IMPLEMENTASI PEMANFAATAN LINGKUNGAN ALAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 200508 SIHITANG PADANGSIDIMPUAN

Risa fitri (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
supar ni ()
Wilda Rizkiyahnur Nasution ()

Abstract


Latar belakang masalah pada penelitian ini dimana pada hakikatnya usia sekolah dasar adalah usia suka bermain, perkenalan dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Oleh karena itu, lebih baik apabila pembelajaran yang disampaikan mengandung unsur perkenalan langsung terhadap lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam kegiatan pemanfaatan lingkungan alam sebagai sumber belajar dalam proses pembelajarab IPA di kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif  dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kuallitatif dengan mengolah dan menarik kesimpulan dari data-data yang dikumpulkan dan diuji dengan tekhnik penjamin keabsahan data yaitu perpanjangan keikutsertaan, ketekunanpengamat dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru sudah berupaya memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar sekolah sebagai sumber pembelajaran. Belajar dengan membawa siswa ke luar kelas banyak memberi kemudahan bagi guru, siswa fokus mengamati hal baru, siswa terstimulus untuk aktif bertanya dan diskusi. Faktor penghambat saat pembelajaran di luar kelas yakni, cuaca yang berubah-ubah, dan dalam mengontrol siswa ketika pembelajaran di luar kelas. Dan adapun solusinya yaitu guru harus lebih kreatif supaya mempunyai banyak cara dalam mengkondisikan kelas agar pembelajaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan

Kata kunci : Lingkungan Alam, Sumber Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam


Full Text:

PDF

References


Asfiati. (2019). Internalisasi Pendekatan Humanis dalam Kurikulum Tersembunyi. Jurnal Darul Ilmi, Volume 07(01).

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan Dengan Metode Demonstrasi Di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar,. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, Volume 3(1).

Cahya, A. (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori Dan Prosedur. Serang.

Hidayati, M. dan N. (2020). Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, Ilmu Budaya Dasar. CV, Pustaka Setia.

Mauladani, Y. H. (2021). Menjadi Guru Kreatif,Inovatif dan Ispiratif. n.d.

Noviawanda, N. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar Terhadap Belajar IPA Tema 6 Subtema 1 Kelas IV SD Negeri 122349 Pematang T.A 2022/2023,. Jurnal Of Student Development Informasi System(JoSDIS), Volume 3(1).

Ramayulis. (2022). Profesi &Etika Keguruan. Kalam Mulia.

Setiyoningsih, T. (2020). Pengelolaan Pembelajaran IPA Berbasis Lingkungan di SMPN 1 Gabus-Grobongan. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 12(2).

Sitorus, E. (2022). Pengantar Ilmu Lingkungan. Yayasan Kita Menulis.

Syaodih, S. dan N. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Risa fitri, supar ni, Wilda Rizkiyahnur Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Islamic and Scientific Education Research has indexed by: