https://doi.org/10.26905/jrei.v1i2.5437>

    Nisponi, Riri, and Suraya Hidayati, ‘Trend Perkembangan Ekonomi Syariah Global’, An-Nahdhah, 14.2 (2021), 152–66

    Qoniah, Risa, ‘Tantangan Dan Strategi Peningkatan Ekspor Produk Halal Indonesia Di Pasar Global’, Halal Research Journal, 2.1 (2022), 52–63 <https://doi.org/10.12962/j22759970.v2i1.246>

    Rahmawati, Lilik, Iqbal Tanjung, and Baiq El Badriati, ‘Analisis Permintaan Dan Perilaku Konsumen Fintech Syariah Model Crowdfunding’, Profit : Jurnal Kajian Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 2.1 (2018), 35–49 <https://doi.org/10.33650/profit.v2i1.552>

    Saputri, Oktoviana Banda, ‘Pemetaan Potensi Indonesia Sebagai Pusat Industri Halal Dunia’, Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 5.2 (2020), 23–38 <http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Mas/article/view/5127/4010>

    Warto, Warto, and Samsuri Samsuri, ‘Sertifikasi Halal Dan Implikasinya Bagi Bisnis Produk Halal Di Indonesia’, Al Maal: Journal of Islamic Economics and Banking, 2.1 (2020), 98 <https://doi.org/10.31000/almaal.v2i1.2803>

    Yunita, Hanna Indi Dian, ‘Studi Tentang Peluang Dan Tantangan Industri Pangan Halal Terhadap Perekonomian Di Indonesia’, Jurnal Ilmiah, 2018, 1–19 <https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/5084>