Peranan PT. Permodalann Nasionall Madanii (Persero) Mekaar dalam Mengembangan Usaha Kecil di Kecamatan Aek Nabara Barumun

Winni Silvia* -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia
Sri Lestari -  UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia

PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) tahun 1999 didirikan, PT. PNM merupakan layanan permodalan bagi perempuan berbasis kelompok. PT. PNM telah menyebar di seluruh penjuru Indonesia salah satunya di Kabupaten Padang Lawas Kecamatan Aek Nabara Barumun. PNM menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan yang bertujuan untuk modal kerja dalam mengembangkan usaha yang dijalankan. Usaha yang diberi pembiayaan oleh PT. PNM (Persero) Mekaar  ini terdiri dari pedagang gorengan, pedagang pakaian, pedagang kelontong dan lain sebagainya. Pemberian modal yang ingin diberikan kepada nasabah dilakukan secara bertahap, apabila modal yang diberikan dipergunakan dengan baik maka tahap selanjutnya nominal yang akan diberikan akan di naikkan oleh pihak PNM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemberian modal dari PT. Permodalan Nasional Madani (Persero) Mekaar berperan dalam mengembangkan usaha yang sedang dijalankan oleh pihak nasabah di Kecamatan Aek Nabara Barumun dan juga untuk mengetahui pemanfaatan modal yang telah diberikan sesuai dengan tujuan utama dari PT. Permodala Nasional Madani. Jenis penelitiannya merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara dan juga dokumentasi.  Sumber data yang diperoleh yaitu data primer dan juga data sekunder. Hasil penelitian ini adalah pemberian modal dari pihak PNM itu sangat berperan dalam mengembangan usaha yang dijalankan oleh nasabah salah satunya sebagai sumber modal usaha dan juga sebagai fasilitator untuk megembangkan usaha, dengan adanya pembiayaan dari PNM usaha nasabah diharapkan mengalami peningkatan salah satu contohnya yang awalnya dia tidak mempunyai toko untuk jualannya dan lama-kelamaan akan segera terwujud, kemudian menambah produk yang dijual sesuai dengan kebutuhan konsumen.

 

Kata kunci: Pengembangan Usaha, Usaha Kecil.

  1. Abu Rizal Faturrohman Sukoco. (2015). Pengelolaan Modal Kerja Usaha Mikro Untuk Memperoleh Frofitabilitas. Vol. 22(1). Ali Azis Usman Harahap. (2021). Peran PT Permodalan Nasional Madani dalam Pemberia Pinjaman Modal Usaha. Vol. 3(2). Andjar Prasetyo. (2018). UKM, Kelayakan Usaha dan Pengukuran Kinerja. INDOCANT. Asmadi Alsa. (2010). Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif serta Kombinasi dalam Penelitian Psikologi. Pustaka Pelajar. Dewi Suryani Purba, dkk.,. (2021). Manajemen Usaha Kecil dan Menengah. Yayasan Kita Menulis. Fitriyati Is., dkk. (2014). Pengaruh Modal Fisik, Modal Finansial, dan Modal Intelektual terhadap Kinerja Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Food and Beverages yang terdaftar di Bei Tahun 2009 S.D 2013. Vol. 22(3). Heni Ariyani. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Kecil Meengah Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Sentra Produksi Pengelasan di Getap). Vol. 6(2). Hieronymus Budi Santoso. (2021). Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK Kelas XII Semester 1. Bidang Keahlian Agribisnis dan Agroteknologi. Program Keahlian Agrabisnis Ternak. Kompetensi Keahlian Industri Peternakan. Penerbit Andi. Imam Gunawan. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. T Bumi Aksara. Jaidan Jauhari. (2010). Upaya Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dengan Memanfaatkan E- Commerce. Vol. 2(1). Karyoto. (2021). Peoses Pengembangan Usaha. Program Pasca Sarjana Universitas Erlangga. Kusinawati. (2019). Manajemen Usahaa Kecill dan Menengah. Loka Aksara. Lexy J.Moleong. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya. Lukas Setia Atmaja, Teori & Praktik Manajemen Keuangan. (2008). CV Andi Offset. M. Labib Al-farohi. (2020). Analisis Hukum Islam Terhadap Akad Pinjaman Uang dalam Program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) di Desa Suru Dawablandong Kabupaten Mojokerto. Nina Nurkomalasari. (2022). Tingkat Penerimaan Pendapatan PT. Permodalan Nasional Madani, Tbk di Masa Pandemi Covid-19. Vol. 2(1). Pantri Heriyati & Taufani C. Kurniatun. (2022). Pemberdayaan Raung Publik Terpadu Ramah Anak sebagai Pengembangan Potensi Usaha Kecil Warga. Penerbit Qiara Media. Rahmadina & Rahma Muin. (2020). Pengaruh Program PNM Mekaar Terhadap Pendapatan Masyarakat Miskin Kecamatan Campalagian. Vol. 5(1). Ridho Noviyanto. (2020). Upaya Pemberdayaan Pedagang Kecil Melalui Program Mekaar di Kelurahan Durian Payung Kecamatan Tanjung Karang Pusat. Riska Helina. (2021). Peran PNM Mekar Bagi Ketahanan Usaha Mikro Saat Pandemi Covid-19 di Kelurahan Lubuk Buaya Kota Padang. Vol. 6(2). Sudarsono & Edilius. (2010). Manajemen Koperasi Indonesia. PT Rineka Cipta. Sugiyono. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis, (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D),. Alfabeta.