PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MATERI PENGELOMPOKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA DI KELAS IV SDN 0507 LATONG KABUPATEN PADANG LAWAS
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa pada materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah penggunaan media Big Book dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya pada siswa kelas IV SDN 0507 Latong. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media Big Book mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya di kelas IV SDN 0507 Latong Kabupaten Padang Lawas. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action research), Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian dengan mengembangkan temuan, kajian, tindakan maupun keterampilan yang bersifat refleksi oleh peneliti untuk meningkatkan tindakan-tindakan mereka dalam melakukan tugas-tugas dan memperdalam pemahaman terhadap tindakan serta memperbaiki kondisi dengan penerapan langsung.Instrument yang digunakan yaitu observasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-B SDN 0507 Latong Kabupaten Padang Lawas yang terdiri dari 27 orang siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 21 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penggunaan media pembelajaran Big Book hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dilihat dari nilai dan aktivitas siswa dimulai dari pretes dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 19% (5 dari 27 orang siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 48,33, Siklus I Pertemuan I persentase ketuntasan siswa 52% (14 dari 27 orang siswa) dengan nilai rata-rata 78,81, Siklus I Pertemuan II persentase ketuntasan siswa 74% (21 dari 27 orang siswa) dengan nilai rata-rata 86,11, dan Siklus II Pertemuan I persentase ketuntasan siswa sebesar 89% (24 dari 27 orang siswa) dengan nilai rata-rata 88,51. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Big Book dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV-B SDN 0507 Latong Kabupaten Padang Lawas.
Kata kunci: Big Book, Hasil Belajar, Pengelompokan Hewan.
Full Text:
PDFReferences
Achmad, C. N. dan A. (2018). Metode Penelitian. Bumi Aksara.
dkk, F. (2020). Microteaching di SD/MI. Kencana.
Drajat, Z. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. PT Bumi Aksara.
Nurmansyah. (2014). Media Pembelajaran. Yudhistira.
Others, F. M. F. (2022). Penelitian Tindakan Kelas DI SD/MI, ed by Alviana C. Samudra Biru.
Paul, S. (2018). Psikologi Perkembangan Jean Piaget. Kanisius.
Trianto. (2019). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.
Usaid. (2014). Pembelajaran Literasi Kelas Awal di LPTK. Yudhistira.
Yusuf, B. B. (2018). Metode dan Media Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 1(2), 12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mahrani Hasibuan, Ahmad Nizar Rangkuti, Wilda Rizkiyahnur Nasution
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.