PELAKSANAAN PENGAJIAN JUM’AT DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMA-SMK YAPIM TARUNA PANDAN

vandawa sipahutar (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


SMA-SMK YAPIM Taruna Pandan menyelenggarakan berbagai kegiatan keagamaan untuk meningkatkan religiusitas siswa, salah satunya adalah pengajian Jum’at. Dalam kegiatan ini, siswa dibimbing mengenai pelaksanaan ibadah seperti salat, bersuci, dan pembinaan akhlak. Banyak siswa mengungkapkan bahwa kegiatan ini berperan penting dalam memperdalam pengetahuan agama dan keterampilan beribadah mereka. Materi pengajian berfokus pada praktik ibadah dan penanaman karakter. Penelitian ini bertujuan untuk memahami keadaan religiusitas dan peran pengajian Jum’at dalam peningkatannya di SMA-SMK YAPIM Taruna Pandan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, di mana pengajian Jum’at dianggap sebagai fenomena yang terjadi di lingkungan sekolah dan bertujuan untuk meningkatkan religiusitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas siswa di SMA-SMK YAPIM Taruna Pandan tergolong baik, karena indikator religiusitas yang dinilai menunjukkan hasil yang memuaskan. Kegiatan pengajian meliputi pembacaan Yasin, Tahtim, Tahlil, dan doa, diikuti dengan penanaman nilai-nilai religiusitas melalui pendekatan khusus dari guru. Pengajian Jum’at ini memberikan dampak positif terhadap religiusitas siswa, terlihat dari perubahan karakter siswa dalam interaksi dengan guru, peningkatan frekuensi salat, dan ketidaknyamanan jika tidak salat.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 vandawa sipahutar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Islamic and Scientific Education Research has indexed by: