PENGARUH BIAYA PEMASARAN DAN BIAYA ADMINISTRASI UMUM TERHADAP LABA BERSIH PT. ASTRA AGRO LESTARI, TBK

Windi Wahyuni Simanjuntak* -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
Darwis Harahap -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia
Zulaika Matondang -  IAIN Padangsidimpuan, Indonesia

Upaya meningkatkan laba dilakukan dengan meminimalkan biaya seoptimal mungkin. Akan tetapi fenomena yang terjadi pada penelitian ini berbanding terbalik. Dimana biaya yang dikeluarkan terus meningkat sehingga terjadi penurunan laba. Dengan peningkatan biaya yang terjadi jelas tidak sesuai dengan perolehan laba yang dihasilkan sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap laba bersih pada PT. Astra Agro Lestari, Tbk., untuk mengetahui pengaruh biaya administrasi umum terhadap laba bersih pada PT. Astra Agro Lestari, Tbk., untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran dan biaya administrasi umum terhadap laba bersih pada PT Astra Agro Lestari Tbk.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data sekunder dari satu perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2014-2020 per triwulan dengan jumlah 32 sampel. Alat analisis yang digunakan adalah uji analisis deskriptif, uji normalitas, linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji hipotesis dan analisis regresi berganda bantuan SPSS 26.

Berdasarkan hasil uji t menunjukkan variabel biaya pemasaran H1 ditolak, dalam hal ini biaya pemasaran tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap laba bersih. Sedangkan  variabel biaya administrasi umum H2 diterima, dalam hal ini biaya administrasi umum memiliki pengaruh yang signifikan terhadap laba bersih. Pada Uji F H3 diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa biaya pemasaran dan administrasi umum memiliki pengaruh terhadap laba bersih.

Kata Kunci: Biaya Pemasaran, Biaya Administrasi Umum, Laba Bersih

  1. Alma, Bukharai dan Donni Juni Priansa, Manajemen Bisnis Syari’ah: Menanamkan Nilai dan
  2. Praktis Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2012.
  3. Anoraga, Pandji, Pengantar Bisnis Pengelolaan Bisnis dalam Era Globalisasi, Jakarta: PT Rineka Cipta, 2016.
  4. Aprilyana, Dhani, dkk. “Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Laba Bersih Pada U.K.M Kripik Sehi Sukabumi,” Jurnal Imu Manajemen Retail (JIMAT), Vol. 1 No. 1 (2020).
  5. Darmawan & Muhammad Iqbal Fasa, Manajemen Lembaga Keuangan Syariah, Yogyakarta: UNY Press, 2020.
  6. Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahannya, Semarang: PT. Karya Toha Putra Semarang, 1998.
  7. Daslim, Feren, dkk. “Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Pada PT. Sumatra Hakarindo Medan,” Jurnal Bisnis Kologa Vol. 5, No. 2 (2019).
  8. Nasution, Mustafa Edwin, et, al.,. Pengenalan Ekslusif Ekonomi Islam, Jakarta: Prenada Media Group, 2014.
  9. Fakhri Zamzam, Firdaus, Aplikasi Metodologi Penelitian, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.
  10. Hartati, Neneng, Akuntasni Biaya, Bandung: CV Pustaka Setia, 2017.
  11. Hery, Teori Akuntansi, Jakarta: Prenada Media Group, 2009.
  12. Hery, Analisis Laporan Keuangan, Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service), 2017.
  13. Jubilee, Enterprise , SPSS Untuk Pemula, Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014.
  14. Januarsash, Irpan, “Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran Pada PT. PP. London Sumatra Indonesia, TBK yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia,” Jurnal Fiancial Vol. 5, No. 1 (2019).
  15. Kuncoro, Mudrajad, Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003.
  16. Lasmi Wardiyah, Mia, Analisis Laporan Keuangan, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2017.
  17. Michelle Pranajaya, Olivia & Susanti Widiastuti, “Pengaruh Biaya dan Produksi Biaya Pemasaran Terhadap Laba Bersih pada Perusahaan Food and Beverange di Bursa Efek indonesia,” Desember 2021.
  18. Mulyadi, Akuntansi Biaya, Universitas Gadjah Mada: Unit Penerbit dan Percetakan, 2014.
  19. Mursyidi, Akuntansi Biaya, Bandung: PT. Refika Aditama, 2008.
  20. Novitasari, Santi, “Strategi Pemasaran Islam dalam Meningkatkan Laba,” Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, 2016.
  21. Priyatno, Duwi, SPSS 22 Pengolahan Data Terpraktis, Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2014.
  22. Pudin Shatu, Yayah, Kuasai Detail Akuntansi Laba & Rugi Sistem Cepat Kebut Semalam Otodidak & Tanpa Guru, Jakarta: Pustaka Ilmu Semesta, 2016.
  23. Rismayanti, “Pengaruh Biaya Operasional Terhadap Peningkatan Laba Pada PR. Gowo Dinasti Motor Hyundai Makassar,” Skripsi, Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar, 2018.
  24. Safri, Sofyan, Analisis Krisis Laporan Keuangan, Jakarta: Rajawali Pers, 2010.
  25. Silvia, Indrarini, Nilai Perusahaan Melalui Kualitas Laba, Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2019.
  26. Sufren & Yonathan Natanael, Mahir Menggunakan SPSS Secara Otodidak, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2013.
  27. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2019.
  28. Sujarweni, Wiratna, Metode Penelitian Bisnis dan Ekonomi, Yogyakarta: PT. Pustaka Baru, 2015.
  29. Sunyoto, Danang, Perilaku Konsumen dan Pemasaran, Yogyakarta: CAPS (Center of Academic Publishing Service), 2015.
  30. Suharya, Yaya dkk. “Pengaruh Biaya Produksi dan Biaya Pemasaran Terhadap Laba Bersih Pada CV Berkah Jaya General Supplier Snack Food,” Jurnal Bina Akuntansi Vol. 8, No. 2 (2020).
  31. Tamama, Nuri, Nisak, “Hermeneutika Laba Dalam Perspektif Islam,” Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wiraraja, Artikel; Skripsi, 2019.
  32. Umar, Husein, Metode Penelitian Skripsi, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
  33. Wijoyo, Hadion, Pengantar Bisnis, Sumatra Barat: CV Insan Cendikia Mandiri, 2021.
  34. Wuri, Handayani Dyah, Administrasi Farmasi 3, Yogyakarta: CV Budi Utama, 2015.
  35. Widilestariningtyas, Ony dkk. Akuntansi Biaya, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
  36. Yusuf, A. Muri Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana, 2014.