PENERAPAN REWARD AND PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PADA KEGIATAN PEMBELAJARAN TEMATIK

Ayu Nur Sakinah (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Abdul Sattar Daulay (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)
Ade Suhendra (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)

Abstract


Penerapan reward and punishment merupakan salah satu solusi  untuk meningkatkan kedisiplinan, namun masih banyak siswa yang kurang menyadari pentingnya sikap disiplin dalam proses pembelajaran seperti siswa tidak mengerjakan tugas atau mencontek tugas teman, hal ini  mengakibatkan banyak nya siswa yang nilainya tidak mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Salah satu strategi yang diterapkan untuk meningkatkan kedisiplinan belajar yaitu dengan menerapkan reward and punishment, tujuan penelitian ini yaitu :  untuk mengetahui bagaimana penerapan reward and punishment untuk  dapat meningkatkan kedisiplinan belajar pada kegiatan pembelajaran tematik.Rumuskan masalah yang menjadi  dasar dalam penelitian yaitu bagaimana implementasi dari pemberian reward and punishment  yang dapat meningkatkan kedisiplinan belajar siswa dikelas III UPTD SD Negeri 08 Asam Jawa. Metode atau penerapan  yang dilakukan  dalam penelitian  ini adalah penelitian  yang dilakukan berbasis kelas dan dilakukan di dalam kelas atau dilakukan secara bertahap.  Latar belakang masalah ini yaitu perilaku siswa agar disiplin dan berprestasi tidak terlepas dari bagaimana sebuah lembaga menerapkan aturan  untuk memacu semangat belajar siswa.

Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) atau classroom Action Research dengan langkah-langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di  UPTD SD Negeri 08 Asam Jawa dengan subyek Penelitian yaitu  siswa kelas III  Tahun ajaran  2023/ 2024  yang berjumlah 18 siswa. Instrumen penelitian yang dilakukan adalah lembar observasi kedisiplinan siswa dan wawancara.

Penelitian ini menggunakan kriteria keberhasilan model penerapan reward and punishment  untuk meningkatkan kedisiplinan siswa  dengan standar nilai  rata-rata kedisiplinan dan aktivitas siswa  yaitu ≥ 80% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil observasi  yang dilakukan, hasil persentase  yang dilakukan adalah hasil dari penelitian siklus I pertemuan pertama 51% pada pertemuan kedua 64%. Pada Siklus II  mengalami peningkatan yaitu 77% dan pertemuan kedua  yaitu 82% dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan adanya penerapan reward and punishment dapat meningkatkan kedisiplinan pada kegiatan pembelajaran tematik siswa kelas III UPTD SD Negeri 08 Asam Jawa.

Kata Kunci : Reward and Punishment, Kedisiplinan, Pembelajaran Tematik

 


Full Text:

PDF

References


Al Khumaero, L & Arief, S. (2018). Pengaruh Gaya Mengajar Guru, Disiplin Belajar dan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa . Economic Education Analysis Journal, 6(3), 698-710. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/20281 t.t.

Anggraini, S., Siswanto, J & Sukamto, S. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19393,” t.t.

Anidar, J. “Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran.” Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami 3, no. 2 (20 Desember 2017) https://doi.org/10.15548/atj.v3i2.528.

Book Chapter Inovasi Pembelajaran Di Pendidikan Tinggi Mieke Mandagi; Pendidikan Sub Kategori Pendidikan Penerbit Deepublish Tahun Terbit 2020

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.28296,” t.t.

https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/25799,” t.t.Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar, Sopan Adrianto., Penerbit: PT Elex Media Komputindo, 2022,” t.t.

Asfiati.,Pendekatan Humanis dalam Pengembangan Kurikulum Penerbit Perdana Publishing, t.t.

Fery Muhamad Firdaus, Maulana Arafat ., Nashran Azizan, Abdul Razak,.penelitian tindakan kelas di Sd/ MI dilengkapi tutorial olah data Dn sitasi berbantuan sofeware (Statcal, SPSS, Anates, Microsoft Excel, Publish or Perish, Mendeley) Samudra Biru, 2022, t.t.

Mohammad Fahmi Nugraha, Budi Hendrawan, Anggia Suci Pratiwi, Rahmat Permana, Yopa Taufik Saleh, Meiliana Nurfitri, Milah Nurkamilah, Asti Trilesatri, Wan Ridwan Husen Editor Elfan Fanhas Fatwa Khomaeny Ilustrasi oleh Mohammad Fahmi Nugraha Pengantar pendidkan dan pembelajaran di sekolah dasar Penerbit EDU PUBLISHER, 2020, t.t.

Enco Mulyasa, Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013 t.

Muhammad Sajudin Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Reward dan Punishment Penerbit : wawasan Ilmu

Dina Khairiah, Nurul Zahriani Jf, Mahfuza Iqroma, Nurul Ainy Harahap, Asnah, Hamidah, Rizka Aprilia Indriani, Yenni, Asfiati, Hanifah, Lelya, Syafrilianto, Hofifah Erinsahqy Harahap, Magdalena, Suparni, Leoly Ahadiathul Akhiriah Nasution, Nurhalimah, Fifi Alaida Rambe, Ayu Wandira Rambe Editor Nashran Azizan, Prosiding Seminar Nasional Prodi PGMI dan PIAUD Iain Padangsidimpuan. Penerbit Samudra Biru, 2022

Kurniawati, “Peningkatan kedisiplinan melalui metode reward and punishment pada Siswa Kelas 2 SDN Keputran.FOUNDASIA 12, no. 1 (28 Maret 2021). https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.38913.

Novriadi, Yudhi, Yanti Yandri Kusuma, dan Putri Hana Pebriana. “ Meningkatkan Kedisiplinan belajar siswa dalam pembelajaran Tematik dengan menggunakan reward and punishment sticker picture picture pada siswa di sekolah dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 8, no. 1 (31 Januari 2022): 77–83. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p77-83.

Asfiati, ovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Dan Madrasah

Putu Ade Andre Payadnya Ida Ayu Made Wedasuwari Rulianto ., (I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika I Made Surya Hermawan, Ida Ayu Made Wedasuwari, Rulianto, Panduan Lengkap Tematik., Penerbitan Sleman : Deepublish, 2022, t.t.

Rejeki, Rejeki, M Fachri Adnan, dan Pariang Sonang Siregar. “Pemanfaatan Media Pembelajaran pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4, no. 2 (30 Maret 2020): 337–43. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.351.

Farhanah Reward And Punishment dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pada Kegiatan Pembelajaran Tematik Siswa Kelas II MI Darul Muqinin ., Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2020,” t.t.

Rosyid, Abdul, dan Siti Wahyuni. “Metode Reward and Punishment sebagai Basis Peningkatan Kedisiplinan Siswa Madrasah Diniyyah.” Jurnal Intelektual: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman 11, no. 2 (31 Agustus 2021): 137–57. https://doi.org/10.33367/ji.v11i2.1728.

Shahbana, Elvia Baby, Fiqh Kautsar Farizqi, dan Rachmat Satria. “Implementasi teori belajar behavioristik dalam pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan 9, no. 1 (26 Maret 2020): 24–33. https://doi.org/10.37755/jsap.v9i1.249.

“Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. ISLAMIKA, 1(2), 79-88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208,” t.t.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ayu Nur Sakinah, Abdul Sattar Daulay, Ade Suhendra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Islamic and Scientific Education Research has indexed by: