Parents' Paradigm in Prohibiting Children to Leave the House Before Maghrib in Batu Hula Village, Batang Toru District, South Tapanuli Regency.

Bima sari Sihombing (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Dame Siregar (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Sufrin Efendi Lubis (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Abstrak

Pelitian ini dilatarbelakangi oleh orang tua yang melarang anak keluar rumah menjelang magrib
karena disebabkan pada waktu magrib terjadi perubahan warna alam menjadi merah, yang diyakini
berhubungan dengan keberadaan jin dan iblis yang kuat. Kemudian pada waktu magrib banyak
anak-anak yang lupa waktu karna asyik bermain bersama teman-teman sebayanya sehingga lupa
pulang ke rumah. Seharusnya anak-anak pada waktu magrib mengisi dengan shalat magrib dan
membiasakan untuk membaca al-qur’an untuk meredam fenomena yang cenderung keluar rumah.
Untuk itu perlu pengawasan orang tua dengan memberikan nasehat yang baik kepada anak, dan
memberikan alasan yang tepat sehingga orang tua melarang anak keluar rumah menjelang magrib.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana paradigma orang tua dalam melarang anak
keluar rumah menjelang magrib di desa Batu Hula Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi paradigma orang tua dalam melarang anak keluar rumah menjelang magrib di desa Batuhula Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan.  Jenis penelitian ini adalah menggunakan kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dimana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan orangtua dan pemuka agama. Adapun fokus dalam penelitian ini adalah paradigma orang tua dalam melarang anak keluar rumah menjelang magrib dan faktor-faktor yang mempengaruhi paradigma orangtua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa larangan ini didasarkan pada kombinasi antar nilai-nilai religius, budaya, serta kekhawatiran akan keselamatan anak-anak. Secara religius, waktu magrib dianggap sebagai saat yang sakral dalam Islam, di mana umat Muslim dianjurkan untuk beribadah dan berdoa di rumah. Dari perspektif budaya, larangan ini juga berakar pada mitos dan kepercayaan lokal yang meyakini adanya gangguan dari makhluk halus pada waktu tersebut. Selain itu, orang tua merasa perlu melindungi anak-anak mereka dari potensi bahaya yang lebih tinggi pada saat senja menjelang malam.

Kata Kunci: Adab Keluar Rumah, Paradigma


Full Text:

PDF

References


REFERENCES
Adat Istiadat adalah Tradisi Turun Temurun, Ketahui Contohnya—Hot Liputan6.com. (n.d.).
Retrieved August 4, 2024, from https://www.liputan6.com/hot/read/4871174/adat-
istiadat-adalah-tradisi-turun-temurun-ketahui-contohnya
Avianto, B. N. (2022). Filsafat Administrasi. Bumi Aksara.
Fatin, K., Rahmawati, K. I., & romadhoni, K. H. (2023). MEMAHAMI INDIVIDU MELALUI
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN. Uwais Inspirasi Indonesia.
Khofifah, Z., & Mahsun, M. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Tafsir al-
Mishbah Karya M. Quraish Shihab. FIKROH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan
Islam, 13, 144–169. https://doi.org/10.37812/fikroh.v13i2.113
Kusumah, F., Nurjaidin, & Ardhiansyah, M. (2022). ANALISIS SISTEM PENDETEKSI
WAJAH PADA GAMBAR DENGAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR. Pascal
Books.

Lion, E., Saefulloh, A., Mustika, M., Sunarno, A., & Anggraini, V. (2023). Sapulun; Budaya Pamali dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kalimantan Tengah. Get Press Indonesia. https://scholar.google.com/scholar?cluster=9453367472127528725&hl=en&oi=scholarr

Magdalena. (2021). Metode Pelitian Untuk Penulisan Laporan Penelitian Dalam IlmuPendidikan Agama Islam. IKAPI.

Mantofa, J. (2022). Problem Free Life (Hidup Bebas Masalah). Pustaka Rajawali

Memahami Paradigma dari Pengertian, Jenis, dan Contohnya. (n.d.). Retrieved August 4,
2024, from https://www.detik.com/bali/berita/d-6572319/memahami-paradigma-dari-
pengertian-jenis-dan-contohnya
M.Pd, D. D., dkk dan Dr Ina Magdalena. (n.d.). Jago Mendesain Pembelajaran (Untuk Guru
Sekolah Dasar). GUEPEDIA.
M.Pd, E. J., S. Pd ,. M. Pd Rahmi Nazliah, S. Pd. (2024). Evaluasi Hasil Penilaian Belajar di
Sekolah. umsu press.
M.Si, D. H. Z. A., S. I. K. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Pengertian Prinsip dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari. (n.d.). kumparan.
Retrieved August 4, 2024, from https://kumparan.com/pengertian-dan-
istilah/pengertian-prinsip-dan-penerapannya-dalam-kehidupan-sehari-hari-
21Pl4SgC2sU
Puspita, K. (2024). Mengatasi Keraguan Diri dengan Keyakinan. Victory Pustaka Media.
Sela, N. U. (2022). Problematika orang tua dalam membimbing anak membaca di Desa Talang
Kuning Kecamatan Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat [Undergraduate, IAIN
Padangsidimpuan]. https://etd.uinsyahada.ac.id/8155/
S.Psi, R. P. P. S., & S.Si, S. A. S. (2022). Panduan Lengkap Menghadapi Wawancara dan
Menaklukkan HRD. Anak Hebat Indonesia.
Strategi value investing ala warren buffet [sumber elektronis]. (n.d.). Retrieved August 4,
2024, from https://edeposit.perpusnas.go.id/collection/strategi-value-investing-ala-
warren-buffet-sumber-elektronis/142731
Wahid, M. (2021). Filsafat Umum: Dari Filsafat Yunani Kuno ke Filsafat Modern. Penerbit
A-Empat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Bima sari Sihombing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Islamic and Scientific Education Research has indexed by: