IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MEMBACA, MENULIS, DAN BERHITUNG (CALISTUNG) SISWA KELAS 1 DI SD IT AL-MUNAWWAR PANYABUNGAN KABUPATEN MANDAILING NATAL

Nurul Ilmi (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Nursyaidah Nursyaidah (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Anita Angraini Lubis (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Latar belakang masalah penelitian ini adalah implementasi kegiatan ekstrakurikuler membaca, menulis, dan berhitung (CaLisTung) siswa kelas I di SD IT Al–Munawwar Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Namun, belum efektif karena sebagian siswa masih ada yang kurang mahir dalam membaca, menulis, dan berhitung. Melihat permasalahan yang ada maka diperlukan adanya perbaikan yaitu dengan menerapkan kegiatan ekstrakurikuler (CaLisTung) dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penerapan kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung siswa kelas 1 di SD IT Al-Munawwar Panyabungan, 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung siswa kelas 1 di SD IT Al-Muunawwar Panyabungan. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui penerapan kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung siswa kelas 1 di SD IT Al-Munawwar Panyabungan, untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung siswa kelas 1 di SD IT Al-Munawwar Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.Teknik pengolahan dan analisis data yaitu menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber,reduksi data, deskripsi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung yang dilaksanakan oleh guru pendamping CaLisTung kelompok A dan B berjalan secara optimal. Pembelajaran CaLisTung seperti pada pembelajaran umumnya terdapat kegiatan awal, inti, dan penutup. Komponen pelaksanaan pembelajaran CaLisTung terdiri dari tujuan pembelajaran, materi, metode yang digunakan juga bermacam-macam serta media pembelajaran yang disesuaikan dengan kondisi kebutuhan siswa. Faktor pendukung kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung dari unit siswa yakni adanya semangat dan komitmen dalam diri sendiri serta adanya dukungan orang tua. Faktor pendukung dari unit sekolah yaitu adanya guru pendamping dan koordinator ekstrakurikuler CaLisTung yang mempunyai kesadaran moral,berkompeten, dan  bertanggung jawab. Faktor penghambat kegiatan ekstrakurikuler CaLisTung yaitu adanya siswa yang hiperaktif sehingga terkadang tidak mampu menyelesaikan soal tepat waktu dan adanya siswa yang membutuhkan CaLisTung tetapi sering tidak masuk.

 

Kata Kunci: Ekstrakurikuler Membaca; Menulis; dan Berhitung (CaLisTung).


Full Text:

PDF

References


Afakhrul Masud Bakhtiar, 2022. Problematika Membaca, Menulis, dan Berhitung (CaLisTung) pada Peserta Didik Kelas Rendah, 13.2

Afifuddin Beni Ahmad Saebani, 2021. Metodologi Penelitian Kualitataif (Bandung: CV. Pustaka Setia). p. 131-132.

Dalyono, 2019. Psikologi Pendidikan (Jakarta: Rineka Cipta)

Desak Putu Anom Jawanati, 2018. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Kartu Kata dalam Permainan Domino terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis,dan Berhitung Permulaan Siswa. E-Jurnal Program Pascasarjana Jurusan Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha, 3,2

Iskandarwasid dan Sunendar Dadang, 2021. Strategi Pembelajaran Bahasa (Bnadung: PT. Remaja Rosdakarya, p.246

Lexy Moleong, 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya), p.26.

Maulana Arafat & Nasran Azizan, 2019. Pembelajaran Tematik SD/MI (Yogyakarta: Samudra Biru)

Muri Yusuf, 2018. Penelitian Kuantitatif, Kualitaatif, dan Gabungan (Jakarta: Persada Media Group, p.400)

Ni Wayan and Others, 2021. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan pada Anak Usia Dini melalui Video Animasi, 9, p. 99-106

Novan Ardy Wiyani, 2018. Menumbuhkan Pendidikan Karakter di SD (Konsep, Praktek, dan Strategi), (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Pohan Albert Efendi, 2020. Konsep Pembelajaran Daring dengan Berbasis Pendekatan Ilmiah (Jawa Tengah: CV Samu Untung)

Saipul Ambri Damanik, 2019. Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah (Yogyakarta)

Sugiyono, 2018. ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D, 240

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 1989 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Yayah Churiah, 2018. Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Rendah (Bandung: Prenadamedia Group)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Nurul Ilmi, Nursyaidah Nursyaidah, Anita Angraini Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Islamic and Scientific Education Research has indexed by: