PENGARUH FAKTOR MAKRO DAN ISLAMIC BANKING FINANCIAL INTERMEDIATION BANK UMUM SYARIAH TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI NASIONAL

Ferri Alfadri* -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Indah Ayu Lestari -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor makro dan islamic banking financial intermediation bank umum syariah terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik, Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia dan Badan Koordinasi Penanaman Modal. Penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling yaitu sampel jenuh sebanyak 32 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji stasioneritas, penetuan lag optimal, uji kointegrasi, uji stabilitas VAR, estimasi VECM, uji kausalitas granger, analisis IRF dan analisis VD. Penelitian ini menggunakan software Eviews 10 dengan menggunakan metode VECM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam jangka pendek DPK dan total aset berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sedangkan investasi (PMA dan PMDN), inflasi dan pembiayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Dalam jangka panjang DPK dan pembiayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional sedangkan investasi (PMA dan PMDN), inflasi dan total aset tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

 

Kata Kunci: Investasi, inflasi, DPK, Total Aset, Pembiayaan Bank Syariah.

  1. Afiruddin, M. (2021). Tafsir Surah An-Nisa Ayat 29 . Retrieved from https://www.google.com/amp/s/tafsiralquran.id/tafsir-surah-an-nisa-ayat-29-prinsip-jual-beli-dalam-islam/amp/
  2. Ainy, Z. N. (2020). Pengaruh E-Commerce Terhadap Perilaku Konsumtif Masyarakat di Kelurahan Karang Panjang Kota Ambon. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewiraushaan, 4(2).
  3. Alamanda, & Yarian. (2018). Pengaruh Harga dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif. Jurnal Ilmiah Psikologi.
  4. Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media.
  5. Andini, W. d. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Daya Saing, 1, 12-26.
  6. Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.
  7. Anoraga, P. (n.d.). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta Media.
  8. Arianto, E. (2017). Pengantar Manajemen Strategi Kontemporer, Strategi di Tengah Operasional. Jakarta: Kencana.
  9. Arifin, J. (2007). Fiqih Perlindungan Konsumen . Semarang: Rasail.
  10. Arifin, J. (2020). Hukum Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
  11. Asmadi, A. (2004). Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Serta Kombinasinya dalam Penelitian Psikologi . Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.
  12. Asmara, T. (2002). Membudayakan Etos Kerja Islam. Jakarta: Gema Insani.
  13. Caco, R. (2006). Etos Kerja (Sorortan Pemikiran Islam). Pemikiran Konstruktif Bidang Filsafat dan Dakwah, 3(2).
  14. Daft, R. L. (2007). Manajemen. (Empat, Ed.) Jakarta: Salemba E.
  15. Dewi. (2021). Pengaruh Kepercayaan Konsumen, Kemudahan dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Situs Jual Beli Bukalapak). Journal of Management and Accounting, 4(1).
  16. Edwin, M. (2010). Islamic Economics. Jakarta: Kencana.
  17. Effendi. (2016). Psikologi Konsumen. Jakarta: Rajawali Persada.
  18. Fauzia, I. Y. (2014). Ekonomi Islam dan Perspektif Ekonomi Syariah. Jakarta: Kencana Prenadamedia.
  19. Hermawan, S. (2013). Makna Intelektual Capital Perspektif The Role Theory an The Resource Based Theory. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 17(2).
  20. Ilmi, I. M. (2013). Perspektif Max Weber Tentang Etos Kerja Guru dalam Pembelajaran Pendidikanips Ekonomi. Skripsi.
  21. Juliana. (2020). Ease of Use dan Trust Terhadap Purchase Intention Melalui Customer Satisfaction Pada Situs Web Tokopedia. Jurnal Ecodemia, 1(1).
  22. Kasmir. (2006). Kewirausahaan . Jakarta: Rajawali Pers.
  23. Komala. (2019). Analisis Etos Kerja. Jurnal Penelitian, 5(1).
  24. Lawu, S. H. (2019). Pengaruh Etos Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 2(1).
  25. Marginingsih, R. (2021, Oktober). Program Pemulihan Ekonomi Nasional Sebagai Kebijakan Penangulannya Dampak Pandemi Covid-19 Pada Sektor UMKM. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 8(2).
  26. Metwally. (2008). Teori dan Model Ekonomi Islam. Jakarta: Bangkit Daya Insani.
  27. Milles, M., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif . Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
  28. Moloeng. (2010). Metode Penelitian . Jakarta: Kencana.
  29. Muhammad, R. B. (2015, aPRIL). Etos Kerja Islam pada Kinerja Bisnis. Jurnal JESTT, 2(4).
  30. Prabanintyas, A. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Harga, dan Ease of Use Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Penggunaan E-Commerce dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Pengguna Shopee). Skripsi .
  31. Qodir, A. (n.d.). Metodologi Riset Kualitatif (Panduan Dasar Melakukan Penelitian Kualitatif). Palangka Raya.
  32. R.W, H. (2015). Perilaku Konsumtif dalam Membeli Produk Fashion Pada Mahasiswa Putri Surakarta. Skripsi.
  33. Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian . Banjarmasin: Antasari Press.
  34. Rahman, T. (2021). Fiqih Muamalah Kontemporer. Jawa Timur : Academia Publication .
  35. Rapitasari, D. (2021, Juli ). Strategi Pemulihan Ekonomi. Majalah Ekonomi: Telaah Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 26(1).
  36. Rapitasari, D. (2021). Strategi Pemulihan Ekonomi Nasional. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 26(1).
  37. Rohimin. (2012). Jihad, Makna dan Hikmah. Jakarta: Penerbit Erlangga.
  38. Rucita, Rahma, S., & Dewanti, D. S. (2023). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Penggunaan, Harga dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa UMY. Journal of Environmental Economics and Sustainabillity, 1(1).
  39. Rusyan, A. T. (2012). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung.
  40. Sakti, & Wira, N. (2001). Perpajakan dalam E-Commerce. Berita Pajak No. 1443/tahun XXXIII, 35.
  41. Salusu, J. (2018). Pengambilan Keputusan Strategik Untuk Organisasi Public dan Organisasi Nonprofit . Jakarta: Grasindo.
  42. Saputro, L. A. (2021). Pengaruh E-Commerce terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Tanjung Pura Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1).
  43. Sari, N. (2020). Pengaruh Kepercayaan, Harga dan Ease of Use Terhadap Perilaku Konsumtif Produk Halal pada Pengguna E-Commerce. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Manajemen(3).
  44. Saskara, I. A. (2017). Analisis Faktor-faktor Mempengaruhi Keberhasilan Ekonomi Pembangunan. Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 6(5).
  45. Siregar, B. H. (2023, November). Hasil Wawancara .
  46. Siregar, H. H. (2023, Juli 12). Wawancara toko sobar mulana . (F. Jamila, Interviewer)
  47. Soetjipto, N. (n.d.). Ketahanan UMKM Jawa Timur Melintasi Pandemi Covid-19.
  48. Srijanti. (2007). Etika Membangun Masyarakat Islam Modern. Yogjakarta: Graha Ilmu.
  49. Sudjatmika, F. V. (2017). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan, dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia. Agora(1).
  50. Sule, & Saefullah. (n.d.). Pengantar Manajemen.
  51. Sumarsono, S. (2013). Kewirausahaan . Yogyakarta: Graha Ilmu.
  52. Tasmara, T. (2002). Membudayakan Etos Kerja Islam . Jakarta: Gema Insani Pers.
  53. Thalib, E. J. (2014). Al-quran dan sunah sebagai sumber inspirasi etos kerja Islam. Jurnal Dakwah Tabligh IAIN Sultan Amai Gorontalo.
  54. Wahjono, S. I. (2019). Manajemen Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
  55. Wardhani, P. K. (2014). Potensi Pembuatan Kemasan Ramah Lingkungan. Bandung: Universitas Pembangunan .