Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal terhadap Earnings Response Coefficient pada Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia

Syafitri I Manurung* -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Budi Gautama Siregar -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Zulaika Matondang -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

Penelitian ini dilakukan pada Perusahaan Manufaktur Subsektor Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI. Fenomena dalam penelitian ini ialah adanya fluktuasi pada ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap earnings response coefficient dalam kurun tahun 2016-2020 pada Perusahaan Manufaktur  yang terdaftar di BEI. Dimana teori menyatakan jika ukuran perusahaan meningkat maka ERC nya juga memiliki kualitas yang baik tetapi yang terjadi kebalikannya. Jika struktur modal nya menurun akan berdampak positif terhadap ERC tetapi yang terjadi kebalikannya. Dimana fakta yang ditemukan ialah ukuran perusahaan meningkat pada perusahaan PT Indofood CBP Sukses Makmur di tahun 2016-2019 sedangkan ERC menurun. Struktur modal meningkat pada perusahaan PT Tiga Pilar Sejahtera Food di tahun 2017-2018 sedangkan ERC meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap earnings response coefficient pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan struktur modal terhadap earnings response coefficient pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis data panel yang menngunakan data sekunder dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sebanyak 10 perusahaan dengan laporan keuangan kurun waktu 5 tahun, jadi 10 x 5 = 50 laporan keuangan. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji pemilihan model data panel, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, dengan pengolahan data menggunakan software eviews versi 9.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan secara parsial tidak berpengaruh terhadap ERC pada perusahaan manufaktur. Struktur modal secara parsial berpengaruh terhadap ERC pada perusahaan manufaktur. Secara simultan ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh terhadap ERC pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Dan 86,82% ukuran perusahaan dan struktur modal berpengaruh terhadap ERC.

 

Kata Kunci: Earnings Response Coefficient, Struktur Modal dan Ukuran Perusahaan

  1. Abdul Halim. Manajemen Kuangan Bisnis : Konsep dan Aplikasinya. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2015.
  2. Agung Widhi Kurniawan dan Zarah Puspitaningtyas.Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta:
  3. Pandivabuku, 2019.
  4. Arif Sugiono dan Edi Untung.Analisa Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo, 2016.
  5. Azhari Akmal Tarigan. Tafsir Ayat-Ayat Ekonomi Al-Qur’an: Sebuah Eksplorasi Melalui Kata Kunci.
  6. Bandung: Citapustaka Media Perintis, 2012.
  7. Aziz Alimul Hidayat. Cara Mudah Menghitung Besar Sampel. Surabaya: Health Books Publishing, 2021.
  8. Bambang Subroto. Pengungkapan Wajib Perusahaan Publik Kajian Teori dan Empiris. Malang: UB Press,
  9. Febri Endra. Pengantar Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Surabaya: Zifatama Jawara, 2017.
  10. Hery.Kajian Riset Akuntansi. Jakarta: Grasindo, 2017.
  11. Kariyoto.Analisa Laporan Keuangan. Malang: UB Media, 2017.
  12. Lela Nurlaela Wati. Model Corporate Social Responsibility (CSR). Ponorogo: Myria Publisher, 2019.
  13. Michell Suharli. Akuntansi Untuk Bisnis Jasa dan Dagang. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
  14. Muammar Khaddafi. Akuntansi Syariah: Meletakkan Nilai-nilai Syariah Islam dalam Ilmu Akuntansi.
  15. Medan: Madenatera, 2017.
  16. Nagian Toni.Analisis Partial Least Square Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di
  17. Bursa Efek Indonesia. Medan: Merdeka Kreasi Group, 2021.
  18. Nikolaus Duli. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis
  19. Data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublish Publisher, 2019.
  20. Priyono.Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zifatama Publisher, 2016.
  21. Ratna Wijayanti Daniar Paramita. Accounting Earnings Response Coefficient. Jawa Barat: Widya Gama
  22. Press, 2020.
  23. Rochmat Aldi Purnomo. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo: CV. Wade
  24. Group, 2017.
  25. Sawir.Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Jakarta: Gramedia Pustaka
  26. Utama, 2005.
  27. Slamet Riyanto dan Aglis Andhita Hatmawan.Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang
  28. Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Yogyakarta: CV. Budi Utama, 2020.
  29. Sugiyono.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.
  30. Sujuku Efferin. Metode Penelitian Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.
  31. Syafrizal Helmi Situmorang. Analisis Data untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press, 2010.
  32. Syofian Siregar. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana, 2017.
  33. Triana Zuhrotun Aulia, dkk. Konsep dan Implementasi Akuntansi Comprehensive. Cirebon: Penerbit
  34. Insana, 2021.