ANALISIS PILIHAN INVESTASI MASYARAKAT: BERKURANGNYA MINAT TERHADAP BANK SYARIAH DI TENGAH MENINGKATNYA POPULARITAS PASAR MODAL
Artikel ini membahas fenomena berkurangnya minat masyarakat terhadap bank syariah sebagai pilihan investasi, di tengah meningkatnya popularitas pasar modal. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya memahami preferensi investasi masyarakat yang mengalami perubahan signifikan, khususnya dalam konteks pergeseran dari produk keuangan berbasis syariah ke instrumen pasar modal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perubahan preferensi investasi masyarakat, baik dari perspektif budaya, sosial, pribadi, maupun psikologis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui survei dan wawancara, sedangkan data sekunder diambil dari berbagai literatur dan publikasi terkait. Analisis dilakukan untuk mengidentifikasi dinamika preferensi konsumen serta elemen-elemen yang berperan dalam pengambilan keputusan investasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, pribadi, dan psikologis memiliki pengaruh yang signifikan terhadap preferensi konsumen. Faktor budaya mencakup nilai-nilai dan kebiasaan yang membentuk keinginan individu, sedangkan faktor sosial melibatkan pengaruh kelompok dalam membentuk kebiasaan dan tindakan. Faktor pribadi terkait dengan gaya hidup dan siklus hidup individu, sementara faktor psikologis, seperti motivasi dan persepsi, memainkan peran penting dalam menentukan pilihan investasi. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap pemahaman preferensi investasi masyarakat dalam konteks persaingan antara bank syariah dan pasar modal, serta implikasinya bagi pengembangan strategi pemasaran di sektor keuangan.
Kata Kunci: Preferensi, Produk, Bank Syariah
Adhitya Wardhono. (2019). Perilaku Kebijakan Bank Sentral di Indonesia. Pustaka Abadi.
Anis Haerunisa. (2019). Sejarah dan Perkembangan Pasar Modal Syariah di Indonesia.Tersedia:https://kampungpasarmodal.com/article/detail/124/sejarah-danperkembangan-pasar-modal-syariah-di-indonesia. [ 1 April 2020]
Burhanudin. (2007). Theory of Planned Behavior: Aplikasi Pada Niat Konsumen Untuk Berlangganan Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat di Desa Donotirto, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Tesis Magister, Universitas Janabadra, Yogyakarta. Kasmir. (2004). Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Chaerul, Rizky. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal pada Mahasiswa FE UNY. Skripsi Sarjana. Yogyakarta: tidak diterbitkan.
Christanti, N., & Mahastanti, L. A. (2011). “Faktor-faktor yang dipertimbangkan investor dalam melakukan investasi”. Manajemen Teori Dan Terapan, Vol-3, 37–51.
Ekawarna dan Fachruddiansyah. (2010). Pengantar Teori Ekonomi Makro. Jakarta: Gaung Persada (GP Press).
Fahriani, D. (2012). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAK). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi Vol. 1 No. 12 (2012).
Fatmasari, A.D. (2011). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Terhadap Minat Berprofesi Sebagai Wakil Perantara Pedagang Efek (Wppe) Di Pasar Modal(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Syari’ah Jurusan Ekonomi Islam Iain Walisongo Semarang). Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
Firmansyah, Herlan dan Sobana, Dadang Husen. 2014. Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah. Jakarta: Lecture Books.
Firmansyah, Herlan. dkk. (2017). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Edisi Ke V). CianjurHadi, N. (2013). Acuan Teoritis dan Praktis Investasi di Instrumen Keuangan Pasar Modal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Hapsari, A.R. (2009). Pintar Mengelola Uang. Jakarta: Erlangga
Hartono, J. (2014). Teori Portofolio dan Analisis Investasi (9rd ed). Yogyakarta: BPFE.
Hendy MF & Tjiptono D. (2001). Pasar Modal di Indonesia, Pendekatan Tanya Jawab. Jakarta:
Salemba Empat.
Hutagalung, M.N. (2015). Definisi Return Saham Menurut Ahli. dari http://kumpulan-artikelsekolah. blogspot.co.id/ 2015/10/definisi-return-saham-menurut-ahli.html.
Https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/tentang-syariah/pages/pasar-modal-syariah.aspx. Diaskes pada [ 11 April 2020]
Juwanita, E. (2015). Pengaruh Persepsi Nasabah Mengenai Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Dan Tingkat Suku Bunga Simpanan Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Bank Dengan Citra Perbankan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pada Pt Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Adisucipto Yogyakarta). Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Khotimah, H., Warsini. S., & Nuraeni, Y. (2016). Pengaruh Sosialisasi dan Pengetahuan Terhadap Minat Investor Pada Efek Syariah di Pasar Modal (Survei Pada Nasabah PT Danareksa Sekuritas Cabang FE-UI Depok). Jurnal terbitan Politeknik Negeri Jakarta, Halaman 423.
Kusmawati. (2011). “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat”. Jurnal Ekonomi dan Informasi Akuntansi : Jenius, Volume 1 Nomor 2.
Lubis, P. (2008). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan Investasi Di Indonesia. Tesis Magister, Universitas Sumatera Utara, Sumatera Utara.
Merawati, L.K., & Putra, I.P.M.J.S. (2016). Dampak Pelatihan Pasar Modal Terhadap Pengetahuan Investasi dan Minat Berinvestasi Mahasiswa. Seminar Nasional oleh Lembaga Penelitian Dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) UNMAS Denpasar, 29 – 30 Agustus 2016.
Merawati, L.K., & Putra, I.P.M.J.S. (2015). Kemampuan Pelatihan Pasar Modal Memoderasi Pengaruh Pengetahuan Investasi Dan Penghasilan Pada Minat Berinvestasi Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, Vol. 10. No. 2. Modal Minimal untuk Trading Saham. (2015). www.kompasiana.com/kelasinvestasi/modalminimaluntuktradingsaham_55c82de34623dda048b4567.
Nazir M. (2005). Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia. Bogor. Otoritas Jasa Keuangan. (2019). Laporan Keuangan. Tersedia: www.ojk.go.id. Diakses pada: [11 Mei 2021]
Prasetyo, B & Jannah, L.M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Yuwono, SR. (2011). Pengaruh Karakteristik Investor Terhadap Besaran Minat Investasi Saham di Pasar Modal. Tesis Magister, Universitas Indonesia, Jawa Barat.
Zaid, M.I. (2015). Pengaruh Gender, Penghargaan Finansial, Dan Pertimbangan Pasar Kerja Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarier Menjadi Akuntan Publik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.