PENGARUH HUBUNGAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP TINGKAH LAKU BELAJAR SISWA SMP NEGERI 6 SIPIROK DESA SILANGGE, PAHAE AEK SAGALA KEC. SIPIROK, KAB. TAPANULI SELATAN PROV. SUMATERA UTARA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan buruknya tingkah laku siswa di SMPN 6 Sipirok seperti kenakalan anak SMP seperti bolos sekolah, merokok, dan kurangnya sopan santun kepada guru. Hasil belajar siswa terogolong rendah karena berada di bawah KKM. Hal ini terlihat dari tingkah laku siswa saat pembelajaran, tingkah laku siswa kepada guru dan teman. Saat pembelajaran PAI berlangsung, tidak jarang siswa bersifat pasif dan lebih memilih diam daripada mengungkapkan gagasannya. Tujuan penelitan ini dilaksanakan adalah untuk mengetahui Terdapat Pengaruh Hubungan Positif Yang Signifikan Antara Pengaruh Hubungan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Tingkah Laku Siswa SMP Negeri 6 Sipirok Desa Silangge, Pahae Aek Sagala, Kec. Sipirok, Kab. Tapanuli Selatan Prov. Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto. populasi ini adalah siswa SMP Negeri 6 Sipirok dari kelas VIII yang berjumlah 110 siswa. Unntuk menentukan sampel yang akan diambil maka penelti menggunkan Simple Random Sampling yaitu mengambil sampel dengan acak subjek-subjek dalam populasi sebesar 57 siswa. Setelah itu, instrument penelitian data ini adalah angket dan dokumentasi. Adapun analisis data terdapat tiga pengujian yaitu menggunkan uji nomalitas, uji homogenitas, uji hipotesis(uji t-test). Hasil peneitian diperoleh dari hasil uji hipotesis (uji-t) yang dibantu dengan perhitungan spss yang mana menunjukkan sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 kemudian hasil nilai thitung adalah thitung > ttabel sebesar 10,945 > 1,659 dengan demikian sesuai cara pengambilan keputusan dari uji independen sample T-test, bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, maka kesimpulannya adalah Terdapat Pengaruh Hubungan Positif Yang Signifikan Antara Pengaruh Hubungan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Tingkah Laku Siswa SMP Negeri 6 Sipirok Desa Silangge, Pahae Aek Sagala, Kec. Sipirok, Kab. Tapanuli Selatan Prov. Sumatera Utara.
Kata kunci : Hasil Belajar PAI, Tingkah Laku Siswa
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Afifah, N. (2019). Problematika Pendidikan di Indonesia(telaah dari aspek pembelajaran). Elementary:Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 1(1).
Aminah, S. A. S. dan S. (2022). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Sekolah Alam Bogor. EduInovasi: Journa of Basic Educational Studies, Vol. 2(2).
Arifin, S. (2019). Pendidikan Agama Islam. Deepublish.
Daulay, H. P. (2020). Pemberdayaan Pendidikan Agama Islam Di Sekolah. Kencana Prenada Media Group.
dkk, F. (2021). Pendidikan Karakter. Agrapana Media.
Maunah, B. (2020). Landasan Pendidikan. Teras.
Nikmawati, Moch. S. H. dan. (2020). Model Pembelajaran PAI Dalam Membentuk Kepribadian Islami Siswa di SMK Dr. Wahidin Swahan Ngajuk. Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol. 3(1).
Nugraha, D. (2020). Urgensi Pendidikan Multikultural Di Ndonesia. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), Vol. 1(2).
Nurjaman, A. R. (2020). Pendidikan Agama Islam. Bumi Aksara.
Rochman, N. J. (2019). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Peserta Didik. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 2(10).
Sinaga, S. (2020). Problematika Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Solusinya. WARAQAT : Jurnal Ilmu-Ilmu KeIslaman, Vol. 2(1).
Umasugi, H. (2020). Guru Sebagai Motivator. Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, Vol. 06(2).
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Susanti Piliang, Lis Yulianti Siregar, Nur Fauziah Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.