APPLICATION OF THE DISCOVERY LEARNING LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN THE LEARNING OF SOCIAL SCIENCES ON VARIOUS WORK MATERIALS IN CLASS IV OF STATE PRIMARY SCHOOL 200507 PADANGSIDIMPUAN

Ilmi Utari Harahap (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Hamidah Hamidah (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)
Maulana Arafat Lubis (Universitas Islam Negeri Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Indonesia)

Abstract


Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada materi berbagai

pekerjaan Penyebabnya pembelajaran yang masih menggunakan metode yang sama sehingga membuat peserta didik jenuh dan bosan. Mengatasi permasalahan ini peneliti mengambil solusi dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning yang akan berdampak peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) menggunakan model Discovery Learning di kelas IV SD Negeri 200507 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas dengan melakukan 2 siklus, terdapat 2 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 200507 Padangsidimpuan di buktikan dengan Kegiatan pembelajaran pada prasiklus mencapai 39% dengan nilai rata-rata 57,3. Dari beberapa usaha yang dilakukan guru ternyata peserta didik ada peningkatan meskipun tidak signifikan akan tetapi sudah memenuhi nilais tandar KKM yaitu 70.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning


Keywords


Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Firdaus. Fery Muhammad, Maulana Arafat Lubis, & Azizan Nashran. Penelitian Tindakan KelasDi SD/M.Yogyakarta: Samudra Biru, 2022.
Juhaldi, Hasil Belajar Peserta Didik. jawa barat: Edu Publisher, 2021.
Lelya Hilda, "Kemampuan Koneksi Matematika dalam Pembelajaran Kesetimbangan Kimia." Jurnal ilmu-ilmu pendidikan dan sains, Vol 8,No. 01 (2020).
Nasution Toni Lubis, Maulana Arafat. Konsep Dasar Ilmu Sosial. Medan: Samudra Biru, 2018.
Neolaka, Amos & Grace Amialia, Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri MenujuPerubahan Hidup. Depok, 2017.
Parnawi, Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Deepublish, 2018.
Rangkuti, Ahmad Nizar, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. PTK dan Penelitian Pengembangan. Bandung: CitaPustaka Media, 2016.
Wagiyem Wagiyem, Peningkatan Hasil Belajar PPKN pada Materi Tertib Model
Macth SiswaKelas 1 SD N Bendosari 03 Tahun Pelajaran, 2018. Yadi Risaldi, Samuel Patra Ritiauw & Elsinora Mahananingtvas. "Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPS." Journal PedagogikDan Dinamika Pendidikan, No 2 9 (2021).
Zulkifli, dkk. Pengantar pendidikan. Padang Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi, 2023.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ilmi Utari Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Journal of Islamic and Scientific Education Research has indexed by: