Keterampilan dan Kecakapan Abad 21: Kompetensi Digital Pendidik Masadepan

Torang Siregar (UIN Syahada Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui wacana keterampilan abad 21 secara komprehensif. Pengetahuan tersebut merupakan modal dasar paradigma pendidik untuk mengembangkan peserta didik agar terampil sesuai dengan zamannya. mengingat kenyataan bahwa para pendidik enggan untuk benar-benar menggunakan teknologi yang telah dimiliki dan bahkan mampu dimiliki oleh setiap anak. Keengganan ini mungkin disebabkan oleh teknofobia, skeptisisme, atau alasan lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. pendekatan kualitatif menekankan analisis data deskriptif. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif yang terdiri dari tiga kegiatan utama, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan menggali makna terdalam secara sistematis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi digital harus dimiliki oleh pendidik untuk menyajikan konten baru dalam pembelajaran abad 21. Kompetensi digital merupakan kemampuan baru bagi pendidik dalam pembelajaran abad 21. kompetensi digital menunjukkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi berdasarkan prinsip pedagogi dengan menyadari implikasinya terhadap metodologi pendidikan. kompetensi digital meliputi penguasaan informasi dan komunikasi, pembuatan konten pembelajaran, dan pemecahan masalah pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Amir, M.Taufiq. 2010. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. (Jakarta: Kencana, 2015), hlm. 12 07:15 WIB.

10. Diakses dari: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/760 321.Diakses

Annie Malville, “The Difference Between Project Based Learning and Project Oriented Learning: Process vs. Product” (online) https://morganparkacademy.wordpress.com, diakses Minggu, 07 Juli 2019 pukul 06:34 WIB

Armania et al. (2018). “Analisis Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education”. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(6). 1087-1094. Diakses dari: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id

Asih, K.S, dkk. (2019). “Resiliensi Matematis pada Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Komunikasi Matematika”. Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1(1). 862-868.

Asikin, M, Junaedi, I. (2013). “Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Smp Dalam Setting Pembelajaran Rme (Realistic Mathematics Education)”. Unnes Journal of Mathematics Education Research. 2(1). 203-213.

Assessment and Teaching of 21st Century Skills, https://oei.org.ar/ibertic/evaluacion/

Astuti, A & Leonard. (2018). “Peran Kemampuan Komunikasi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa”. Jurnal Formatif. 2(2), 102- 110. Bandung: PT Refika Aditama.

Bandung: PT Refika Aditama.

Blyznyuk, Tetyana. Formation of Teachers Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience, Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, Vol. 5, No.1 (2018), hlm. 42.

Cahyani, et al. (2018). “Hubungan Antara Minat Belajar dan Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP”. Jurnal Numeracy. 5(1), 49-56.

Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Dilla, et al. (2018). “Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA”.Journal Of Medives. 2(1), 129- 136.

Ericko & Musdi. (2018). “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik”. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. 7(4). 134-139

Grotberg, E. (1995). “A Guide To Promoting Resilience In Children: Strengthening The Human Spirit”. The International Resilience Project. Belanda: Bernard van Leer Foundation.

Gustina, et al. (2019). “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD Negeri 144 Pekanbaru”. Jurnal Tunjuk Ajar. 2(1), 30-40.

Hadi, S. (2018). Pendidikan Matematika Realistik, Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Depok: Rajawali Pers.

Haji, S. & Abdullah, M.I. (2022). “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematik Melalui Pembelajaran Matematika Realistik”. Infinity: al Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. 5(1), 42-49. Diakses dari: http://e-

Hamzah, A & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Harahap K.N & Surya, E. (2023). “Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP”. Diakses dari: https://www.researchgate.net/publication/321805686_PENDEKATAN_PE MBELAJARAN_MATEMATIKA_REALISTIK_DALAM_MENINGKA TKAN_KEMAMPUAN_PEMECAHAN_MASALAH_MATEMATIKA_

Hartono,Yusuf. (2007). “Pendekatan Matematika Realistik”. Universitas Sriwijaya.

Hasratuddin. (2015). Mengapa Harus Belajar Matematika ?. Medan: Perdana Publishing.

have their say”. Educational Studies in Mathematics. 83(2), 163–180.

Hendriana, H, Soemarmo, U. (2023). Penilaian Pembelajaran Matematika.

Hendriani, W. (2019). Resiliensi Psikologis Sebuah Pengantar. Jakarta Timur: Prenadamedia Group.

Hodiyanto. (2023). “Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika”. Admathedu: Jurnal Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan. 7(1), 9-18.

Holisin, I. (2007). “Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan. 5(3), 45-49.

http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1056/0

http://www.battelleforkids.org/networks/p21/frameworks-resources

https://www.researchgate.net/publication/314154045. [06 Januari 2020].

Hutauruk, AJB, & Priatna, N. (2023). “Mathematical Resilience of Mathematics Education Students”. Journal of Physics: Conference Series.

Iman, S.A & Firmansyah, D. (2019). “Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika”. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 356-360.

Indriani, M.N, & Imanuel. (2023). “Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Permainan Edukasi Berbasis Keunggulan Lokal Untuk Membangun Komunikasi Matematis”. Prosiding Seminar Nasional Matematika. 1, 256- 262.

Isjoni. 2011. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Jasija et al. (2018). “Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(5). 914-922. Diakses dari:https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/download/15 63/286

John Wiley & Sons, 978-0-47-055362-6.

Johnston-Wilder, S, & Godall, J. (2015). “Overcoming Mathematical Helplessness and Developing Mathematical Resilience in Parents: An Illustrative Case Study”. Creative Education. 6(5), 526-535.

Johnston-Wilder, S, & Lee, C. (2013). “Learning mathematics - letting the pupils

Johnston-Wilder, S., & Lee, C. (2010). “Developing Mathematical Resilience”. BERA Annual Conference 2010, University of Warwick, 1-4 September 2010.

journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/190

Jumalia. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kemampuan Komunikasi Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Majene. Skripsi FMIPA Universitas Negeri Makassar.

Katie Martin, “Learning a Changing World”. diakses dari literacyworldwide.org Jumat, 5 Juli 2019 pukul 22:30 WIB.

Kurnia, H.I, dkk. (2018). “Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Di Tinjau Dari Resiliensi Matematik”. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(5), 933-940.Diakses dari: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/download/1597/2 88

Latifah, Habibatul. (2019). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Media Komputer Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMPN 1 Kedungwaru Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung. Diakses dari: http://repo.iain- tulungagung.ac.id/11645/

Lestari, K.E, Yudhanegara, M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika.

Lubis, N.C.P & Rakhmawati, F. (2023). “Penerapan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Lingkaran di Kelas VIII SMP Yayasan Pendidikan Islam Deli Tua T.A 2022/2023”. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika. 6(1). 1-

Marilyn Binkley, Ola Erstad, Joan Herman, Senta Raizen, Martin Ripley with Mike Rumble.

Maulana, F. (2019). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Media E-Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP Negeri 1 Tebing Tinggi T.A 2023/2018. Skripsi pada Fakultas MIPA UNIMED: tidak diterbitkan.

Melati et al. (2023). “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”. Kadikma. 8(1), 161-171.Diakses dari: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5278 [ 25 Mei 2020]

Mendrofa, N.K. (2023). “Pengembangan Alur Pembelajaran Perbandingan Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Siswa Kelas VII Smp”. Lemma: Letters Of Mathematics Education. 3(2), 1-17.

Miles, M.B & Huberman, M. (2017). Analisis Data Kualitatif (Penerjemah: Tjetjep Rohendi R). Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, L.J. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

NCTM. (2021). “Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics”. [Online dan Cetak], 1-6. Diakses dari: https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_Exe cutiveSummary.pdf

Ningsih, Sri Yunita. (2023). “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Pendekatan Matematika Realistik di SMP Swasta Tarbiyah Islamiyah”. Journal Of Mathematics Education and Science (MES). 3(1). 82-90.

Nofrianto et al. (2023). “Komunikasi Matematis Siswa: Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik”. Jurnal Gantang. 2(2), 113-122.Diakses dari: https://www.researchgate.net/publication/320450860_KOMUNIKASI_M ATEMATIS_SISWA_PENGARUH_PENDEKATAN_MATEMATIKA_ REALISTIK

Ocktaviani et al. (2018). “Pengaruh Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika”. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 10(10). 161-166

Odo , Fadloeli. 2007. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Bandung: Pustaka Setia Smaldino, dkk. 2015. National Educational Technology Standards for Students. Terj. Arif Rahman . Jakarta: Kencana.

Ozkaya, A & Karaca, S.Y. (2023). “The Effect of Realistic Mathematics Education on Student Achievement and Attitudes in Fifth Grades Mathematics Courses”. International Online Journal of Education and Teaching (IOEJT). 4(2), 185-197.

Partnership for 21st Century Skills. 2006. Framework for 21st century learning. Retrieved April 2014 from http://www.p21.org/documents/ProfDev.pdf diakses Minggu, 23 Juni 2019 pukul 07:28 WIB.

Pedoman Mata Pelajaran Matematika untuk SMP/MTs untuk Kurikulum 2013. Prabowo, M. (2001). Buku Pegangan Kuliah: Sistem Komunikasi Pendidikan.

Purba, Azrina. (2019). “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Terhadap Peningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Journal of Mathematics Education and Science. 4(2), 237-243.

Putri, et al. (2018). “Pengaruh Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik”. Jurnal Edukasi dan Penelitian Matematika. 7(3), 47-54.Diakses dari: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pmat/article/view/5604

Santoso, F.E & Surya, E. (2023). “Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berbasis Masalah Open Ended”. 1-7.Diakses dari:https://www.researchgate.net/publication/321851299_PENGARUH_P ENDEKATAN_REALISTIC_MATHEMATICS_EDUCATION_RME_T ERHADAP_KEMAMPUAN_KOMUNIKASI_MATEMATIS_SISWA_B ERBASIS_MASALAH_OPEN_ENDED [ 30 Mei 2020 ]

Saragih, S. (2013). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Logis dan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Matematika Realistik. [Online dan Cetak], tersedia di:

Semiawan R Cony. 2003. Pendidikan Anak Berbaka. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.

Setiantanti, T.H. (2023). Pengaruh Resiliensi dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri Se- Kecamatan Banyuurip Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi Pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Sianipar, R.K. (2019). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik dan Sikap Positif Siswa SMP Swasta R.A Kartini Sei Rampah. Tesis Magister pada Program Pascasarjana UNIMED: tidak diterbitkan.

Siliwangi Bandung. 1-20.

Sirait, A.R & Azis, Z. (2023). “ The Realistic of Mathematic Educational Approach (RME) Toward the Ability of the Mathematic Connection of Junior High School in Bukhari Muslim Medan”. American Journal of Educational Research. 5(9), 984-989.

Siregar, Judika. (2019). “Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik terhadap Kemamapuan Komunikasi Matematis di Tinjau dari Tahap Perkembangan Kognitif”. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers. 311-

SISWA_SMP/link/5a32a65da6fdcc9b2d67faff/download

sites/default/.../24_defining-21st-century-skills.pdf diakses Minggu, 23 Juni 2019 pukul

Sitompul, S, et al. (2019). “The Effect of Think Talk Write Learning Model with Batak Toba Culture Context toward Students’ Mathematical Communication Skill of SMP Swasta Parulian 2 Medan”. American Journal of Educational Research. 7(2), 183-188.

Smaldino, dkk. National Educational Technology Standards for Students. Terj. Arif Rahman

Soviawati, E. (2011). “Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Edisi Khusus (2), 79-85.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sullivan, P & Mousley, J. (2021). “Natural Communication in Mathematics Classrooms: What Does it Look Like”. In P.C. Clarkson. (Ed). Technology ib Mathematics Education. Melbourne: Mergaa.

Sumarmo, U. (2015). “Resiliansi Matematik (Mathematical Resilience”. STKIP

Sumianto. (2018). “Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Al-Azim Sdit Raudhatur Rahmah Pekanbaru”. Jurnal Basicedu. 2(1), 49-56.

Syamsudin et al. (2018). “Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Cariu Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)”. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. 1(3). 313-324. Diakses dari: https://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/view/760p

Tetyana Blyznyuk, Formation of Teachers Digital Competence: Domestic Challenges and Foreign Experience, Journal of Vasyl Stefanyk Precarpathian National University, Vol. 5, No.1 (2018)

Thomas, J.W., Margendoller, J.R., & Michaelson, A. 2019. Project-Based Learning: A.Handbook for Middle and High School Teachers, (online), (http://www.bgsu.edu/ organizations/ctl/proj.html), diakses 07 Juli 2019.

Thorton, S.,Statton, J.,Mountzouris, S. (2012). “Developing Mathematical Resilience among Aboriginal Students”. Mathematics Education Research Group of Australasia. 728-735.

Tim GLN. (2023). Materi pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Trilling, Bernie and Fadel, Charles. 2020. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times,

Wardono & Mariani, S. (2018). “The Analysis of Mathematics Literacy on PMRI Learning with Media Schoology of Junior High School Students”. Journal of Physics: Conference Seties, 983(1), 012107.

Warsito, W et al. (2019). “Desain Pembelajaran Pecahan Melalui Pendekatan Realistik dikelas V”. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. 8(1), 25- 36.

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

www.aeseducation.com/career-readiness/what-are-the-4-cs-of-21st-century-skills

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Zanthy, L.S. (2018). “Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Matematik”. Jurnal Mosharafa. 7(1), 85-94.

Zed, Mestika. (2021). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zulkipli & Ansori. (2018). “Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik”. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. 6(1) 34- 44.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JISER: Journal of Islamic and Scientific Education Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Islamic and Scientific Education Research has indexed by: