STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)

heru gunawan (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Muhammad Roihan Daulay (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Belajar merupakan sebuah proses alami yang dilalui oleh manusia, baik yang dilakukan dengan cara langsung, maupun melalui penyampaian dari orang lain. Dewasa ini, kebutuhan akan peningkatan kualitas pengetahuan atau berpikir manusia sangatlah mendesak, sehingga para ilmuan, praktisi dan orang-orang yang berkecimpung dalam proses ini terus berupaya mengembangkan berbagai macam strategi yang arahnya untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi bagi siswa atau peserta didik. Diantara strategi pembelajaran yang berkembang adalah pembelajaran kontekstual atau Contextual Teaching and Learning (CTL) yang berasaskan pada proses penemuan dan pengaitan proses belajar mengajar di sekolah dengan perilaku ataupun lingkungan sekitar siswa. Sehingga, diharapkan dengan strategi pembelajaran kontekstual ini, siswa mampu melakukan riset dalam skala kecil untuk kemudian melihat keterkaitan antara proses belajar-mengajar di sekolah dengan kehidupan sehari-hari. Hal inilah yang kemudian akan menjadikan pembelajaran lebih bermakna dan mampu merangsang proses berpikir tingkat tinggi. 

Keywords


strategi; contextual; teaching; learning

Full Text:

PDF

References


Dwi Lestari, A., Pratiwi, R., & Julaiha Nastion, S. (2022). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning pada Sejarah Kebudayaan Islam. Journal of Educational Management and Strategy, 1(1), 40–45. https://doi.org/10.57255/jemast.v1i1.56Fahmi. (2017). Strategi Pembelajaran Contextual Teaching Learning. Conference: Seminar Nasional Pendidikan IPA “Mengembangkan Keterampilan Beripikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran IPA,” September 2016, 121–128.Ginting, M. (2016). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas Iv Sd Negeri 060948 Medan Labuhan. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 5(1), 13–21. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v5i1.4157Huda, K. (2023). Penggunaan contextual teaching and learning pada mata kuliah reading bagi peserta didik pendidikan bahasa inggris. ALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 4(1), 88–100.Hulaimi, A. (2019). Strategi Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Tarbawi, 4(1), 76–92.Sepriady, J. (2018). Contextual Teaching and Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. Kalpataru: Jurnal Sejarah Dan Pembelajaran Sejarah, 2(2), 100–110. https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2i2.1603Sihono, T. (2004). Contextual Teaching and Learning (CTL). Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 1(1), 63–83. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/17282-ID-contextual-teaching-and-learning-ctl-sebagai-model-pembelajaran-ekonomi-dalam-kb.pdf&ved=2ahUKEwj-rtmurs7oAhUaT30KHW6HBjcQFjAAegQIBhAC&usg=AOvVaw39UaUNPAS. (2002). Kajian Teori Dan Kerangka Pemikiran (Pkl). 13–41. http://repository.unpas.ac.id/64783/5/9. BAB II.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 heru gunawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Islamic and Scientific Education Research has indexed by: