PENGARUH PENDAPATAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMSI MAHASISWA (STUDI KASUS MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM UIN SYAHADA PADANGSIDIMPUAN)
Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan perilaku konsumsi. Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi adalah faktor ekonomi dan non ekonomi. Pendapatan adalah penerimaan uang tunai yang diperoleh selama jangka waktu tertentu, baik dari hasil penjualan barang maupun jasa atau piutang, ataupun dari sumber-sumber lain. Gaya hidup adalah pola konsumsi yang merefleksikan pilihan seseorang dalam hal bagaimana mereka menghabiskan uang dan waktunya dan lebih menunjukkan bagaimana seseorang menjalankan kehidupannya.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada 92 responden. Analisis data yang dibantu dengan alat SPSS versi 26.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pendapatan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan, terdapat pengaruh gaya hidup terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan dan terdapat pengaruh pendapatan dan gaya hidup secara simultan terhadap perilaku konsumsi mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendapatan dan gaya hidup merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumsi mahasiswa.
Kata Kunci: Gaya Hidup, Konsumsi, Pendapatan
Abdul, A. (2018). Ekonomi Islam Analisis Mikro & Makro. Graha Ilmu.
Al-Qur’an dan Terjemahan. (Versi 1.3). Add-Ins Microsoft Word. Qur’an In Word Indonesia Versi 1.3.
Dwi Suwiknyo. (2014). Kompilasi Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi Islam. Pustaka Pelajar.
Fauzia, I. Y., & Riyadi, A. K. (2014). Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid Al-Syariah. Kencana.
Machfudz, M., & Sujoni, M. N. (2012). Teori Ekonomi Makro. UIN-Maliki Press.
Mas‟ud Muhsan. (2018). Himpunan Hadits Shahih Buchori, Cetakan I. Arkola.
Muhammad. (2015). Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Raja Wali Pers.
Muhammad Nejatullah. (2013). The Economic enterprise, Kegiatan Ekonomi Dalam Islam. Bumi Aksara.
Prathama, R., & Mandala, M. (2012). Teori Ekonomi Mikro. Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas kerja sama dengan Bank Indonesia. (2014). Ekonomi Islam. Rajawali Pers.
Rahma Sugihartati. (2013). Membaca Gaya Hidup dan Kapitalisme. Graha Ilmu.
Ricki, Y., & Zuli, N. (n.d.). Statistik Penelitian; Plus Tutorial SPSS. Innosain.
Rini Dwiastuti. (2012). Ilmu Perilaku Konsumen. Universitas Brawijaya Press.
Rosyidi, S. (2013). Pengantar Teori Ekonomi: Pendekatan Kepada Teori Ekonomi Mikro & Makro. Rajawali Pers.
Sadono Sukirno. (2012). Makro Ekonomi Teori Pengantar. Rajawali Pers.
Sugiharsonon, & Daru, W. (2019). Dasar-Dasar Ekonomi. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta.
Sujana Ismaya. (2012). Kamus Akuntansi. CV. Pustaka Grafika.
Sukarno, W., & Dedi, S. (2013). Ekonomi Mikro Islam. Pustaka Setia.
Sumar’in. (2013). Ekonomi Islam Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam. Graha Ilmu.
Titik, S. (2013). Perilaku Konsumendi Era Internet. Graha Ilmu.
Wawancara denga Bapak Imam. (n.d.). Staf Administrasi Akademik Febi IAIN Padangsidimpuan.