Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di MAN 2 Padangsidimpuan

Mira Marsela (, Indonesia)

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi Kurikulum Merdeka dalampembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 2 Padangsidimpuan. KurikulumMerdeka adalah inovasi pendidikan yang memberikan kebebasan kepada satuan pendidikanuntuk mengembangkan kurikulum yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan pesertadidik. Dalam konteks pembelajaran PAI, Kurikulum Merdeka memungkinkan penyesuaianmateri dan metode pengajaran agar lebih relevan dan kontekstual. Metode penelitian yangdigunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperolehmelalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwaimplementasi Kurikulum Merdeka di MAN 2 Padangsidimpuan membawa dampak positifterhadap proses pembelajaran PAI. Guru memiliki kebebasan untuk mengembangkan bahanajar dan metode pembelajaran yang lebih inovatif, serta lebih sesuai dengan kebutuhansiswa. Lebih lanjut, penelitian ini menemukan bahwa keterlibatan siswa dalam pembelajaranmeningkat seiring dengan penggunaan pendekatan yang lebih interaktif dan kontekstual. Halini terlihat dari peningkatan partisipasi siswa dalam diskusi kelas, kegiatan kelompok, danproyek-proyek pembelajaran. Namun, implementasi Kurikulum Merdeka juga menghadapibeberapa tantangan, seperti keterbatasan sumber daya dan kesiapan guru dalam merancangkurikulum yang fleksibel.Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, MAN 2 Padangsidimpuan

Full Text:

PDF

References


Andrian, D., Wahyuni, A., Ramadhan, S., Enabela, F. R., & Zafrullah, Z. (2020).Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Peningkatan HasilBelajar, Sikap Sosial Dan Motivasi Belajar. Jurnal Inovasi Matematika(Inomatika), 2(1), Article 1.Farhana, I. (2023). Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka: MemahamiKonsep Hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran Di Kelas. PenerbitLindan Bestari.M.Pd.I, A. F. (N.D.). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam MeningkatkanPrestasi Belajar Siswa. Gre Publishing.Mubarak, D. H. A. Z. (2022). Desain Kurikulum Merdeka Untuk Era Revolusi Industri4.0 Dan Society 5.Yudawisastra, H. G., Harinie, L. T., Wau, A., Martins, L. V., Pesiwarissa, L. F., Sari,D. F., Hurdawaty, R., Nugroho, H. S., Kumagaya, J. P., Safarida, N.,Puspitasari, M., Misno, & Darsana, I. M. (2023). Metodologi Penelitian.Cv. Intelektual Manifes Media.Zaeni, A., Sari, N. H. M., Syukron, A. A., Fahmy, A. F. R., Prabowo, D. S., Ali, F., &Faradhillah, N. (2023). Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran DiMadrasah. Penerbit Nem.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mira Marsela

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Islamic and Scientific Education Research has indexed by: