PERAN ZAKAT PRODUKTIF DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CIBEST (STUDI KASUS BAZNAS TAPANULI SELATAN)

Nurhayani Siregar* -  Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Delima Sari Lubis -  Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Aliman Syahuri Zein -  Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Kemiskinan merupakan problematika kronis yang sering ditemui di banyak negara. Zakat merupakan salah satu instrumen pengentasan kemisikinan yang paling efektif karena zakat mempunyai banyak manfaat, dikarenakan zakat merupakan sumber dana yang tidak pernah kering dan habis. Artinya selama umat Islam memiliki kesadaran untuk berzakat dan selama dana zakat dikelola dengan baik, maka dana zakat akan selalu ada serta bermanfaat untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat. Penggunaan zakat sebagai instrumen yang dapat mengentaskan kehampaan selama ini masih terbatas pada aspek pengukuran materi saja. Sehingga dibutuhkan suatu model yang dapat digunakan untuk mengukur aspek-aspek seperti aspek material dan aspek spritual.Salah satu model yang bisa digunakan adalah Model CIBEST. Model CIBEST ini merupakan metode pengukuran misi berdasarkan perspektif islam dengan cara menyeimbangkan aspek material dan aspek spritual. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori zakat sebagai instrumen pengentasan kemiskinan oleh Al-Qardhawi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan desktiptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah model CIBEST yaitu terdiri dari kuadran CIBEST dan Indeks CIBEST.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran zakat produktif dalam mengentaskan kemiskinan sudah tergolong baik dan dapat meningkatkan pendapatan mustahik walaupun masih tergolong kecil. Namun pengembangan usaha setiap mustahik belum terealisasi dengan baik dikarenakan pihak BAZNAS Kabupaten Tapanuli Selatan hanya menyalurkan zakat produktif dan melakukan evaluasi saja sedangkan pembinaan dan pendampingan tidak dilakukan sama sekali. Berdasarkan hasil kuesioner/angket yang diberikan kepada mustahik yang menerima zakat produktif menunjukkan bahwa klasifikasi mustahik sebelum dan sesudah menerima zakat produktif mengalami perubahan dimana jumlah rumah tangga yang masuk dalam kategori sejahtera mengalami peningkatan sebesar 50% dan mengalami penurunan dalam kategori miskin material sebesar 50%.  Kata Kunci : Kemiskinan, Zakat Produktif, Model CIBEST
  1. Afriyanti, Leni. 2021. “Analisis Pengaruh Zakat Produktif Baznas Kota Pariaman Terhadap Penurunan Tingkat Kemiskinan Berdasarkan Model CIBEST,” 16. Ashar, Muhammad Afthon, dan Muhammad Nafik Hadi Ryandono. 2020. “Implementasi Metode CIBEST (Center Of Islamic Business And Economic Studies) Dalam Mengukur Peran Zakat Produktif Terhadap Pemberdayaan Mustahiq Di Lembaga Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) SURABAYA1.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 6 (5): 1057. https://doi.org/10.20473/vol6iss20195pp1057-1071. Eriani, Etti, Muhammad Arsyad, dan Rodame Monitorir Napitupulu. 2021. “Penghimpunan dan Pendistribusian Dana Zakat BAZNAS Daerah.” Jurnal Manajemen Keuangan Sosial Islam 1 (1): 33–43. https://doi.org/10.24952/jisfim.v1i1.3531. Laily, Nur, dan Halimatussakdiyah Harahap. 2021. “Analisis Pendayagunaan Zakat Produktif Dalam Mengurangi Kemiskinan Berdasarkan Model Cibest (Studi Kasus Badan Amil Zakat Nasional Prov. Sumut).” At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam 6 (1): 12. https://doi.org/10.30829/ajei.v6i1.8945. Lalira, Dianti, Amran T Nakoko, dan Ita Pingkan F Rorong. 2018. “Pengaruh Dana Desa Dan Alokasi Dana Desa Terhadap Tingkat Kemiskinan Di Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaud.” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi 18 (04): 11. Pratiwi, Evie Dian, Khusnul Ashar, and Wildan Syafitri. 2020. “Dampak Kemiskinan Terhadap Pola Mobilitas Tenaga Kerja Antarsektor Di Indonesia.” Jurnal Kependudukan Indonesia 15 (1): 1. https://doi.org/10.14203/jki.v15i1.473. Reza Dasangga, Dian Ghani, dan Eko Fajar Cahyono. 2020. “Analisis Peran Zakat Terhadap Pengentasan Kemiskinan Dengan Model CIBEST (Studi Kasus Rumah Gemilang Indonesia Kampus Surabaya).” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 7 (6): 1060. https://doi.org/10.20473/vol7iss20206pp1060-1073. Subayil, Lalu. 2020. “Pengaruh Tingkat Pendidkan, Pengangguran, Pertumbuhan Ekonomi Dan Indeks Pembangunan Manusia Terhadap Kemiskinan Di DIYogyakarta Priode 2010-2017” 1 (2): 17. Zandri, Latifvah Permata. nd “Analisis Pendayagunaan Zakat Produktif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Mustahik Berdasarkan Model CIBEST Pada IZI Yogyakarta Dan LAZIS YBW UII,” 27.